Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PENGERTIAN DAN FUNGSI UTAMA DARI MANAJEMEN LOGISTIK UNTUK PENGELOLAAN PERSEDIAAN PERUSAHAAN

The Best consultant business in Surabaya

PENGERTIAN DAN FUNGSI UTAMA DARI MANAJEMEN LOGISTIK UNTUK PENGELOLAAN PERSEDIAAN PERUSAHAAN

Pengertian dari manajemen logistik adalah penerapan tentang prinsip-prinsip manajemen dalam operasional logistik agar barang dan para personil dapat bergerak secara bersama-sama dan menjadi lebih efisien serta dengan pengeluaran biaya yang lebih efektif. Jika berbicara tentang seputar dunia logistik, sama sekali tidak akan jauh berbeda dari yang namanya persediaan. Kata logistik sendiri memang memiliki kedekatan dengan persediaan. Arti dari kata logistik sendiri juga masih agak terikat dengan persediaan. Dalam kbbi logistik yang berarti:

1. Pengadaan.
2. Perawatan.
3. Proses Distribusi.
4. Penyediaan Perlengkapan.
5. Perbekalan.
6. Ketenagaan.

Lalu sekarang, apa lagi hubungannya? karena arti dari kata logistik dapat diartikan sebagai pengadaan, maka logistik sebenarnya juga memiliki hubungan yang dekat dengan manajemen persediaan. Jika membahas tentang manajemen persediaan, maka arti dari manajemen persediaan adalah berupa kegiatan yang dilakukan untuk menjaga jumlah persediaan.

Nah, dalam menjaga jumlah tersebut, maka akan dilakukan manajemen logistik sebagai bentuk dari pengadaaan barang. Agar lebih jelas, maka berikut ini adalah penjelasan tentang apa itu sebenarnya manajemen logistik dan tentang bagaimana prosesnya.

Pengertian Manajemen Logistik Menurut Ahli

Sebelumnya marilah kita pelajari secara lebih mendalam tentang arti dari kata logistik menurut pakar logistik yaitu: John J. Coyle et al. Beliau mengartikan bahwa logistik adalah sebagai cara tentang bagaimana dalam mendapatkan produk yang lebih tepat, bagi pelanggan yang tepat, dalam jumlah yang tepat, dengan kondisi yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat, dan pada biaya yang tepat.

Manajemen logistik yang terlaksana dengan baik akan sangat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya dan semakin meningkatkan layanan terhadap para pelanggan. Sehingga menjadi lebih produktif dan mampu untuk meningkatkan profit perusahaan.

Fungsi Manajemen Logistik

Setiap kegiatan pastinya memiliki fungsinya masing-masing, tidak terkecuali dengan manajemen logistik. Sedikit lebih berbeda dengan manajemen-manajemen lainnya, manajemen logistik ini memiliki tujuh macam fungsi, yaitu:

1. Fungsi Perencanaan dan Penentuan Kebutuhan.
2. Fungsi Penganggaran Manajemen Logistik.
3. Fungsi Pengadaan Manajemen Logistik.
4. Fungsi Penyimpanan dan penyaluran Manajemen Logistik.
5. Fungsi Pemeliharaan Manajemen Logistik.
6. Fungsi Penghapusan Manajemen Logistik.
7. Fungsi Pengendalian.

1. Fungsi Perencanaan dan Penentuan Kebutuhan Manajemen Logistik.

Dalam fungsi ini seorang manajer akan melakukan perencanaan dan penentuan kebutuhan dari suatu kegiatan. Ia harus mampu dalam merencanakan barang-barang apa saja yang sangat dibutuhkan dan harus menentukan barang mana saja yang benar-benar diperlukan. Dalam membuat penentuan barang-barang kebutuhan, seorang manajer harus mampu menyesuaikannya dengan anggaran dan perhitungan lainnya.

2. Fungsi penganggaran Manajemen Logistik.

Nah barang-barang yang telah ditentukan tadi harus tetap diperhitungkan jumlah pengeluarannya. Tujuannya adalah agar pengadaan barang dapat sesuai dengan anggaran yang dimiliki dan apabila anggaran tidak sesuai dengan keperluan, maka akan dilakukan perubahaan terhadap perencanaan.

3. Fungsi Pengadaan Manajemen Logistik.

Meskipun anggaran tidak mencukupi dalam memenuhi kebutuhan barang dan tidak ditemukan adanya solusi lain, maka barang tersebut harus tetap diadakan. Dari sinilah tugas seorang manajer logistik harus mampu berpikir tentang bagaimana caranya agar pengadaan barang bisa tetap dilakukan, meskipun dengan anggaran yang masih tidak sesuai.

4. Fungsi Penyimpanan dan Penyaluran Manajemen Logistik

Dari sini seorang manajer akan bertugas untuk menyimpan sebaik-baiknya barang-barang yang telah di kumpulkan dan setelah itu disalurkan kepada seksi bidang yang lainnya yang membutuhkan barang tersebut. Dalam fungsi ini prosesnya memang ada hubungannya dengan manajemen persediaan.

5. Fungsi Pemeliharaan Manajemen Logistik.

Barang-barang yang sudah dimiliki harus tetap dipelihara dengan baik. Dari sinilah fungsi sebagai seorang manajer untuk mengelola perawatan barang yang telah, dan akan atau masih belum digunakan, agar tidak sampai rusak dalam penyimpanannya. Proses inipun terbilang masih ada hubungannya dengan manajemen persediaan.

6. Fungsi Penghapusan Manajemen Logistik.

Fungsi ini memang akan terlihat pada saat terjadinya kerusakan pada barang-barang inventaris. Manajer harus mampu mengatasi kerusakaan tersebut entah bagaimanapun caranya, baik itu dengan cara membeli ulang bahan yang serupa maupun dengan jalan menggantinya dengan barang lain yang sejenis.

7. Fungsi Pengendalian Manajemen Logistik.

Inilah fungsi terpenting yang mana seorang manajer harus senantiasa mengendalikan semua fungsi diatas dengan baik (fungsi no.1 sampai 6). Selain itu ia juga harus mengendalikan agar proses yang sedang berjalan dapat tetap sesuai dengan jalurnya yang semula. Apabila pembaca membutuhkan bantuan dalam pembuatan SOP logistic, software mengenai logistic, serta desain manajemen logistic silahkan hubungi groedu@gmail.com atau ke 081-252-982900 atau 0818521172, tim konsultan kami siap membantu. ( Frans M. Royan, SE,MM)

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp