Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

KIAT MEMPERTAHANKAN KARYAWAN AGAR TETAP TERLIBAT DALAM SETIAP OPERASI PERUSAHAAN MESKI DARI JARAK JAUH

The Best consultant business in Surabaya

KIAT MEMPERTAHANKAN KARYAWAN AGAR TETAP TERLIBAT DALAM SETIAP OPERASI PERUSAHAAN MESKI DARI JARAK JAUH

Pandemi telah membuat banyak organisasi mengubah cara kerjanya. Untuk menjaga hal-hal tetap berjalan, organisasi harus memindahkan karyawan mereka untuk bekerja sepenuhnya dari jarak jauh. Perusahaan harus membuat penyesuaian cepat ketika pandemi melanda. Tetapi tidak ada perusahaan yang dapat meramalkan bahwa banyak tim akan berada jauh hingga pertengahan 2021.
Hal ini menimbulkan banyak tantangan bagi perusahaan dan karyawan yang tidak pernah menghadapi kendala semacam ini. Ada banyak tantangan yang terkait dengan karyawan yang bekerja di rumah. Salah satu tantangan terbesar dari skenario ini adalah membuat mereka tetap terlibat dan terhubung dalam jangka panjang.
Ketika karyawan Anda bekerja di rumah dan berada jauh secara fisik, terkadang mereka kehilangan sentuhan berada di tempat kerja karena interaksi yang biasa dan ikatan tim mungkin tidak ada untuk mendorong dan memotivasi mereka dalam jangka panjang. Sangat mudah bagi seorang karyawan untuk bekerja dari jarak jauh dari rumah tetapi sulit untuk membuat mereka tetap terlibat dan fokus dalam pengaturan tim. Berikut ini beberapa kiat yang bisa membantu Anda untuk membuat karyawan anda tetap terlibat.

• Peralatan Kantor
Jika Anda membuat mereka membeli barang-barang yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka sendiri, mereka mungkin tidak merasa termotivasi untuk pekerjaan mereka. Anda harus memberi mereka aksesori kantor dasar yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan dengan benar. Ini mungkin termasuk laptop, keyboard, meja, papan tulis, dll. Anda dapat mengirimkannya kepada mereka atau Anda dapat meminta mereka untuk membeli barang dari rekening kantor. Bagaimanapun, mereka akan antusias dan termotivasi untuk bekerja dengan Anda setelah gerakan ini.

• Menetapkan Tujuan
Anda perlu memastikan bahwa supervisor sedang online dengan karyawan. Mereka harus memberi tahu karyawan tentang tujuan, tugas jangka pendek dan jangka panjang, dan hal lain yang harus mereka ketahui adalah bagian dari proyek tertentu. Manajer harus mendorong mereka untuk mempercepat tugas, berkomunikasi sebanyak yang mereka bisa, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat kerja. Pertemuan mingguan akan menjadi ide yang bagus untuk menyadarkan semua orang. Saya sarankan agar tim Anda menggunakan metode SMART saat membuat tujuan tim atau pribadi.

• Memiliki Dialog Terbuka & Jujur
Jika Anda ingin mereka merasa terlibat dalam lingkungan kerja, biarkan mereka mengutarakan pikirannya. Bersamaan dengan mereka berbagi tugas, tujuan, dan mendapatkan laporan dari mereka, penting untuk membiarkan mereka berbicara kapan pun mereka harus dan kapan pun mereka mau. Jika mereka terbuka tentang ide dan cara baru, itu adalah cara menganalisis kepribadian mereka, mengetahui keterampilan mereka, dan dengan demikian membuat mereka termotivasi.

• Memperkenalkan Saluran Komunikasi
Perkenalkan mereka pada alat komunikasi (seperti slack) yang digunakan di kantor dan dapat digunakan untuk berkomunikasi satu sama lain. Buat mereka terbiasa dengan peralatan kantor sehingga mereka tahu bahwa mereka dapat menghubungi siapa pun dengan mudah. Ini bisa berupa perangkat lunak konferensi video, email, alat perpesanan, alat manajemen proyek, dan lainnya. Tim saya menggunakan saluran Slack dan panggilan tim Zoom untuk tetap terlibat sepanjang minggu.

• Rapat Tim
Untuk keterlibatan karyawan yang lebih baik, mereka harus tahu bahwa mereka penting. Pertemuan dan panggilan kelompok bagus untuk diskusi tugas dan tujuan secara keseluruhan, tetapi ketika harus mendistribusikan pekerjaan dan membuat mereka memahami peran khusus mereka, Anda dapat mengadakan pertemuan langsung dengan mereka. Anda dapat menjadwalkan pertemuan triwulanan dengan masing-masing karyawan untuk membuat mereka tahu bahwa Anda tahu apa yang terjadi dengan karyawan Anda.

• Manajer harus Proaktif
Sebagai seorang manajer atau supervisor, Anda perlu membuat diri Anda tersedia. Lebih dari sekadar bersedia, Anda dapat menjadi proaktif dan sering mengajukan pertanyaan untuk membuat mereka berbagi hal-hal yang tidak ingin mereka diskusikan dengan mudah. Ada beberapa hal yang ingin dibicarakan oleh karyawan tetapi mereka tidak melakukannya karena mereka tidak dapat memutuskan kapan dan bagaimana membicarakannya. Anda dapat sering menanyakan beberapa pertanyaan seperti, ‘Bagaimana kami dapat membuat Anda lebih produktif?’

• Pertumbuhan karir
Pekerjaan jarak jauh seharusnya tidak berarti bahwa segala sesuatunya tidak akan bergerak maju seperti seharusnya. Jika Anda akan mengumumkan promosi, ini seharusnya tidak menghentikan Anda dari melakukannya. Meskipun butuh waktu untuk bangkit kembali ketika Anda dilanda pandemi seperti itu, begitu Anda berhasil dalam pekerjaan, Anda harus memberikan peluang pertumbuhan karier kepada karyawan. Mereka berhak untuk maju karena mereka juga memberikan yang terbaik dari rumah.

• Memberi Umpan Balik Tim
Untuk membuat mereka tetap terlibat, umpan balik sangat penting. Studi telah membuktikan bahwa karyawan suka menerima umpan balik harian atau mingguan untuk menganalisis posisi mereka dan perbaikan apa yang harus dilakukan dalam kinerja. Selain itu, ini adalah cara yang bagus untuk mendorong kolaborasi dan komunikasi di antara sesama. Anda juga dapat memulai program penghargaan dan pengakuan untuk memberikan umpan balik yang lebih baik kepada karyawan.

• Latih Manajer Anda
Agar tim jarak jauh menjadi produktif dan terlibat, manajer dan penyelia perlu memahami peran mereka. Sekitar 56% karyawan menyatakan bahwa mereka berharap manajer mereka dapat lebih beradaptasi dengan lingkungan kerja jarak jauh. Untuk menghindari gangguan seperti itu, yang terbaik adalah melatih manajer dan supervisor Anda sesuai dengan perubahan lingkungan sehingga mereka dapat menangani tim mereka dengan lebih baik.

Menjaga karyawan tetap terlibat adalah faktor terpenting yang penting untuk membuat perusahaan Anda maju. Dengan pandemi yang terjadi di sekitar dan dengan kebutuhan akan tenaga kerja jarak jauh, Anda harus menyesuaikan diri dengan itu. Anda harus berinteraksi dengan karyawan Anda secara berbeda untuk memastikan mereka berada di dewan yang sama dengan Anda dalam hal menjadi produktif bagi perusahaan.
Semoga artikel di atas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan bimbingan lebih lanjut mengenai SDM dan jasa rekrut SDM silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap membantu anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp