Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

MENGENAL PERAN ISO 14001 LINGKUNGAN DALAM PERUSAHAAN

The Best consultant business in Surabaya

MENGENAL PERAN ISO 14001 LINGKUNGAN DALAM PERUSAHAAN

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu International Consultant Lembaga Konsultan Bisnis Surabaya. Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Mengenal Peran ISO 14001 Dalam Perusahaan”.
Jika anda seorang pemilik dari sebuah perusahaan penting bagi anda untuk mengenal ISO 14001. Dengan penerapan ISO 14001 kredibilitas perusahaan anda akan semakin meningkat. Oleh karena itu jika anda belum mengenal apa itu ISO 14001, patut bagi anda untuk menyimak artikel ini hingga selesai. ISO 14001 adalah sebuah standar internasional yang mengatur perlindungan lingkungan di area perusahaan. Sebuah manajemen perusahaan yang memastikan agar proses produksi dari sebuah perusahaan tetap mengutamakan kondisi lingkungan, pencegahan pencemaran lingkungan, dan perbaikan lingkungan itu sendiri. ISO 14001 dapat dikombinasikan secara efektif dengan standar sistem manajemen lainnya khususnya, ISO 9001 yang sangat terkenal dan diakui secara global membantu menetapkan sistem manajemen yang lengkap bagi perusahaan untuk tidak hanya mencapai tujuan mereka tetapi juga menerapkan kebijakan perbaikan berkelanjutan. Berikut beberapa manfaat penerapan ISO 14001 dalam perusahaan.

Meningkatkan Citra Dan Kredibilitas Anda
Jika perusahaan anda telah menerapkan sertifikasi ISO 14001, maka ini jelas merupakan manfaat yang sangat luar biasa. Tetapi, bahkan jika itu bukan persyaratan formal, seringkali pelanggan, tetangga, dan komunitas lokal anda akan tertarik pada bagaimana anda peduli terhadap lingkungan di sekitar anda. Semakin, konsumen khawatir tentang praktik lingkungan dari perusahaan yang menghasilkan produk yang mereka gunakan. Salah satu cara untuk meyakinkan semua orang ini bahwa anda berkomitmen untuk mengelola dampak lingkungan anda adalah dengan memiliki sistem manajemen lingkungan yang dapat dibuktikan untuk mengidentifikasi dan mengendalikan dampak ini. Ini dapat meningkatkan citra anda, membantu anda mempertahankan citra publik yang baik, dan meningkatkan hubungan masyarakat yang dapat membantu meningkatkan pangsa pasar anda.

Peningkatan Kontrol Biaya
Semua perusahaan pasti ingin mengurangi biaya produksi mereka semaksimal mungkin. Ini adalah sebuah fakta kehidupan dalam ekonomi dunia saat ini. Tetapi anda mungkin bertanya-tanya bagaimana sistem manajemen lingkungan dapat membantu dengan pengendalian biaya. Manfaat ini tentu benar adanya. Pertama, sertifikasi ini akan menggunakan sistem untuk mengidentifikasi, mengendalikan, dan mengurangi jumlah insiden lingkungan yang dapat membebani perusahaan anda melalui biaya pertanggungjawaban berupa denda, pembersihan, dan reparasi. Kedua, anda dapat menggunakan aspek peningkatan sistem manajemen lingkungan untuk membantu mengurangi biaya dengan bekerja untuk menghemat energi dan bahan input yang dibutuhkan oleh proses perusahaan anda.

Peningkatan Proses Yang Lebih Cepat
Elemen peningkatan berkelanjutan yang merupakan bagian penting dari persyaratan ISO 14001 adalah dapat digunakan untuk membantu perusahaan anda bergerak dari peningkatan kecil menuju peningkatan yang lebih besar. Melalui proses yang sistematis, anda dapat membangun citra publik dengan lebih baik dan mengurangi biaya seperti yang diidentifikasi di atas, tetapi untuk terus melakukan hal ini dapat membantu karyawan anda menemukan cara baru dan lebih baik untuk mengurangi dampak lingkungan. Anda akan menghemat waktu dan sumber daya ketika mereka meningkatkan proses. Ketika orang-orang terlibat dalam sebuah sistem yang memanfaatkan mereka untuk bekerja menuju tujuan perbaikan bersama, mereka akan lebih terdorong untuk terlibat secara keseluruhan.

Mengurangi Pergantian Karyawan
Seperti yang baru saja disebutkan, karyawan yang terlibat dalam peningkatan perusahaan lebih banyak terlibat dalam aspek lain dari perusahaan. Jika ada pilihan antara bekerja untuk perusahaan yang menunjukkan kepedulian lingkungan sekitar mereka atau tidak, tentu sebagian besar orang lebih suka dengan perusahaan yang peduli terhadap lingkungan. Karyawan yang bekerja di perusahaan yang peduli lingkungan akan sering memiliki peningkatan fokus dan retensi mereka. Sehingga akan lebih mudah dan murah untuk mempertahankan karyawan daripada merekrut dan melatih karyawan baru.

Tentu saja, alasan utama untuk menerapkan sistem manajemen lingkungan menggunakan persyaratan ISO 14001 adalah untuk membantu lingkungan dengan mengurangi dampak negatif dan mengurangi jejak lingkungan perusahaan.

Demikian artikel dari kami tentang ISO 14001. Terimakasih sudah berkunjung ke website kami dan semoga manfaat. Jika anda ingin lebih tahu tentang ISO 14001, perlu bantuan untuk ISO 14001, atau bantuan untuk ISO yang lain. Silahkan langsung hubungi kami ke email groedu@gmail.com atau langsung ke no whatsapp kami 081-252-982900. Kami siap membantu.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp