Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PERAN IIOT DALAM MENAVIGASI BISNIS SAAT COVID-19

The Best consultant business in Surabaya

PERAN IIOT DALAM MENAVIGASI BISNIS SAAT COVID-19

Bagaimana teknologi dapat membantu keselamatan pekerja dan masalah produksi yang lebih luas?
Seperti hampir setiap industri, manufaktur tetap terkena dampak signifikan oleh COVID-19. Pengurangan pesanan, pekerjaan, dan produksi adalah salah satu hasil yang dihadapi banyak perusahaan manufaktur pada waktu yang berbeda di tahun 2020 karena pandemi. Dan sepertinya ini dan tren terkait akan berlanjut selama beberapa waktu hingga 2021.
Saat produsen mencari cara inovatif untuk menjaga efisiensi dan memenuhi permintaan pelanggan, industrial internet of things (IIoT) menawarkan solusi efektif untuk beberapa tantangan di era COVID-19. Berikut adalah tiga cara IIoT membantu produsen menavigasi pandemi COVID-19 yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pelacakan dan Pemantauan untuk Kesehatan dan Keselamatan
IIoT dapat digunakan untuk membantu produsen memastikan karyawan menjaga jarak aman. Pelacak yang dapat dikenakan memungkinkan pelacakan staf secara real-time dan pencatatan semua kontak yang dilakukan selama shift, solusi yang berguna untuk pelacakan kontak. Sensor yang dapat dikenakan memberi tahu pengguna secara langsung ketika mereka melanggar batas jarak sosial dan mengirim suar untuk memberi tahu sistem pelacakan.
Alat IIoT memberikan informasi perusahaan untuk membantu menghentikan penyebaran virus. Perangkat pemantau suhu seperti pemindai suhu Panasonic, dapat mendeteksi pekerja yang menunjukkan demam ringan – tanda pertama yang paling umum dari virus. Teknologi IIoT juga menangkap data pekerja dan waktu saat aset dan material perusahaan ditangani, sehingga setiap kontaminasi silang antar pekerja dapat segera ditandai.
Solusi pelacakan juga dapat mengidentifikasi barang jadi yang disusupi dengan melacak interaksi pekerja yang didiagnosis dengan COVID-19 dan memungkinkan perusahaan mengelola penggunaan aset yang sering digunakan, seperti alat dan wadah individual, untuk mencegah pekerja menghubungi barang yang baru saja digunakan oleh orang lain.
Selain itu, untuk mengatasi masalah sanitasi, aplikasi pelacakan IIoT dapat diterapkan pada petugas kebersihan untuk membantu mendeteksi “area gelap”, atau area yang masih perlu disanitasi setelah siklus layanan. Analisis yang ditawarkan oleh perangkat IIoT memungkinkan pendeteksian area yang sering kali tidak sesuai, memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami di mana mereka harus memfokuskan upaya mereka untuk terus meningkatkan peraturan kesehatan dan keselamatan.

Baca juga artikel tentang : Melakukan Manajemen Krisis pada Bisnis saat Pandemi Covid 19

Kekhawatiran Produksi
Karena berbagai faktor, seperti mematuhi standar kepatuhan jarak sosial, atau wabah COVID-19 di antara karyawan, lebih sedikit pekerja yang berada di lantai pabrik pada satu waktu.
Dengan memanfaatkan IIoT, anggota tim manufaktur dapat memantau peralatan dan proses dari jarak jauh, menetapkan ambang batas dan alarm, serta memberikan instruksi kepada operator, semua fungsi yang biasanya ditangani oleh pekerja di lapangan. Selain itu, dengan menggunakan sensor di jalur, vendor dapat mengelola inventaris mereka dengan lebih aman dengan hanya menanggapi panggilan, menghilangkan waktu yang berlebihan yang dihabiskan untuk memantau atau mencari pasokan suku cadang.
Dengan alat ini, analisis dan visualisasi data dapat dilihat di mana saja dan kapan saja. Analitik berbasis cloud memungkinkan pemantauan proses dari jarak jauh, memastikan manajer dan pemimpin tim dapat mendeteksi masalah dengan cepat dan melakukan intervensi bila diperlukan untuk menjaga agar segala sesuatunya tetap berjalan.

Mengontrol Biaya dan Meningkatkan Efisiensi
Sebagian besar produsen, seperti banyak perusahaan lain, menghadapi pendapatan yang hilang akibat pandemi COVID-19 dan meningkatnya tekanan untuk memantau dan mengendalikan biaya. IIoT dapat membantu dalam beberapa cara. Efisiensi operasional dapat ditingkatkan melalui manajemen aliran material yang cerdas, proses kertas yang tidak efisien dapat dihilangkan dan digantikan oleh proses yang diaktifkan IIoT, dan waktu henti lini produksi berkurang.
Dengan menyediakan solusi pelacakan orang, suku cadang, dan proses secara real-time, teknologi IIoT merupakan sarana penting bagi produsen untuk mengendalikan biaya, meningkatkan efisiensi, mempertahankan produktivitas, dan mendukung kesehatan dan keselamatan karyawan dan pelanggan selama pandemi global dan seterusnya.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp