Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

KELEMAHAN JIKA TETAP MENERAPKAN MANAJEMEN GUDANG TRADISIONAL

The Best consultant business in Surabaya

KELEMAHAN JIKA TETAP MENERAPKAN MANAJEMEN GUDANG TRADISIONAL

Teknologi telah mengubah sistem manajemen gudang tradisional dengan mengubah cara perusahaan mengirim dan menerima pesanan. Sistem tradisional dapat menjadi masalah karena dengan meningkatnya volume pesanan perusahaan, sistem penerimaan dan pendistribusian pesanan menjadi lebih kompleks. Perusahaan sering kali memperluas penawaran produk, yang berarti sistem manajemen gudang harus beradaptasi dengan inventaris baru dan bisnis yang terus berubah. Sistem manajemen gudang yang buruk menghabiskan uang perusahaan dengan tidak mencatat pesanan secara akurat.

Bagi orang luar, pergudangan sering terlihat mudah – simpan saja produk di rak sampai dibutuhkan, tetapi tidak orang dalam industri. Mengelola inventaris selalu menjadi tantangan, terutama jika masih menggunakan manajemen tradisional. Berikut adalah beberapa masalah dalam manajamen gudang.

Inventaris Tidak Akurat
Catatan yang tidak lengkap atau tidak akurat sering kali muncul dengan sendirinya ketika seorang pekerja gudang mencoba mengambil produk dari lokasi yang diharapkan dan tidak ada atau kemudian mereka diarahkan untuk menyimpan produk ke lokasi yang sudah penuh. Waktu dan usaha terbuang percuma untuk melakukan pemeriksaan fisik dan mencoba memperbaiki kesalahan, yang sering kali menyebabkan pengiriman tertunda dan salah pilih.

Banyak dari masalah ini adalah akibat dari proses manual yang kurang optimal dan memberatkan sehingga menghasilkan data yang tidak akurat dalam sistem. Salah satu solusinya adalah penggabungan aplikasi sistem eksekusi gudang dan sistem lain yang membantu mengotomatiskan aktivitas pencatatan data.

Aktivitas yang Berlebihan
Adanya penanganan produk yang tidak perlu dan berlebihan mengganggu banyak gudang, dengan kasus atau palet dipindahkan melalui beberapa lokasi perantara. Namun, seringkali, aktivitas yang berlebihan bisa jadi kurang terlihat. Duplikasi informasi dan entri data duplikat adalah contoh pembuang waktu utama.

Apa yang harus dilakukan tentang hal itu? Mintalah ide dari tim dan, untuk perspektif yang berbeda, konsultasikan dengan spesialis di bidang teknologi gudang.

Tata Letak / Pemanfaatan Ruang yang Buruk
Mencapai pemanfaatan ruang yang baik telah mengambil urgensi baru dengan munculnya e-commerce. Di pusat pemenuhan, ada lebih banyak pergerakan dan pengambilan, meningkatkan biaya tata letak yang buruk. Selain itu, lokasi gudang yang dekat dengan pusat populasi sering kali menempati lahan yang lebih mahal, yang meningkatkan biaya.

Menghindari Kerusakan Produk
Ada banyak sekali alasan mengapa produk dapat rusak di gudang. Terkadang ini ditemukan selama pemetikan. Sistem aliran racking dan palet modern dapat memindahkan produk dengan lebih hati-hati daripada teknologi lama. Kasus diperlambat dan sistem tekanan nol mempertahankan pemisahan minimum untuk mencegah kerusakan.

Menangani Item yang Dikembalikan
Simpan ini di bawah “tata letak yang buruk” jika Anda mau, tetapi ini adalah masalah yang cukup besar untuk memerlukan judul terpisah. Seiring dengan berkembangnya e-commerce, volume pengembalian juga meningkat. Masalah umum dengan sistem informal atau sistem yang direncanakan secara sembarangan menimbulkan penanganan ganda. Terlebih lagi, pencatatan yang buruk mengakibatkan pekerja menghabiskan waktu untuk menyelesaikan pertanyaan.

Sebagai solusi potensial, mulailah dengan memahami aliran produk dan mendokumentasikan aktivitas yang dilakukan di gudang. Dari sana, beralihlah ke standardisasi dan nilai bagaimana teknologi dapat membantu. Penyedia otomatisasi yang berpengalaman dalam menilai masalah gudang dan memberikan solusi yang efisien mungkin memiliki ide yang belum Anda pertimbangkan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan pendampingan dalam merapikan gudang anda dengan warehouse management dan membutuhkan rak gudang. Silahkan hubungi kami di http://klikwa.net/groedu.limardi. Kami siap mendampingi anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp