Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

MEMBUTUHKAN BIMBINGAN ISO 9001 : 2015, CALL 081-252982900

The Best consultant business in Surabaya

MEMBUTUHKAN BIMBINGAN ISO 9001 : 2015, CALL 081-252982900

PENJELASAN DAN GAMBARAN UMUM TENTANG SISTEM MANAJEMEN MUTU INTERNAL ORGANISASI PERUSAHAAN

Sistem Manajemen Mutu, atau yang paling sering disebut sebagai SMM merupakan serangkaian peraturan-peraturan internal yang lebih banyak didefinisikan sebagai sekumpulan kebijakan-kebijakan, proses, prosedur-prosedur dan juga catatan-catatan yang sudah serba terdokumentasi. Sistem seperti ini lebih mendefinisikan tentang bagaimana sebuah perusahaan akan mampu dalam hal mencapaian pembuatan dan penyampaian produk atau berupa layanan-layanan yang selama ini sudah mereka berikan terhadap para pelanggan mereka.

Pada saat sistem seperti ini sudah benar-benar diimplementasikan terhadap internal organisasi perusahaan Anda, maka SMM perlu untuk secara lebih spesifik lagi tentang prosedur-prosedur dan proses terhadap suatu produk atau layanan yang selama ini sudah Anda berikan terhadap pelanggan, jadi menjadi sangat penting artinya untuk menyesuaikannya dengan apa yang menjadi kebutuhan Anda dan perusahaan. Namun, untuk membantu dalam hal memastikan bahwa terdapat sistem ISO 9001 (Quality Management System-Requirements), seperti yang sudah dimaksudkan disini adalah bertujuan untuk membantu dalam hal standarisasi tentang bagaimana SMM tersebut telah benar-benar dirancang dengan berbagai pembaharuan-pembaharuan yang terus berkelanjutan.

Gambaran Umum Tentang Sistem Manajemen Mutu Internal Organisasi Perusahaan

Proses dari Sistem Manajemen Mutu yang dimulai dengan tahap dari perencanaan manajemen awal dari sebuah perusahaan, yang bertujuan untuk menentukan kemana arah perusahaan tersebut akan berjalan, termasuk juga tentang produk atau layanan seperti apa saja yang nantinya akan ditawarkan oleh internal organisasi perusahaan terhadap para pelanggannya. Sistem yang kemudian akan menangani seluruh proses seperti apa saja yang banyak dibutuhkan, mulai dari bahan, input, proses, output, sampai barang jadi, mulai dari proses penawaran dan juga penjualan produk atau berupa layanan dan pada akhirnya untuk pengiriman produk atau layanan terhadap para pelanggannya.

Selain itu, proses untuk dukungan dalam hal ini memang harus lebih banyak dikendalikan sebagai salah satu bagian terpenting dari sistem itu sendiri. Dan hal ini juga termasuk dalam hal mengelola sumber daya seperti halnya manusia dan berbagai macam infrastruktur serta lingkungan pendukung lainnya, mekanisme untuk mengendalikan dokumen (rekaman & catatan), serta dokumen-dokumen lainnya yang bertujuan untuk menentukan tentang bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk mengendalikan produk atau layanan jasa yang masih belum memenuhi persyaratan.

Dan pada akhirnya, proses yang sudah menjadi sebagai salah satu bagian terpenting dari SMM yang memang secara khusus dirancang untuk memantau bagaimana proses sistem dan lebih mengarah kepada perbaikan-perbaikan yang terus berkelanjutan. Proses semacam ini sudah mencakup seputar metode bagaimana untuk mengaudit dari proses sistem, tata cara dalam hal menerapkan tindakan-tindakan perbaikan dan juga berupa pencegahan terhadap masalah-masalah yang sudah terjadi dan tentang bagaimana tatacara bagi pihak manajemen dalam meninjau dan memastikan bahwa sistem tersebut sudah sesuai dengan standar persyaratan agar bisa terpenuhi seluruhnya dan rencana yang sebelumnya sudah dibuat untuk perbaikan-perbaikan yang terus dilakukan secara berkelanjutan.

Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa sistem Anda sudah mencakup semua dari proses yang masih berlaku adalah lebih mengacu kepada seperangkat standar persyaratan-persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu. Standar ISO 9001 adalah berupa seperangkat persyaratan-persyaratan yang mendefinisikan dan menguraikan seputar semua kebijakan, proses, prosedur terdokumentasi dan berupa catatan-catatan yang masih diperlukan untuk SMM yang lebih optimal, dan dapat juga digunakan serta disesuaikan untuk berbagai macam kebutuhan internal organisasi perusahaan yang bergerak dalam bidang apapun.

Tantangan-Tantangan Terberat dalam Pengembangan SMM

Pengembangan Sistem Manajemen Mutu (SMM) memiliki beberapa macam aspek yang cukup menantang. Salah satunya adalah untuk mengatasi terjadinya kesalahpahaman tentang cara berpikir bahwa SMM hanya lebih mengacu kepada proses seperti yang selama ini banyak diprediksikan hanya untuk sekedar menangani inspeksi dan disposisi dari produk yang sama sekali tidak sesuai, yang lebih sering ditujukan kepada setiap anggota departemen kontrol. Sistem seperti itu juga hanya akan mengelola seputar inspeksi produk, namun tidak mampu menjangkau untuk pengelolaan input yang akan membantu suatu produk atau layanan agar bisa benar-benar sesuai seperti apa yang sudah direncakan, pertama-tama adalah dengan cara mencoba untuk memeriksa bagaimana kualitas dari suatu produk atau layanan tersebut.

Setelah hal seperti ini mampu teratasi, maka tantangan terbesar selanjutnya adalah dalam hal menunjukkan komitmen dari pihak manajemen dengan cara menerapkan kebijakan-kebijakan dari atas ke bawah dan mengkomunikasikannya kepada semua tingkat internal organisasi perusahaan. Dan selanjutnya SMM akan dapat dibuat untuk bekerja sebagai satu metode khusus dalam memastikan bahwa semua persyaratan-persyaratan yang masih diperlukan akan ditetapkan dan harus dipenuhi, serta dilakukan perbaikan-perbaikan yang berkelanjutan.

Nah, itulah sedikit penjelasan tentang bagaimana gambaran secara umum tentang sistem manajemen mutu internal organisasi perusahaan. Semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian, apabila anda ingin merapikan manajemen, dan mengikuti standard ISO, silahkan hubungi kami di groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau kontak 081-252982900. Kami siap membantu!

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp