Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PERBEDAAN OMNICHANNEL DAN MULTICHANNEL MARKETING

The Best consultant business in Surabaya

PERBEDAAN OMNICHANNEL DAN MULTICHANNEL MARKETING

Kali ini konsultan manajemen autopilot akan membahas atikel mengenai multi channel dan omni channel. Silahkan disimak di bah ini. Meskipun pemasaran omnichannel dan multichannel melibatkan penggunaan beberapa saluran, pemasaran omnichannel memerlukan integrasi yang jelas dari sekian banyak upaya pemasaran Anda di antara saluran Anda. Mereka saling berinteraksi sedemikian rupa sehingga pelanggan menerima pengalaman pemasaran yang mulus.
Berbeda dengan omnichannel, pemasaran multichannel tidak memadukan setiap channel yang ada. Setiap channel beroperasi secara terpisah, terisolasi dari yang lain, dan tidak berusaha memberikan pengalaman pelanggan yang terpadu.

Baca juga artikel : 5 perusahaan yang sukses dengan omnichannel

Pemsaran omnichannel meletakkan pelanggan sebagai pusatnya. Pelanggan menyukai konsistensi antar saluran. Mereka lebih suka melihat merek Anda terorganisir dan memperhatikan detail dengan teliti. Pencitraan merek Anda di halaman Facebook Anda harus sesuai dengan yang ada di halaman LinkedIn Anda, iklan surat kabar Anda, situs web Anda, saluran YouTube Anda, dan bahkan gedung kantor Anda. Meskipun beberapa saluran, seperti radio dan podcast, mungkin kekurangan visual dari sisa pemasaran Anda, audionya cocok dengan gaya soundtrack media Anda yang lain, seperti iklan televisi dan video TikTok Anda. Pemasaran omnichannel berfokus pada detail kecil, memastikan individu menghadapi pengalaman yang konsisten.
Sedangkan untuk Pemasaran multichannel, lebih mengutamakan merek perusahaan sebagai pusatnya. Merek menggunakan beberapa saluran untuk menyampaikan pesan yang sama disetiap channel yang ada. Kerugian yang sering terjadi adalah akan ada beberapa informasi yang tumpang tindih. Hal ini tentu bisa mengkhawatirkan. Salah satu dampak negatifnya bagi konsumen adalah kejenuhan informasi yang dapat menimbulkan pikiran negatif terhadap merek Anda.

Baca juga artikel : apa yang dimaksud dengan omnichannel marketing?

Pemasaran omnichannel mengambil pendekatan yang lebih cerdas. Saat sudah mengenali pelanggan melalui satu saluran, kemudian informasi dari satu saluran ini akan disampaikannya ke saluran lain. Sehingga saluran yang lain bisa memberikan respon yang lebih baik. Misalnya, anggaplah pelanggan bereaksi positif terhadap iklan Facebook untuk suatu produk dan melakukan pembelian. Dalam hal ini, merek akan berhenti mempromosikan produk di saluran lain dan malah mengirim pesan yang relevan setelah pembelian. Pemasaran multichannel melibatkan tingkat personalisasi yang jauh lebih tinggi daripada pemasaran multichannel.
Itulah perbedaan antara pemasaran omnichannel dan multichannel yang perlu anda ketahui agar anda tidak lagi mengalami kebingungan. Semoga bermanfaat. Apabila membutuhkan pendampingan mengenai membangun pemasaran berbasis Omni channel, silahkan hubungi kami di SINI.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp