Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PENGERTIAN DAN PERAN PENTING MANAJEMEN KONSTRUKSI DALAM PROSES PROYEK PEMBANGUNAN

The Best consultant business in Surabaya

PENGERTIAN DAN PERAN PENTING MANAJEMEN KONSTRUKSI DALAM PROSES PROYEK PEMBANGUNAN

Tahukah Anda tentang manajemen kontruksi? Pada artikel sebelumnya sudah pernah dibahas tentang konsep dasar dan pengertian dari manajemen proyek system informasi (MPSI). Selanjutnya pengertian dari manajemen konstruksi adalah tentang ilmu yang mempelajari dan mempraktekan seputar aspek-aspek manajerial dan teknologi industri konstruksi untuk kebutuhan proyek pembangunan.

Sebelum melangkah yang lebih jauh tentang manajemen konstruksi, sedikit membahas tentang tulisan manajemen proyek, kita akan sedikit menyinggung tentang proyek pembangunan gedung. Nah, pada bagian tersebut akan selalu ada hubungannya dengan manajemen yang akan kita bahas kali ini, yaitu seputar manajemen konstruksi.

Dalam KBBI konstruksi berarti adalah berupa susunan (model, tata letak) dari suatu bangunan (jembatan, rumah, dan lain sebagainya). Untuk kategori bangunan-bangunan besar dan dengan nilai proyek yang sangat tinggi, maka pembuatan konstruksinya membutuhkan adanya bantuan dari manajemen konstruksi.

Lalu, apa itu Manajemen Konstruksi?

Manjemen Konstruksi merupakan ilmu tentang pengelolaan dan berupa praktek terhadap manajerial dan teknologi dari penerapan perindustrian konstruksi bangunan. Manajemen konstruksi juga bisa diartikan sebagai sebuah modal bisnis yang harus dilakukan oleh seorang konsultan konstruksi dalam memberikan nasehat-nasehat dan bantuan dalam sebuah proyek pembangunan.

Construction Management Association of America (CMAA) telah menyatakan bahwa, terdapat tujuh macam kategori utama tentang tanggungjawab dari seorang manajer konstruksi. Diantaranya adalah:

1. Perencanaan proyek manajemen.
2. Manajemen harga.
3. Manajemen waktu.
4. Manajemen kualitas.
5. Administrasi kontrak.
6. Manajemen keselamatan.
7. Praktek profesional.

Peran Penting Dari Manajemen Konstruksi

Sebagai salah satu pelaksana dari manajemen pembangunan konstruksi memiliki berbagai peran penting. Dan peran dari manajemen konstruksi sendiri terbagi menjadi empat macam berdasarkan tahapan dari pelaksanaannya, yaitu:

1. Badan Manajemen Konstruksi/Agency Construction Management (ACM).

Pada tahapan ini manajer konstruksi berperan penting sebagai seorang koordinator (penghubung/(interface) antara perancangan dan pelaksanaan serta antar sesama kontraktor. Manajamen konstruksi mulai dari fase perencanaan yang mana pihak pemilik akan membuat kontrak dengan para kontraktor sesuai paket-paket pekerjaan yang memang diperlukan.

2. Pengembangan Layanan Konstruksi/Extended Service Construction Manajemen (ESCM).

Peran penting lain yang mungkin akan diberikan kepada manajemen kontraktor adalah sebagai pihak kontraktor. Hal ini dilakukan untuk menghindari jika suatu saat terjadi konflik tujuan diantara sesama kontraktor dan pihak manajemen. Pada bentuk yang lain, pihak manajemen akan bergerak berdasarkan permintaan dari pihak ESCM atau kontraktornya masing-masing.

3. Pemilik Manajemen Konstruksi/Owner Construction Management (OCM).

Dalam hal ini peran manajemen konstruksi professional harus lebih dikembangkan lagi oleh para pemilik. Sehingga pihak manajemen juga harus tetap bertanggungjawab terhadap manajemen proyek yang sedang dilaksanakan.

4. Pengelolaan Konstruksi dengan Harga Maksimum yang Dijamin /Guaranted Maximum Price Construction Management (GMPCM).

Konsultan konstruksi juga harus bertindak untuk lebih mengarah kepada kontraktor umum daripada hanya sebagai wakil pemilik saja. Dari sini konsultan GMPCM tidak akan melakukan pekerjaan konstruksi, namun harus bertanggungjawab kepada pemilik tentang waktu, biaya dan mutu. Sehingga pada peran seperti ini pihak manajemen akan bertindak sebagai pemberi kerja terhadap para kontraktor beserta (sub kontraktor) nya.

Diatas adalah kontruksi secara umum. Tetapi untuk kontruksi pabrik,  dalam pembangunan kontruksi terkait GMP  (Good manufacturing Practise) selalu harus disinkronkan antara ahli GMP dan ahli Kontruksi. Hal detail lainnya terkait GMP silahkan kontak kami di 081-8521172 atau 081-252982900. Atau email ke groedu@gmail.com. Kami siap membantu dan memberikan informasi lengkap terkait GMP, terima kasih dan salam sukses selalu. ( Dr Berbagai Sumber)

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp