Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

KIAT MENGHINDARI KESALAHAN PENGIRIMAN YANG UMUM TERJADI

The Best consultant business in Surabaya

KIAT MENGHINDARI KESALAHAN PENGIRIMAN YANG UMUM TERJADI

Menjalankan bisnis e-commerce bisa menjadi mahal jika pengelolaan pengiriman Anda begitu buruk. Untuk ini, Anda perlu melakukan riset untuk mengetahui di mana Anda dapat mengurangi biaya dan membelanjakan uang Anda di tempat yang paling berharga tanpa kesalahan yang tidak perlu. Kesalahan pengiriman adalah salah satu kesalahan paling umum yang dapat membahayakan bisnis, tetapi kesalahan ini dapat dengan mudah dihindari dengan persiapan yang tepat. Berikut adalah kesalahan pengiriman paling mahal yang harus dihindari, dan bagaimana Anda dapat mencegahnya memengaruhi bisnis Anda.

Salah Ukuran Kemasan
Cara Anda mengemas produk merupakan hal penting bagi pelanggan Anda. Pertama-tama, jika Anda menjejalkan terlalu banyak barang ke dalam satu kotak, Anda berisiko menghancurkan barang-barang tersebut saat pengiriman. Atau, jika Anda menggunakan kotak yang terlalu besar, cara ini pun tidak begitu solutif jika barang yang Anda kirim adalah barang berukuran kecil.
Ukuran kemasan juga penting bagi Anda—kemasan yang lebih besar memungkinkan produksi produk Anda lebih baik, tetapi biaya pembelian dan pengirimannya lebih mahal. Saat Anda bersiap untuk mengirimkan produk, pastikan Anda memiliki berbagai ukuran kotak yang tersedia untuk mengurangi biaya bahan dan memberikan kinerja maksimal.

Kehabisan Bahan Pengemasan
Mengelola bisnis e-commerce Anda sendiri adalah ide yang bagus jika Anda dapat menangani pertumbuhan, tetapi kebanyakan orang pada akhirnya akan mencari layanan dari luar untuk membantu mereka berkembang. Anda mungkin memiliki banyak persediaan dan mungkin menggunakan teknologi yang sesuai untuk mengelola data Anda, tetapi kehabisan bahan pengepakan adalah kesalahan sederhana yang dapat menghabiskan waktu dan uang Anda. Anda mungkin memerlukan ribuan kotak dan label, selotip, bungkus gelembung, dan bahan kemasan lainnya untuk mengirimkan pesanan tepat waktu selama musim ramai atau saat produk sedang tren, jadi jika Anda tidak dapat mempersiapkan sebelumnya, Anda berisiko terlambat mengirim dan membuang waktu saat memesan ulang persediaan. Mitra logistik pihak ketiga akan memiliki pengukuran yang tepat untuk mempersiapkan puncak dan akan selalu memiliki koneksi cepat untuk bahan pengepakan, sehingga Anda tidak akan pernah mengalami masalah ini.

Membayar lebih untuk Pengiriman
Menawarkan pengiriman gratis kepada pelanggan Anda adalah cara yang bagus untuk meningkatkan tingkat konversi. Namun, Anda perlu memastikan bahwa Anda menghasilkan cukup dari setiap pesanan untuk mencegah hilangnya pendapatan. Bekerja dengan mitra logistik dapat membantu Anda menghemat uang untuk pengiriman, karena mereka akan memiliki akses ke tarif operator yang lebih baik dan bahkan diskon. Ketika Anda membagikan informasi tentang tarif pengiriman Anda kepada pelanggan Anda, pastikan itu jelas dan dapat dimengerti untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda.

Baca juga artikel tentang : PENTINGNYA VALIDASI ITEM UNTUK PENGIRIMAN YANG SUKSES

Salah Memberikan Label
Jika gudang Anda tidak menggabungkan teknologi di zaman sekarang ini, Anda berada dalam masalah. Teknologi menawarkan keuntungan penghematan waktu dan penghematan biaya yang luar biasa untuk mengurangi kesalahan di sepanjang setiap langkah rantai pasokan. Misalnya, ini memungkinkan Anda untuk memindai kode batang pada paket dan mencetak label pengiriman yang sesuai. Pemrosesan otomatis ini menghemat waktu, mencegah biaya, dan memastikan pengiriman yang akurat.

Salah Tulis Alamat
Mengirimkan produk Anda ke pelanggan yang salah karena kesalahan data atau entri alamat yang salah bisa menjadi masalah serius. Ini menunjukkan kepada pelanggan Anda bahwa Anda tidak profesional dan tidak terorganisir, dan ketika pelanggan menyadari bahwa mereka masih belum menerima pesanan mereka dan pesanannya salah tempat, Anda berisiko kehilangan bisnis yang berharga. Sistem verifikasi alamat sangat penting dalam e-niaga karena mereka memeriksa dan mengoreksi informasi pelanggan yang salah eja untuk memastikan pengiriman dikirim ke lokasi yang tepat setiap saat.

Memilih Operator Pengiriman yang Salah
Sangat penting untuk meluangkan waktu Anda dan mempertimbangkan dengan cermat pilihan Anda sebelum memilih operator pengiriman Anda. Secara impulsif memilih operator yang salah dapat berarti biaya pengiriman yang besar dan kuat yang menguras keuntungan Anda. Tanyakan pada diri Anda sendiri apakah bisnis Anda mampu memiliki beberapa operator pengiriman, tergantung pada lokasi pelanggan Anda dan jenis produk yang Anda kirim. Pilihan lainnya adalah bermitra dengan perusahaan logistik pihak ketiga yang memiliki banyak gudang di seluruh area target Anda dan yang menyediakan pengirimannya sendiri. Layanan ini mungkin tampak lebih mahal di muka, tetapi jumlah layanan dan akses yang Anda terima akan terbayar dalam jangka panjang.

Akhir Kata
Apakah Anda pernah mengalami kesalahan-kesalahan yang sudah kami sebutkan tadi? Persiapan adalah cara jitu untuk mencegah pendapatan dan kehilangan pelanggan karena kesalahan yang tidak perlu. Solusi yang bisa Anda berikan untuk mengatasi kesalahan ini adalah penerapan teknologi yang memadai serta memutuskan untuk menyewa jasa logistic yang berkompeten. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp