Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PENTINGNYA BERADAPTASI DENGAN MELAKUKAN MANAJEMEN PERUBAHAN ORGANISASI

The Best consultant business in Surabaya

PENTINGNYA BERADAPTASI DENGAN MELAKUKAN MANAJEMEN PERUBAHAN ORGANISASI

Lingkungan bisnis saat ini mendorong perubahan pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. Laju perubahan teknologi, khususnya, semakin cepat, mengharuskan bisnis untuk mengawasi transisi ke proses dan prosedur baru secara teratur.
Manajemen Perubahan adalah proses mengawasi dan memfasilitasi perubahan pada setiap tingkat di mana diperlukan. Itu bisa berubah pada tingkat proyek atau tim atau proses atau sistem kerja. Ketika perubahan yang diinginkan memerlukan penyesuaian di tingkat struktural yang bertentangan dengan tingkat proyek, bisnis menerapkan manajemen perubahan organisasi.

Apa itu Manajemen Perubahan Organisasi?
Manajemen perubahan organisasi sebagai upaya seluruh organisasi yang direncanakan untuk meningkatkan efektivitas individu dan organisasi melalui pengetahuan ilmu perilaku.
Prosesnya bisa inkremental atau terputus-putus. Perubahan bertahap lebih merupakan bentuk perubahan evolusioner dan biasanya didorong secara internal. Perubahan terputus-putus adalah bentuk perubahan revolusioner, sering kali tidak direncanakan dan didorong dari luar.
Manajemen perubahan organisasi dirancang untuk mengurangi potensi dampak negatif dari setiap perubahan struktural umum dalam bisnis. Secara khusus, manajemen perubahan organisasi berfokus pada tingkat mikro dan makro. Apakah mengharuskan pekerja untuk mempelajari keterampilan baru, mengalokasikan kembali tanggung jawab dan prioritas atau berinvestasi dalam alat atau perangkat lunak baru, mengubah proses manajemen organisasi melibatkan pendekatan top-down untuk mengelola perubahan.

Pentingnya Manajemen Perubahan Organisasi
Sementara perubahan di tingkat proyek itu penting, pada akhirnya tidak cenderung melampaui batas-batas proyek itu sendiri. Artinya, perubahan tingkat proyek dapat agak terisolasi, atau spesifik, dalam dampaknya. Perubahan di tingkat organisasi, bagaimanapun, mempengaruhi semua karyawan di perusahaan tertentu, termasuk individu dan tim yang mengerjakan berbagai proyek. Orang mungkin mengatakan bahwa perubahan organisasi mencakup perubahan tingkat proyek. Untuk alasan ini, perubahan organisasi cenderung dirasakan pada tingkat yang lebih dalam dan untuk jangka waktu yang lebih lama.
Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengelola setiap perubahan organisasi seefektif mungkin. Mengelola perubahan organisasi yang sukses dapat meningkatkan moral di antara para pekerja dan mendorong kerja sama tim yang positif dan pengayaan pekerjaan. Faktor-faktor ini dapat secara langsung dan positif mempengaruhi produktivitas dan kualitas kerja sambil memperpendek siklus produksi dan mengurangi biaya. Manajemen perubahan organisasi yang efektif memungkinkan perusahaan untuk mempertahankan keadaan evolusi yang konstan dan memfasilitasi periode perubahan bisnis secara umum, memungkinkan pekerja untuk tetap termotivasi dan produktif selama pengenalan teknologi atau prosedur baru.

Prinsip-Prinsip Manajemen Perubahan Organisasi
Seperti manajemen perubahan pada umumnya, strategi manajemen perubahan organisasi yang sukses akan membutuhkan komunikasi yang efektif antara manajemen dan pekerja. Namun, penting untuk ditekankan bahwa komunikasi ini harus terjadi di semua tingkatan perusahaan. Manajemen perubahan organisasi, pada dasarnya, dimaksudkan untuk memfasilitasi perubahan struktural, sehingga perhatian harus diberikan pada setiap bagian penyusun dari keseluruhan.
Manajemen perubahan organisasi juga membutuhkan penekanan pada perencanaan dan pelatihan. Banyak dari pengganggu dan pendorong perubahan yang dihadapi bisnis saat ini melibatkan teknologi atau sistem komunikasi baru. Jika sebuah bisnis ingin tetap mengikuti praktik industri baru, manajer perlu memastikan bahwa karyawan terus dilatih dalam teknologi baru apa pun yang akan mereka perlukan untuk digunakan. Di luar pengetahuan aplikasi fungsional teknologi baru, manajer dan pemimpin organisasi perlu menciptakan budaya inovasi, di mana karyawan menghadapi perubahan dengan terbuka dan pola pikir kreatif yang berfokus pada peluang oleh perubahan.
Perubahan pada tingkat struktural dapat mengarah pada pembentukan departemen atau tim baru yang berfokus pada prioritas bisnis baru. Di sisi lain, perubahan mungkin memerlukan konsolidasi atau penghapusan departemen yang ada. Dalam kedua kasus tersebut, pekerja menghadapi prospek gangguan yang signifikan dari tanggung jawab pekerjaan mereka. Dalam kasus seperti itu, manajer perubahan organisasi harus fokus pada penciptaan dukungan untuk perubahan organisasi. Untuk melakukan ini, penting untuk secara aktif berkomunikasi dengan karyawan di setiap tingkat untuk mengatasi masalah apa pun, menyoroti bagaimana perubahan ini selaras dengan tujuan perusahaan baru dan menggarisbawahi bagaimana mereka sebagai individu dapat membantu mendorong perubahan.

Baca juga artikel tentang : Manfaat Manajemen Modern dalam Mengelola SDM

Mengatasi Resistensi terhadap Perubahan Organisasi
Setiap jenis perubahan di tempat kerja dapat mengintimidasi dan membuat frustrasi pekerja yang terbiasa dengan rutinitas tertentu yang dapat mengakibatkan penolakan terhadap perubahan. Untuk melaksanakan perubahan organisasi yang lancar, penting untuk mengenali alasan penolakan dan menghilangkannya sebelum memulai proses perubahan. Hal ini dicapai dengan meningkatkan kekuatan untuk perubahan dan mengurangi kekuatan untuk stabilitas. Perubahan struktural adalah yang paling berpotensi mengganggu sejumlah besar pekerja dan oleh karena itu harus dihadapi dengan perencanaan terperinci untuk mengurangi resistensi terhadap perubahan.
Manajemen perubahan organisasi adalah proses yang membutuhkan perencanaan yang rinci, tujuan yang jelas, komunikasi yang terbuka dan perhatian yang terus menerus diberikan kepada umpan balik dari para pekerja. Selanjutnya, jika perubahan dapat didorong, manajer mungkin menemukan pekerja lebih bersedia untuk mengubah rutinitas mereka yang ada. Komunikasi dapat berhasil dalam banyak kasus, tetapi dalam kasus lain, mungkin bermanfaat bagi manajer untuk merancang sistem penghargaan bagi pekerja yang mengalami perubahan. Jika perubahan dapat dilihat sebagai proses yang diinginkan daripada gangguan dalam rutinitas, seluruh periode transisi dapat berjalan lebih lancar daripada sebaliknya.
Apa Anda salah satu dari mereka yang menghendaki adanya perubahan manajemen dalam perusahaan Anda demi kelangsungan perusahaan yang lebih baik? Jika benar, silahkan hubungi kami, kami akan siap membantu Anda. Silahkan hubungi kami melalui whatsapp 0812-5298-2900.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp