Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

PANDUAN MELAKUKAN RISET PASAR DENGAN BENAR DAN TEPAT SASARAN

The Best consultant business in Surabaya

PANDUAN MELAKUKAN RISET PASAR DENGAN BENAR DAN TEPAT SASARAN

Riset pasar adalah proses mengumpulkan informasi tentang persona pembeli bisnis anda. Aktivitas riset pasar akan memberi tahu anda di mana para pelanggan ini melakukan pembelian dan apa yang tengah mereka beli. Ini juga memberi tahu anda tentang produk atau layanan apa yang sedang tren di industri anda, apa yang diinginkan dan dibutuhkan audiens anda, dan apa yang memengaruhi keputusan mereka untuk mengkonversi dan melakukan pembelian.
Melakukan riset pasar yang menyeluruh dapat membantu bisnis tumbuh lebih baik, tetapi jika hanya dilakukan dengan benar. Berikut ini akan kami sampaikan bagaimana melakukan riset pasar langkah demi langkah.

Tentukan Persona Pembeli Anda
Sebelum anda menyelami bagaimana pelanggan di industri anda membuat keputusan pembelian, anda harus terlebih dahulu memahami siapa mereka. Ini adalah awal dari riset pasar utama anda dimana persona pembeli merupakan faktor yang sangat berguna. Persona pembeli kadang-kadang disebut sebagai persona pemasaran yang berarti sebuah representasi fiksi dan umum dari pelanggan ideal anda. Mereka membantu anda memvisualisasikan audiens anda, merampingkan komunikasi anda, dan menginformasikan strategi anda. Beberapa karakteristik utama yang harus anda perhatikan termasuk dalam persona pembeli anda adalah usia, jenis kelamin, lokasi, pekerjaan, pendapatan, dan permasalahan.
Tujuan akhirnya adalah menggunakan persona ini sebagai pedoman ketika anda menjangkau dan mempelajari tentang pelanggan yang sebenarnya di industri anda. Anda mungkin menemukan bahwa bisnis anda cocok untuk lebih dari satu persona itu memang bisa saja terjadi dan bukan sebuah masalah bagi anda. Anda hanya perlu memikirkan orang tertentu yang anda optimalkan ketika merencanakan konten dan kampanye.

Identifikasi Sebagian Dari Persona Itu Untuk Dilibatkan.
Sekarang setelah anda tahu bagaimana persona pembeli anda, anda harus mencari sampel yang representatif dari pelanggan target anda untuk memahami karakteristik aktual, masalah, dan kebiasaan mereka dalam berbelanja.
Ini haruslah orang-orang yang baru melakukan pembelian (atau dengan sengaja memutuskan untuk tidak melakukan pembelian), dan anda dapat bertemu dengan mereka dalam sejumlah cara secara langsung melalui media grub, mengelola survei online, dan bisa juga dengan melakukan wawancara telepon individu. Kami telah mengembangkan beberapa panduan dan tips yang akan membantu anda mendapatkan audiens yang tepat untuk penelitian anda.
• Menembak untuk 10 peserta per persona pembeli. Kami merekomendasikan untuk berfokus pada satu kepribadian, tetapi jika anda merasa perlu untuk meneliti lebih dari satu kepribadian, pastikan untuk merekrut kelompok sampel terpisah untuk masing-masing.
• Pilih orang yang baru-baru ini berinteraksi dengan anda. Anda mungkin ingin fokus pada orang-orang yang telah menyelesaikan evaluasi dalam enam bulan atau hingga satu tahun terakhir. Hal ini dioerlukan karena anda anda akan mengajukan pertanyaan yang sangat rinci sehingga pengalaman mereka harus segar.
• Audiens campuran. Anda ingin merekrut orang-orang yang telah membeli produk anda, orang-orang yang membeli produk pesaing, dan beberapa yang memutuskan untuk tidak membeli apa pun. Perlu anda ketahui bahwa melalui sumber informasi dari orang lain akan dapat membantu anda mengembangkan pandangan yang seimbang.

Panggilan Untuk Peserta Di Media Sosial.
Cobalah menjangkau orang-orang yang mengikuti anda di media sosial, tetapi memutuskan untuk tidak membeli dari anda. Ada kemungkinan beberapa dari mereka akan bersedia untuk berbicara dengan anda dan memberi tahu anda mengapa mereka akhirnya memutuskan untuk tidak membeli produk anda.

Gunakan Jaringan Anda Sendiri.
Sampaikan kabar kepada rekan kerja, mantan kolega, dan koneksi Linked In anda. Bahkan jika koneksi langsung anda tidak memenuhi syarat, beberapa dari mereka kemungkinan akan memiliki rekan kerja, teman, atau anggota keluarga yang memilikinya.

Persiapkan Pertanyaan Untuk Riset Anda.
Cara terbaik untuk memastikan anda mendapatkan hasil maksimal dari percakapan anda adalah dengan persiapan yang sangat matang. Anda harus selalu membuat panduan diskusi, apakah itu untuk kelompok fokus, survei online, atau wawancara telepon, untuk memastikan anda membahas semua pertanyaan utama dan menggunakan waktu anda dengan bijak. Tapi perlu menjadi catatan anda bahwa ini tidak dimaksudkan sebagai skrip. Diskusi harus alami dan percakapan, jadi kami mendorong anda untuk keluar dari ketertiban atau menyelidiki area tertentu yang anda inginkan. Panduan diskusi anda harus dalam format garis besar, dengan penjatahan waktu dan pertanyaan terbuka yang dialokasikan untuk setiap bagian.

Buat Daftar Beberapa Pesaing Utama Anda.
Untuk mengidentifikasi pesaing yang produk atau layanannya tumpang tindih dengan anda, tentukan industri mana yang anda kejar. Anda bisa memulai darimana saja misal industri pendidikan, konstruksi, media & hiburan, layanan makanan, perawatan kesehatan, ritel, layanan keuangan, telekomunikasi, dan pertanian. Anda juga bisa mencari menggunakan media sosial. Percaya atau tidak, jejaring sosial membuat direktori riset yang hebat jika anda menggunakan bilah pencarian dengan benar.

Mengidentifikasi Konten Pesaing
Mesin pencari adalah teman terbaik anda dalam bidang riset pasar sekunder ini. Untuk melakukan ini, buatlah beberapa istilah industri yang lebih spesifik yang anda inginkan. Sebuah bisnis katering, misalnya, pada umumnya mungkin menjadi perusahaan “layanan makanan”, tetapi juga menganggap dirinya sebagai vendor dalam “katering acara,” “katering kue,” “makanan panggang,” dan banyak lagi. Setelah anda memiliki daftar ini, lakukanlah pencarian melalui google. Jangan meremehkan nilai dalam melihat situs web mana yang muncul ketika anda menjalankan pencarian di google untuk istilah industri yang menggambarkan perusahaan anda. Anda mungkin menemukan campuran pengembang produk, blog, majalah, dan banyak lagi. Bandingkan hasil pencarian anda dengan persona pembeli anda. Gunakan itu untuk memeriksa seberapa besar kemungkinan publikasi yang anda temukan melalui google. Setelah serangkaian pencarian google, selanjutnya anda perlu mencari pengulangan di domain situs web yang muncul. Periksa dua atau tiga halaman pertama untuk setiap pencarian yang anda lakukan. Konten-konten seperti ini akan menjadi pendukung konten anda, tentunya dengan adanya beberapa editing.

Riset pasar adalah satu tahap fundamental yang perlu anda lakukan dalam setiap bisnis. Karena dengan aktivitas riset pasar ini, anda akan menemukan bagian pasar mana yang ideal untuk produk anda. Tentu jika anda tidak menemukan pasar yang ideal, penjualan anda tidak akan sebanyak yang anda inginkan, atau bahkan lebih parahnya tidak mendapat penjualan karena tidak memiliki pelanggan yang berniat untuk membeli produk anda. Demikian bebarapa cara yang bisa anda praktekkan dalam melakukan riset pasar. Apabila anda membutuhkan beberapa informasi lebig detil tentang bagaimana cara melakukan riset pasar yang benar dan efektif. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900/081-8521172. Kami siap membantu anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp