Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

KESALAHAN UTAMA DALAM MANAJEMEN GUDANG

The Best consultant business in Surabaya

KESALAHAN UTAMA DALAM MANAJEMEN GUDANG

Pengelolaan Gudang bergantung pada sifat rantai pasokan dan gudang itu sendiri. Namun, ada prinsip-prinsip umum tertentu yang ada, dan harus diterapkan kapan pun diperlukan. Sebaliknya, Anda harus menghindari kesalahan dalam pengelolaan gudang yang akan membebani efisiensi bisnis Anda.
Untuk membantu Anda tetap up-to-date tentang bagaimana gudang Anda harus dikelola, dan memastikan bahwa fasilitas Anda tidak menghasilkan biaya yang tidak semestinya dalam rantai pasokan Anda, perhatikan delapan kesalahan paling umum. Jika Anda dapat mengidentifikasi tanda-tanda bahwa ada masalah yang ada, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki arah yang diambil.
Jika, di sisi lain, gudang Anda tidak mengalami salah satu dari masalah ini, selalu merupakan ide yang baik untuk mencatat dan waspada.

1. MENGURANGI PERSEDIAAN BERLEBIHAN
Meskipun kita semua tahu bahwa mengurangi inventaris adalah praktik yang baik, menetapkan ambang batas stok minimum, menyimpan terlalu banyak sering kali merupakan salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan oleh perusahaan rantai pasokan di seluruh dunia.
Dari semua perusahaan, pedagang grosir adalah yang paling mungkin jatuh ke dalam perangkap ini, seringkali karena membeli terlalu banyak unit dari satu produk untuk memanfaatkan diskon volume.

2. JANGAN MENGOPTIMALKAN JALAN SELEKSI
Kesalahan manajemen gudang umum lainnya adalah mengabaikan pentingnya merencanakan rute pengambilan yang efektif. Akibatnya, tingkat pengambilan Anda akan terpengaruh, yang akan memengaruhi tingkat pengambilan Anda.
Pada gilirannya, ini dapat memengaruhi waktu siklus rantai pasokan dan menyebabkan biaya tenaga kerja yang berlebihan.
Operator gudang harus dapat menyelesaikan setiap tindakan pengambilan di lokasi yang dekat dengan area pengiriman gudang. Tidak selalu mudah untuk merencanakan jenis rute ini di dalam gudang, tetapi sangat penting untuk mempertimbangkan cara meningkatkannya.

3. MENGGANTI KERTAS, KESALAHAN LAIN DALAM MANAJEMEN GUDANG
Kita hidup di era tanpa kertas, jadi berpegang teguh pada alur kerja yang tidak efektif adalah salah satu kesalahan manajemen gudang yang umum di banyak perusahaan kecil.
Meskipun tampaknya bisnis Anda lebih baik menjaga hal-hal sesederhana mungkin hanya dengan beberapa proses kertas, pada kenyataannya, efeknya adalah sebaliknya: itu menghambat operasi Anda dan membuat Anda terkena penundaan karena dokumen yang hilang atau salah tempat.
Namun, bukan berarti Anda harus berinvestasi dalam sistem manajemen gudang yang mahal dan terlalu rumit.
Ada banyak aplikasi perangkat lunak yang sederhana namun efektif. Dengan menghilangkan proses berbasis kertas Anda, Anda akan menghemat uang untuk bahan habis pakai dan juga membantu lingkungan.

4. KURANGNYA PERHATIAN TERHADAP TUGAS PEMELIHARAAN
Dermaga pemuatan yang berantakan, lorong-lorong yang penuh dengan palet yang tidak terpakai, dan benda-benda yang mengganggu atau bahkan menyebabkan kecelakaan. Semua keadaan ini adalah tanda-tanda gudang yang tidak menerima perawatan yang layak.
Selain implikasi keamanan, gudang tanpa perawatan yang tepat adalah gudang yang tidak efisien. Kekacauan menghalangi aliran orang dan barang melalui fasilitas, mengurangi produktivitas.
Untuk menghilangkan kekacauan, gunakan rutinitas pembersihan yang ketat di akhir setiap shift. Ini adalah waktu terbaik untuk merapikan dan membersihkan karena memungkinkan orang berikutnya untuk segera memulai aktivitasnya tanpa penundaan.

5. MANAJEMEN KEAMANAN YANG TIDAK MEMADAI
Gudang yang teratur tidak harus menjadi gudang yang aman. Manajemen keselamatan yang baik adalah tentang mencari bahaya yang dapat mengancam karyawan. Sering dianggap bahwa selama karyawan tidak mengalami kecelakaan, tidak ada yang terjadi.
Ini adalah kesalahan yang umum dan sering dihindari karena ketika seseorang mengalami kecelakaan, akibatnya bisa fatal.
Gudang pada dasarnya adalah lingkungan kerja yang berbahaya, jadi membiasakan diri menganalisis kecelakaan dan “nyaris celaka”, penyebab dan menerapkan tindakan yang diperlukan untuk menghilangkannya, dapat mengurangi biaya dan mungkin menyelamatkan Anda dari beberapa kecelakaan serius bagi karyawan Anda.

6. MENGABAIKAN PROSES PENERIMAAN BARANG
Ketika tekanan meningkat agar pesanan dikirim tepat waktu, operasi masuk dapat diabaikan. Pada kenyataannya, peran penerimaan barang sangat penting untuk pergudangan yang efisien dan oleh karena itu, tidak boleh diabaikan.
Untuk memastikan bahwa proses penerimaan barang Anda efisien, gunakan staf yang berdedikasi.

7. MENGABAIKAN PENGEMBANGAN STAF
Anggaran yang ketat terkadang membuat kegiatan pelatihan dan pengembangan tidak mendapatkan prioritas yang layak. Namun, karyawan Anda adalah aset terpenting Anda. Jika kita tidak mengidentifikasi kebutuhan pengembangan dan memberikan peluang untuk pertumbuhan, hasil yang paling mungkin adalah peningkatan pergantian staf.
Biayanya jauh lebih sedikit untuk membuat karyawan tetap termotivasi dan terlibat daripada merekrut profesional baru. Ingatlah untuk meluangkan waktu dan sumber daya untuk pelatihan dan pengembangan staf karyawan, bahkan jika itu berarti mempekerjakan staf sementara sehingga karyawan tetap Anda dapat dilatih dengan benar. Itu salah satu kesalahan manajemen gudang yang harus selalu Anda hindari.

Baca juga artikel tentang : 5 Cara Mengoptimalkan Gudang Dengan Secara Hemat Biaya

8. TIDAK MENGUKUR HAL YANG BENAR
Sebagian besar perusahaan saat ini mengukur kinerja gudang sampai tingkat tertentu, tetapi hal ini tidak selalu terjadi. Terlepas dari kesadaran yang meningkat akan kebutuhan akan KPI yang berarti, banyak organisasi tidak mengukur operasi gudang mereka secara memadai.
Jika Anda dapat menghindari membuat kesalahan ini, ini akan membantu Anda menghindari beberapa masalah di atas.
Dalam hal manajemen gudang, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan operasi secara efektif.
Anda perlu memperhatikan orang, proses, dan lingkungan gudang itu sendiri. Jika Anda dapat menghindari atau mencegah delapan kesalahan yang disebutkan, Anda akan memiliki dasar yang kuat untuk meningkatkan, sampai Anda mencapai keunggulan.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp