Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

MINDSET ENTERPRENEUR SEBAGAI MODAL UTAMA DALAM BISNIS

The Best consultant business in Surabaya

MINDSET ENTERPRENEUR SEBAGAI MODAL UTAMA DALAM BISNIS

Pengusaha membantu meningkatkan pembangunan ekonomi, menciptakan lapangan kerja, dan menciptakan produk atau layanan yang dapat membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Menjadi pengusaha yang sukses membutuhkan pemikiran dan gagasan yang lebih besar dari kehidupan. Siapa pun dapat memunculkan ide baru, tetapi membangun bisnis yang sukses di sekitarnya adalah tantangan kewirausahaan. Pola pikir kewirausahaan adalah unik karena seseorang harus kreatif, komunikatif, dan bermotivasi tinggi untuk berhasil, namun terbuka terhadap risiko dan kegagalan. Seringkali keberhasilan atau kegagalan sebuah bisnis datang ke karakteristik pengusaha itu sendiri. Dibutuhkan kumpulan karakteristik yang unik untuk menggabungkan satu ide besar menjadi bisnis yang berkembang penuh. Apakah ada campuran keterampilan dan sifat tertentu yang memungkinkan beberapa wirausahawan menjadi sangat sukses? Jawabnya “Iya, tentu ada”. Dalam kesempatan kali ini, kami tim GroEdu International (Lembaga Konsultan Manajemen Usaha untuk kota Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Jogjakarta, Denpasar, Palembang, Medan, Makassar, Banjarmasin, Palangkaraya, Balik papan, Samarinda) akan membagikan artikel tentang kharakteristik seperti apa yang dimiliki oleh para entrepreneur, diantarnya adalah sebagai berikut.

Sikap Mental Positif
Sikap dan pandangan positif adalah suatu keharusan bagi pengusaha sukses. Pola pikir akan berpengaruh pada perjalanan dalam membangun sebuah bisnis. Pasalnya bisnis tidak dibangun semudah membalik telapak tangan. Diperlukan pandangan positif untuk menciptakan sebuah strategi yang tepat sasaran dan membentuk mental baja untuk mempersiapkan kemungkinan gagal. Pikiran negatif melemahkan gerak maju dan kemajuan perusahaan, belum lagi kemampuan manajemen untuk memimpin staf dan memotivasi karyawan. Bagian dari apa yang memberi pengusaha keberanian untuk menghadapi penurunan bisnis adalah kepositifan.
Menumbuhkan sikap positif bukan tentang menempelkan kepala anda di pasir dan mengabaikan hal-hal yang bisa salah, tetapi tentang belajar bagaimana mengubah mental tanggapan anda bahwa tidak ada gunanya berkubang dalam kesalahan. Salah satu cara untuk mengubah pandangan Anda adalah dengan melihat titik rasa sakit negatif dan bertanya “Bagaimana saya bisa memperbaiki ini secara aktif?” Dengan menjelajahi reaksi dan respons anda terhadap masalah yang dirasakan, anda akan segera belajar mengembangkan pendekatan positif untuk berubah. Orang positif memandang tantangan sebagai cara untuk meningkatkan dan belajar, jadi anda harus mencoba untuk fokus pada keterampilan ini.

Pola Pikir Kreatif
Pernahkah anda mendengar ada pepatah “kreativitas adalah ibu dari penemuan”? Pikirkan Steve Jobs dan iPhone. Edison dan bola lampu. Mark Zukenberg dan Facebook. Masing-masing penemuan inovatif ini tidak akan membuahkan hasil kalau bukan karena dosis sehat kreativitas kreatif.

Bahkan jika Anda tidak berada dalam industri “kreatif”, kreativitas diperlukan untuk kesuksesan wirausaha. Pikiran seorang wirausahawan selalu mencari ide dan inovasi baru. Siklus hidup dasar dari setiap produk wirausaha berasal dari konsepsi sebuah ide dan diikuti dengan mengubah ide itu menjadi produk atau layanan yang inovatif. Salah satu keuntungan menjadi bos adalah anda dapat mengekspresikan kreativitas setiap hari. Anda bisa mencoba taktik kreatif untuk meningkatkan bisnis anda dan membuat perubahan. Saat anda berusaha membangun perusahaan anda sendiri, anda dapat menerapkan pemikiran kreatif untuk penjualan, perekrutan, teknologi, dan lain sebagainya.

Kemampuan Komunikasi Persuasif
Pengusaha terbaik adalah individu yang persuasif. Kekuatan persuasi dapat membantu anda bernegosiasi, menutup penjualan, atau menciptakan harga yang lebih rendah pada persediaan yang anda perlukan. Belum lagi, orang yang persuasif cenderung menjadi pemimpin yang menginspirasi, dan mereka cenderung menjadi bos. Sementara beberapa orang lebih persuasif secara alami daripada yang lain, keterampilan komunikasi persuasif dapat dipelajari dan dipraktikkan. Belajar berkomunikasi dan mempresentasikan ide-ide anda akan menjadikan anda wirausaha yang lebih baik. Penelitian psikologis telah menunjukkan “aturan timbal balik” bisa sangat efektif dalam bisnis. Dasar-dasar aturan dalam bahasa sederhana adalah bahwa ketika seseorang membantu anda, dan anda harus memberikan bantuan sebagai balasannya. Cobalah untuk membuat kasus persuasif anda dengan “memberikan” sesuatu kepada orang yang anda coba bujuk. Anda bisa saja menutup transaksi atau melakukan penjualan.

Motivasi Intrinsik
Salah satu karakteristik wirausaha sukses adalah motivasi intrinsik, yang berarti anda termotivasi sendiri daripada melihat orang lain untuk mendorong anda melakukan sesuatu atau meminta pertanggungjawaban anda. Secara umum, mereka yang memiliki bisnis sendiri sangat termotivasi untuk berhasil. Mereka telah menuangkan keringat, dan air mata ke perusahaan mereka, dan mungkin benar-benar menggadaikan masa depan mereka untuk pertama kali nya dan berharap besar membuka pintu bisnis mereka. Memiliki banyak yang dipertaruhkan secara pribadi mendorong dorongan motivasi. Pngusaha sukses tahu bahwa tetap termotivasi adalah kunci untuk menjalankan perusahaan yang sukses. Langkah apa yang dapat Anda ambil untuk menjalankan dan memupuk motivasi ini?
Salah satu cara untuk tetap termotivasi dalam jangka panjang adalah dengan tetap fokus pada endgame atau gambaran besar yang anda miliki. Kemana tujuan perusahaan anda? Rencana apa yang anda miliki di masa depan untuk tumbuh dan berkembang? Bagaimana perusahaan anda masuk ke industri? Para ahli mengatakan bahwa merumuskan tujuan dan rencana jangka panjang membuat api motivasi tetap menyala.

Kegigihan Dan Kemampuan Untuk Belajar Dari Kegagalan
Ketika anda memulai bisnis, anda pasti berharap bisnis Anda akan sukses besar. Memang benar bahwa kesuksesan itu luar biasa, tetapi kegagalan adalah tempat pertumbuhan dan perubahan terjadi. Kunci untuk belajar dari kegagalan adalah dengan benar-benar belajar dan merangkul kesalahan anda sehingga mereka membuat anda lebih baik, bukan menghancurkan anda.
Kegagalan tidak bisa dihindari, tetapi akan ditentukan oleh reaksi anda terhadap kegagalan adalah apa yang perlu anda lakukan. Inilah cara mengolahnya dan menggunakan kegagalan anda untuk keluar bahkan lebih sukses dalam jangka panjang. Kegagalan bisnis seharusnya tidak membuat anda merasa malu. Lakukan yang terbaik untuk menghilangkan emosi dari kesalahan yang anda buat sebagai wirausahawan sehingga anda dapat secara logis mencari cara untuk memperbaiki diri dan perusahaan anda. Matikan pemikiran negatif anda dan belajarlah agar anda lebih tahu untuk langkah berikutnya.

Demikian artikel ini dan semoga bermanfaat untuk anda. jika anda membutuhkan informasi lenih lengkap tentang artikel diatas, konsultasi bisnis anda, bantuan membangun startup bisnis, atau strategi pemasaran bisnis anda. silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 0821 5298 2900 dan 0813 3309 9915. Kami siap membantu.

.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp