Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

LAPORAN KEUANGAN DASAR DALAM BISNIS YANG PERLU ANDA KETAHUI

The Best consultant business in Surabaya

LAPORAN KEUANGAN DASAR DALAM BISNIS YANG PERLU ANDA KETAHUI

Bertemu kembali dengan kami tim GroEdu International Consultant (Lembaga Konsultan bisnis yang sudah dipercaya diberbagai kota besar diantaranya Surabaya, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogjakarta, Denpasar, Palembang, Banjarmasin, Palangkaraya, Balikpapan, Makassar, dan kota besar lainnya). Pada kesempatan kali ini, kami akan menulis artikel tentang “Laporan Keuangan Dasar Dalam Bisnis Yang Perlu Anda Ketahui”.
Jika anda seorang pemilik sebuah bisnis, patut bagi anda untuk memahami pentingnya menjaga informasi keuangan yang terorganisir. Anda mungkin juga tahu bahwa pembukuan bisa menjadi alasan bisnis anda tetap berjalan. Jika sangat menginginkan agar bisnis anda dapat berkembang pesat, maka memahami laporan keuangan akuntansi dasar akan sangat membantu anda. Berikut tiga laporan dasar yang perlu anda ketahui.

Laporan Laba Rugi
Laporan laba rugi berfungsi untuk menunjukkan laba bersih atau rugi bersih yang anda dapatkan selama berbisnis. Jenis laporan ini akan mencatat semua uang masuk (pendapatan) dan semua uang keluar (pengeluaran). Ketika pengeluaran melebihi pendapatan, laporan laba rugi akan menunjukkan rugi bersih. Laporan laba rugi dipecah menjadi biaya operasional dan non-operasional. Biaya operasional mencakup hal-hal seperti iklan dan sewa untuk ruang kantor. Biaya non-operasional dapat mencakup pembelian satu kali dan bunga atas uang pinjaman.

Neraca Keuangan
Neraca merupakan salah satu dari laporan keuangan dasar yang mengandung aset, kewajiban, dan ekuitas pemilik atau pemegang saham. Aset termasuk uang tunai, properti, inventaris, dan apa pun yang dimiliki oleh perusahaan. Kewajiban dan ekuitas terdaftar di sisi kanan. Kewajiban mencakup hutang dagang atau jenis pembayaran apa pun yang dilakukan dengan pinjaman jangka panjang. Ekuitas pemilik atau pemegang saham ditetapkan ketika jumlah liabilitas dikurangi dari jumlah aset.

Laporan Arus Kas
Laporan keuangan berikutnya adalah laporan arus kas. Jumlah kategori pada laporan ini akan berbeda pada setiap perusahaan, bergantung pada ukuran perusahaan. Pada perusahaan besar, kategorinya meliputi kegiatan operasi, aktivitas investasi, aktivitas pendanaan, dan informasi suplemen. Sedangkan pada perusahaan kecil hanya ada dua kategori yaitu arus kas masuk dan arus kas keluar. Prinsip dasar dari laporan arus kas adalah untuk mengetahui dan memahami dengan tepat dari mana uang mengalir dan ke mana ia mengalir. Ini memungkinkan perusahaan untuk melihat apakah mereka membelanjakan lebih dari yang mereka dapatkan atau sebaliknya. Jika jumlah uang tunai secara konsisten lebih dari pendapatan bersih, itu berarti laba bersih perusahaan sangat bagus.
Itu lah tiga laporan dasar keuangan yang anda perlukan untuk mengelola keuangan bisnis anda. Jika anda merasa tidak punya waktu untuk mengerjakannya anda bisa menggunakan jasa layanan online. Jika anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya untuk menyewa jasa layanan online, anda bisa menggunakan layanan jasa konsultan. Anda bisa belajar banyak hal dari konsultanyang berpengalaman.

Demikian artikel tentang laporan dasar akuntansi. Terimakasih atas kunjungan anda ke website kami dan semoga bermafaat. Jika anda ingin lebih tahu tentang artikel diatas, konsultansi laporan akuntansi, aplikasi software accounting, hak akses Fitur Software accounting, Internal Audit & Fraud detection, Analisis Laporan Keuangan, Training Software accounting, Penyusunan Budgeting per Departemen, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com atau langsung hubungi kami melalui nomor whatsapp 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp