Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PENDAMPINGAN ISO 9001:2015, CALL 081-252982900

The Best consultant business in Surabaya

PENDAMPINGAN ISO 9001:2015, CALL 081-252982900

APA ITU SERTIFIKASI ISO 9001 DAN SERTIFIKASI ISO 14001? DEFINISI KONSEP & MANFAATNYA BAGI BISNIS

ISO 9001 merupakan sertifikasi yang lebih berorientasi kepada layanan untuk para pelanggan dan standar manajemen mutu yang telah diadopsi pada tahun 2000 oleh International Organization for Standardization (ISO). Menurut standar ini, sebuah organisasi harus menunjukkan kemampuannya untuk memenuhi atau melampaui kepuasan para pelanggan dalam hal fungsi produk, kualitas, dan kinerjanya.

Demikian pula, bagi organisasi tersebut juga harus selalu menerapkan peraturan, standar industri, dan praktek terbaik tentang proses produksi dan hasil. Singkatnya adalah, standar ISO 9001 memastikan bahwa organisasi telah menawarkan produk-produk berkualitas sekaligus untuk mendorong dan bertindak atas umpan balik dari para pelanggan, pengguna akhir, dan badan pengatur.

ISO 9001 merupakan kesepakatan internasional yang digunakan untuk menentukan standar universal yang masih berlaku untuk semua organisasi tentang produk dan layanan yang memenuhi harapan para pelanggan dan syarat peraturan. Kesesuaian dengan persyaratan peraturan dan harapan pelanggan, bagaimanapun, tidak cukup untuk memenuhi standar ISO 9001.

Sebuah organisasi juga harus menciptakan sistem yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya perbaikan secara terus-menerus. Audit internal, audit oleh klien, dan audit oleh lembaga sertifikasi pihak ketiga independen harus didorong untuk dapat membantu organisasi melakukan perbaikan secara terus-menerus. Standar ISO 9001 dmaksudkan untuk berlaku bagi semua organisasi dengan berbagai skala dan bidang industri.

ISO 9001 tidak mensyaratkan tentang cara tertentu bagaimana sebuah organisasi harus memenuhi persyaratan, melainkan hanya untuk menunjukkan tentang pedoman yang harus dipenuhi. Klausul khusus yang mungkin saja diterapkan terhadap organisasi tertentu untuk dikecualikan dari beberapa poin persyaratan yang telah ditetapkan, tanpa harus menurunkan standar secara keseluruhan.

Di antara keluarga standar ISO 9000, ISO 9001, sebagaimana telah diubah pada tahun 2008 dan ditambahkan pada tahun 2009, adalah satu-satunya standar dimana sebuah organisasi bisa mendapatkan sertifikasinya.

Sertifikasi bukanlah persyaratan kepatuhan, akan tetapi berfungsi untuk meyakinkan para pelanggan bahwa suatu organisasi beroperasi sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Saat diterapkan pada lingkungan bisnis ke bisnis, sertifikasi ISO 9001 akan membantu dalam menanamkan kepercayaan, terutama dalam situasi yang melibatkan hubungan bisnis baru atau joint venture.

Sebagai contoh, sebuah perusahaan yang berada di Amerika Serikat mungkin akan kesulitan dalam menemukan informasi yang valid tentang perusahaan yang berada di Indonesia. Mengetahui bahwa perusahaan di Indonesia memiliki sertifikasi ISO 9001 akan dapat semakin membantu dalam menanamkan kepercayaan dari perusahaan Amerika tersebut.

Sertifikasi ISO 14001Definisi, Konsep & Manfaatnya

Masyarakat dunia sudah semakin sadar akan adanya isu lingkungan dan menuntut setiap organisasi serta perusahaan untuk beroperasi secara “hijau”. Sertifikasi ISO 14001 menjadi bukti dari kelayakan suatu organisasi, bisnis, dan fasilitas manufaktur dalam menunjukkan tanggung jawabnya terhadap lingkungan.

Sertifikasi ini akan menunjukkan bahwa sebuah organisasi atau bisnis telah mendedikasikan sistem manajemennya berdasarkan kesadaran lingkungan. Dengan mendapatkan sertifikasi ISO 14001 pada gilirannya akan membuat masyarakat, pemerintah, dan para calon pelanggan akan lebih menghargai suatu entitas bisnis yang pada akhirnya akan mengarah kepada kemajuan usaha.

Pembentukan Internasional Organization for Standardization (ISO) merupakan salah satu hasil dari KTT Rio 1992 tentang Lingkungan Hidup.
Organisasi ini pada tahun 1996, akan mulai membuat suatu standar tentang bagaimana agar semua organisasi di seluruh spekrum industri akan dapat dikelola dengan cara yang lebih bermanfaat bagi lingkungan.

Hasil upaya seperti ini lantas akan memunculkan BS 7750 atau serangkaian standar nasional tentang pengelolaan lingkungan yang terus disempurnakan dan pada akhirnya akan memunculkan seri ISO 14000. Pada dasarnya, seri standardisasi ISO 14000 berisi tentang standar, pedoman, dan kebijakan yang lebih banyak mengatur tentang pengelolaan lingkungan yang tepat oleh organisasi yang disertifikasi. ISO 14001 adalah yang paling dikenal dari seri ISO 14000.

Dalam era kesadaran lingkungan, sertifikasi seperti ini sangat penting untuk bisnis atau entitas perusahaan untuk tetap kompetitif di pasar Nasional maupun Internasional. Proses sertifikasi dilakukan oleh pihak ketiga yang tidak terlibat dengan cara apapun dengan organisasi yang telah mengajukan permohonan sertifikasi.

Organisasi sertifikasi, yang lebih dikenal sebagai auditor, akan memberikan materi, mentoring, dan pemantauan untuk memastikan bahwa organisasi yang mengajukan sertifikasi dengan mengenali dan mematuhi berbagai pedoman pengelolaan. Setelah standar dipenuhi, organisasi auditor akan mengesahkan organisasi pemohon yang telah memenuhi standar ISO 14001.

Sertifikasi ISO 14001 menunjukkan bahwa organisasi, bisnis, atau entitas perusahaan telah mengidentifikasi dan menilai risiko lingkungan dari berbagai prosedur manajemen, dan telah mengembangkan metode dan rencana aksi untuk dapat menanganinya. Sertifikasi membutuhkan kepatuhan dalam penerapan dan memastikan implementasinya sampai ke peraturan perusahaan dalam lingkup terkecil.

Terdapat berbagai manfaat untuk organisasi setelelah memperoleh sertifikasi ISO 14001.
Sertifikasi ini berarti akan membuat suatu organisasi menjadi lebih mampu dalam menghemat keuangannya dengan melakukan konservasi material dan energi. Selain itu, organisasi yang memiliki sertifikasi ISO 14001 akan mendapatkan peningkatan secara positif atas tentang persepsi publik karena adanya tanggungjawab yang akan ditunjukkan kepada lingkungan sekitar.