Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

MENGENAL PENTINGNYA PENERAPAN MANAJEMEN OPERASIONAL PADA PERUSAHAAN

The Best consultant business in Surabaya

MENGENAL PENTINGNYA PENERAPAN MANAJEMEN OPERASIONAL PADA PERUSAHAAN

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya oleh berbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Mengenal Pentingnya Penerapan Manajemen Operasional Pada Perusahaan”.
Manajemen operasional merupakan administrasi praktik bisnis yang bertujuan untuk memastikan efisiensi maksimum dalam bisnis, yang pada gilirannya membantu meningkatkan profitabilitas. Ini melibatkan sumber daya dari staf, bahan, peralatan, dan teknologi, mengubah input menjadi output yang efisien dan efektif baik pada tingkat sehari-hari maupun strategis dalam suatu organisasi. Sebagian besar perusahaan bisnis akan fokus pada tujuan yang sangat spesifik misal dari segi pemasaran berarti bertujuan untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan melalui penjualan. Jika dalam segi SDM, maka apa saja yang perlu dilakukan agar dapat membuat karyawan anda nyaman bekerja dengan anda, dan lain sebagainya.
Disisi lain manajemen operasional akan terlibat dalam pengaturan bagaimana perusahaan akan mendapat hasil maksimal dari sumber daya perusahaan yang dimiliki. Tentu hal ini akan berhubungan dengan berbagai aspek. Misal dalam aspek karyawan maka bagaimana kinerja karyawan dalam melakukan segala aktivitas pekerjaannya. Aspek teknologi, bagaimana cara menghasilkan sebuah produk yang berkualitas namun tetap mengutamakan efisiensi sumber daya yang ada. Aspek peralatan, bagaimana agar dapat membantu karyawan melakukan lebih banyak pekerjaan dengan mudah dan tepat guna. Dan berbagai aspek lainnya.
Seperti yang sudah anda ketahui, bahwa manajemen operasional ini akan bertanggungjawab dalam banyak bidang yang berbeda. Karenanya, penting anda untuk memilih SDM operasional dengan latar belakang baik dan disiplin dalam berbagai cabang ilmu, mulai dari manufaktur hingga manajemen SDM.
Tergantung pada perusahaan, manajer operasi dapat bertanggung jawab untuk banyak hal yang berbeda. Tidak seperti posisi eksekutif lainnya yang hanya bertanggung jawab pada satu fokus departemen saja. Sedangkan manajemen operasional akan bertanggung jawab pada banyak departemen (lintas departemen). Dalam kebanyakan kasus, pekerjaan mereka adalah sebagai berikut.

• Desain Proses. Mencari tahu langkah-langkah tepat yang perlu dilakukan agar dapat mencapai tujuan perusahaan. Ini bisa berarti membantu merencanakan proyek satu kali atau membuat prosedur untuk pekerjaan yang berulang. Misalnya, membuat timeline untuk pengembangan beberapa perangkat lunak bagi klien. Membuat prosedur orientasi karyawan yang terstruktur, sehingga didapatkan keseluruhan orientasi yang lebih efisien.
• Manajemen Standar. Membantu menciptakan dan mengoptimalkan anggaran, menjadwalkan pemeliharaan peralatan, memastikan bahwa karyawan mengikuti prosedur standar, dll.
• Peningkatan dan Optimalisasi Proses. Sebagian besar bisnis yang anda jalankan saat ini akan lebih berpotensi untuk mendapatkan lebih banyak hasil jika anda terus menerus memeriksa dan memantau proses anda. Dalam hal ini, manajer operasional seharusnya memastikan bahwa semua proses anda berjalan sebaik mungkin.

Dalam perusahaan yang lebih kecil, dengan tingkat operasi yang lebih sederhana sederhana dan mudah. Tentu setiap orang bisa mengambil peran untuk mengelola proses agar semuanya berjalan lancar. Namun jika perusahaannya sudah menjadi besar, yang mana sudah memiliki lebih dari 20 karyawan, saat itulah segalanya mulai menjadi rumit. Anda tidak bisa hanya mengandalkan setiap karyawan anda untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Sehingga anda harus memiliki prosedur standar untuk memastikan semua operasi berjalan dengan baik. Untuk itulah perlunya penerapan manajemen operasional. Berikut adalah manfaat dari penerapan manajemen operasional.
• Output yang Lebih Baik. Manajer operasi mengoptimalkan dan meningkatkan proses yang berdampak besar pada produk atau layanan. Ini biasanya mengarah pada output yang lebih tinggi, tingkat cacat yang lebih rendah, biaya yang lebih rendah, dan sebagainya.
• Keunggulan Kompetitif. Output yang lebih baik mengarah pada produk atau layanan yang lebih baik. Ini memungkinkan perusahaan anda akan lebih menonjol dari perusahaan lain dan berpotensial untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan baru.
• Profit Lebih Tinggi. Sebagai kombinasi dari dua yang pertama, pada akhirnya anda akan dapat meningkatkan profit perusahaan dan menghasilkan lebih banyak omset.

Demikian artikel kami tentang manajemen operasional untuk meningkatkan profit anda. Terimakasih atas kunjungan anda ke website kami dan semoga artikel ini bermanfaat bagi anda para pembaca. Jika ingin mengetahui lebih detil tentang artikel ini, konsultasi strategi manajemen oprasional, supply chain management pada bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung hubungi kami dengan nomor Whatsapp  081-252-982900. Kami siap membantu.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp