Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PENTINGNYA MERCHANDISING DAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN APOTEK ANDA

The Best consultant business in Surabaya

PENTINGNYA MERCHANDISING DAN PEMASARAN DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN APOTEK ANDA

 

Untuk meningkatkan pendapatan apotek Anda, penting untuk menggunakan berbagai cara secara proaktif, tak terkecuali merchandising dan digital marketing.
Di tengah persaingan yang semakin ketat, serta basis pelanggan yang jauh lebih mobile dan berubah-ubah, strategi apotek yang hanya menampilkan produk tanpa melakukan lebih, kini sudah bukan zamannya lagi. Anda perlu cara lebih baik lagi, di situlah merchandising dan digital marketing melangkah lebih maju untuk membangun citra merek Anda. Jika digunakan dengan benar dan konsisten, kedua cara ini dapat menjadi pengungkit utama untuk meningkatkan pendapatan apotek Anda.

1. Gunakan Merchan

dising Untuk Meningkatkan Pendapatan Anda

Merchandising bertujuan untuk menghasilkan pertumbuhan bisnis jangka panjang dengan menyesuaikan metode dan proses pemasaran dengan apotek.

2. Ciptakan Suasana Yang Ramah Dan Menarik
Sangat penting untuk selalu mempertanyakan apa yang pelanggan pikirkan ketika mereka memasuki apotek. Beberapa faktor kemudian ikut berperan termasuk tampilan jendela, suasana, pencahayaan, kemudahan akses, dll. Tidak ketinggalan pajangan rak, yang harus diatur secara alami dan bersih tanpa noda dengan menghadap ke kanan untuk mendorong pelanggan membeli.

3. Pikirkan Kembali Tata Letak Toko Dan Desain Rak
Memungkinkan pelanggan untuk menemukan produk yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah, meningkatkan pengalaman pengguna mereka, akan mendorong penjualan sekunder dan secara signifikan meningkatkan keranjang rata-rata. Itu

menuntut tinjauan komprehensif terhadap rencana tata letak dan reorganisasi area bertema.

Baca juga artikel tentang : Cara Meningkatkan Profit Apotek Anda Pribadi 

4. Bekerja Dengan Musim
Di apotek, juga sama seperti di tempat lain, pelanggan tidak menginginkan produk yang sama di musim panas ketika di musim dingin. Analisis data pemasaran berarti menggunakan hasil tahun-tahun sebelumnya dan angka penjualan gabungan untuk menentukan produk yang “berfungsi” untuk setiap musim dan memutuskan mana yang akan dipromosikan. Memanfaatkan Big Data (dikumpulkan melalui manajemen hubungan pelanggan atau sistem CRM, misalnya) atau data Google Analytics juga merupakan cara yang baik untuk mengidentifikasi produk unggulan.

5. Jaga Eksterior Dengan Hati-Hati
Identitas visual apotek pertama kali ditentukan oleh eksterior, memberikan kesan pertama yang bertahan lama kepada pelanggan. Tidak ada yang harus diabaikan di dalam atau di luar, yaitu logo, bagian depan, warna, kecerdasan, dll.
Meskipun ini adalah area utama yang harus diperhatikan, beberapa faktor lain harus dipertimbangkan ketika merancang strategi merchandising yang efektif, memungkinkan pertumbuhan pendapatan dan volume bisnis apotek yang sehat.

6. Bangun Apotek Anda Secara Online
Jelas, kehadiran online yang kuat untuk apotek Anda telah menjadi penting. Tapi bagaimana dan dalam bentuk apa?
Buat akun di media sosial utama, sebutkan detail kontak Anda, jam buka, promosi, rekomendasi, dll. Pengguna kemudian akan dapat menemukan apotek Anda di mesin pencari dengan cepat, serta informasi praktis yang penting.
Situs web adalah etalase yang kuat untuk penawaran dan keahlian apotek Anda, alat pra-penjualan utama! Ini dapat berupa presentasi sederhana tentang bisnis, produk atau saran, dll. Tetapi Anda juga dapat menyediakan beberapa layanan inovatif seperti resep elektronik, penjualan online (digital), sistem pemesanan janji temu, skema loyalitas, dan aplikasi ponsel cerdas. Berbagai macam layanan yang memungkinkan memungkinkan untuk menonjol secara efektif.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp