Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

SOP TRANSPORTASI & LOGISTIK, CALL 081-252982900

The Best consultant business in Surabaya

SOP TRANSPORTASI & LOGISTIK, CALL 081-252982900

PENJELASAN SINGKAT SEPUTAR MANAJEMEN LOGISTIK TUJUAN PENERAPANNYA DAN MANFAATNYA BAGI KEBERLANGSUNGAN PERUSAHAAN LOGISTIK

  •  Tujuan Utama Penerapan Manajemen Logistik

Berikut ini adalah beberapa tujuan dalam manajemen logistik (logistic management) yang secara umum ingin dicapai oleh perusahaan dalam pelaksanaannya, yaitu:

1. Tujuan Umum: Pada dasarnya tujuan yang paling umum dan yang paling banyak dari berbagai kegiatan logistics management adalah agar bisa tetap fokus pada pencapaian tujuan organisasi secara lebih efektif dan efisien.
2. Tujuan Khusus: terdapat tiga macam tujuan khusus yang sebenarnya ingin bisa dicapai dalam kegiatan Logistics management ini, yaitu:

• Tujuan operasional, yaitu agar persediaan barang-barang logistik dapat dilakukan dengan jumlah dan kualitas yang lebih tepat.
• Tujuan keuangan, yaitu agar segala pengeluaran untuk tujuan pengadaan barang-barang logistik dapat dilakukan secara efisien.
• Tujuan pengamanan, yaitu untuk menjaga dan mendukung tingkat efisiensi dan efektifitas dalam upaya untuk pencapaian tujuan organisasi perusahaan.

• Tugas Utama Manajemen Logistik

Sejatinya tugas utama dari manajemen logistik ini adalah untuk memastikan adanya suatu keseimbangan antara pendapatan dan biaya untuk menghasilkan keuntungan. Dalam mencapai tujuan tersebut, maka terdapat beberapa tugas-tugas penting lainnya yang harus dilakukan, diantaranya adalah:

1. Untuk menentukan sistem logistics management seperti apa yang akan digunakan.
2. Untuk menentukan pemakaian jenis-jenis logistik secara privat atau keagenan.
3. Untuk menentukan moda transportasi yang tepat untuk digunakan.
4. Untuk membuat rancangan organisasi logistik yang baik dan tepat.
5. Untuk menentukan lokasi pergudangan pada lokasi yang terbaik.
6. Untuk menentukan bagaimana kegiatan operasional di gudang logistik Anda.
7. Untuk membuat rancangan bauran logistik yang baik.

• Beberapa Manfaat Manajemen Logistik Bagi Perusahaan

Menerapkan kegiatan manajemen logistik yang baik dan benar secara berkesinambungan akan memberikan manfaat yang paling besar bagi suatu organisasi perusahaan. Adapun beberapa manfaat dari manajemen logistik tersebut adalah sebagai berikut:

1. Persediaan. Dengan adanya logistics managament yang baik dan benar, maka ketersediaan barang-barang logistik akan dapat dijamin, sehingga kegiatan operasional perusahaan akan dapat berjalan dengan lancar.
2. Transportasi. Kegiatan logistik tentunya juga membutuhkan alat transportasi, sehingga organisasi yang memiliki logistics management yang baik dan benar kan memastikan ketersediaan transportasi untuk proses distribusi barang-barang logistik.
3. Fasilitas. Selain dari alat transportasi,terdapat pula berbagai macam fasilitas logistik yang dibutuhkan agar kegiatan logistik dapat berjalan dengan lebih baik. Dengan adanya logistics management yang baik, maka organisasi akan dapat mengetahui fasilitas-fasilitas apa saja yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatannya.
4. Layanan. Memberikan layanan yang terbaik kepada pelanggan merupakan hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Pelayanan tersebut tidak hanya kepada konsumen saja, akan tetapi juga pada stakeholder lainnya, misalnya para supplier.
5. Manajemen dan Administrasi. Setiap proses manajemen harus selalu didukung oleh kegiatan administrasi. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap kegiatan sudah tercatat dengan baik dan teratur sehingga berbagai informasi dari kegiatan logistik akan dapat ditemukan dengan lebih mudah ketika masih diperlukan.
6. Inbound Transportasi. Kegiatan ini bertujuan untuk menangani segala proses distribusi barang-barang dan bahan baku dari para supplier kepada perusahaan. Dengan manajemen persediaan yang baik dan benar, maka perusahaan akan menjadi lebih berpeluang untuk dapat bekerjasama dengan para supplier yang memiliki kualitas barang yang baik dan ketersediaan yang cukup memadai.
7. Outbound Transportasi. Kegiatan ini menangani proses distribusi dari perusahaan kepada konsumen dan untuk memastikan pengantaran barangnya dapat berjalan dengan lebih baik.
8. Pemecahan Masalah (Problem Solving). Dalam proses penyediaan barang, maka pastinya akan ada masalah yang mungkin saja bisa terjadi. Dengan adanya manajemen logistik yang baik dan benar, maka permasalahan seperti ini akan dapat diantisipasi dan diatasi dengan lebih tepat, cepat, dan akurat.
9. Informasi Kepada Para Konsumen. Biasanya para konsumen akan melakukan tracking terhadap pengiriman barang-barang yang sudah dipesannya. Dengan adanya logistics management yang baik dan benar, maka penyampaian informasi yang terkait dengan proses distribusi barang akan dapat dilakukan dengan lebih terorganisir.
10. Kepercayaan dari Konsumen. Pelayanan yang terbaik kepada para konsumen, baik itu berupa pemberian informasi, ketepatan distribusi, dan juga pelayanan yang baik, maka pada akhirnya akan menghasilkan tingkat kepercayaan dari para konsumen yang lebih besar kepada perusahaan Anda. Hal ini kemudian akan semakin menumbuhkan rasa loyalitas konsumen yang lebih tinggi terhadap sebuah perusahaan.

Nah, demikianlah beberapa penjelasan singkat seputar manajemen logistik tujuan dan manfaatnya bagi bagi sebuah perusahaan logistik. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, terimakasih dan salam sukses.

Apabila bapak ibu membutuhkan software terkait inventory, silahkan hubungi 081-8521172 atau 081-252982900. Kami siap membantu. Terima kasih.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp