Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

KEBUTUHAN MANUFAKTUR DIGITAL SETELAH PANDEMI

The Best consultant business in Surabaya

KEBUTUHAN MANUFAKTUR DIGITAL SETELAH PANDEMI

Dampak pandemi COVID-19 belum berakhir. Produsen terus menghadapi kebijakan kerja jarak jauh yang berpotensi tidak terbatas, pemeriksaan kesehatan dan protokol keselamatan baru, perubahan permintaan yang tidak terduga, potensi gangguan pasokan, dan banyak lagi. Manufaktur digital tidak bisa lebih penting atau diperlukan untuk menjaga kelangsungan bisnis dan menanggapi perubahan.

Yang Dimaksud Dengan Manufaktur Digital
Manufaktur digital adalah pendekatan terintegrasi yang dapat dimanfaatkan oleh produsen untuk perencanaan, penjadwalan, manajemen kualitas, pengendalian biaya, pergerakan material, dan operasi lantai toko. Ini berarti produsen dapat beralih ke teknologi digital untuk membuat lantai toko mereka lebih efisien. Manufaktur digital memberikan peningkatan komunikasi, analisis, dan data waktu nyata untuk memenuhi tujuan kinerja. Dan dalam hal transformasi digital, ERP adaptif memainkan peran luas dalam mendukung produsen yang memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan dan mempertahankan posisi kompetitif mereka.
Karakteristik umum manufaktur digital mencerminkan sejauh mana operasi pabrikan cerdas dengan informasi real-time, inovatif dengan teknologi baru yang menghasilkan wawasan bisnis, dan gesit serta cukup mampu untuk merespons gangguan tanpa kehilangan produktivitas dan kualitas.
Selain karakteristik ini, manufaktur digital memungkinkan produsen untuk mengidentifikasi gangguan, mengatasi setiap perubahan bisnis, kemudian berputar untuk mengubah gangguan itu menjadi keunggulan kompetitif. Produsen yang berpikiran maju membutuhkan ERP yang berhubungan dengan gangguan seperti merger, akuisisi, globalisasi, pemogokan pelabuhan dan peristiwa lainnya. Dalam situasi pandemi saat ini, bisnis menggunakan ERP dan teknologi digital lainnya untuk mempertahankan operasi global, menanggapi lonjakan dan kekurangan, dan berkolaborasi dalam solusi dengan pemasok.

Manufaktur Selama Pandemi
Tidak diragukan lagi, pandemi COVID-19 tidak seperti gangguan sebelumnya yang pernah dihadapi produsen. Manajer manufaktur secara rutin mempersiapkan kejadian yang tidak direncanakan dengan penilaian risiko dan proses manajemen. Berikut ini terdapat empat area di mana manufaktur ERP dan transformasi digital dapat merangsang efisiensi operasional dan kelincahan bisnis.

1. Perencanaan Rantai Pasokan dan Permintaan
Perencanaan permintaan dan penawaran produk di masa depan dipengaruhi oleh berbagai faktor termasuk tren musiman, perubahan pola pembelian pelanggan, peristiwa cuaca yang tidak terduga, dan inovasi produk yang kompetitif. Sayangnya, banyak produsen menggunakan pola permintaan yang sudah ketinggalan zaman untuk menginformasikan proses perencanaan mereka daripada memanfaatkan data real-time yang disampaikan oleh teknologi digital.

2. Kolaborasi Pemasok
Rantai pasokan yang efisien yang dioptimalkan oleh teknologi digital menghasilkan konektivitas dan kolaborasi yang lebih baik dengan bahan baku, transportasi dan logistik, pengemasan dan pasokan. Pemberitahuan sebelumnya tentang gangguan rantai pasokan membuat perbedaan antara ketersediaan produk dan pelanggan yang tidak puas. Kecerdasan rantai pasokan real-time yang berkaitan dengan tingkat inventaris, standar kualitas, persyaratan kepatuhan, dan status pengiriman memberi mitra dagang kelincahan untuk membuat keputusan dan rencana yang akurat dan andal saat terjadi ketidakpastian dan gangguan.

3. Konektivitas Toko
Tanpa data real-time yang terintegrasi ke dalam operasi toko, perencanaan dapat menjadi picik dan tidak lengkap. Dengan teknologi manufaktur digital, manajemen mendapatkan koneksi langsung ke peralatan produksi dan menangkap statistik produksi langsung. Pengambilan keputusan mendapat manfaat dari transparansi ke dalam operasi, dan seperti kartu domino, tingkat inventaris berkurang, daya tanggap pelanggan meningkat, dan kelincahan perusahaan secara keseluruhan meningkat.
Ketika pandemi COVID-19 berlanjut, operator lantai toko dan penangan material berjuang untuk menikmati opsi “bekerja dari rumah”. Pabrikan ditugaskan untuk menentukan kombinasi terbaik dari sumber daya staf sambil mengamankan protokol kesehatan dan keselamatan yang dibawa oleh pandemi. ERP digital yang adaptif dapat memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti dengan data operasi yang sudah dimiliki produsen untuk lebih memenuhi harapan pelanggan. Memiliki informasi terintegrasi ini bersama dengan analitik produksi meningkatkan efisiensi dan membantu menjaga kelangsungan bisnis dengan pola kepegawaian yang diminimalkan.

Baca juga artikel tentang : 5 Langkah untuk Menulis Intruksi Kerja yang Efektif

4. Wawasan Bisnis Tepat Waktu
Semua produsen menginginkan dan membutuhkan visibilitas bisnis, terutama yang dikacaukan oleh solusi yang ketinggalan zaman atau tertutup. Produsen berkembang dengan strategi kolaborasi yang gesit dan efektif yang menyediakan data yang dapat diakses dan ditindaklanjuti. Hasilnya adalah lebih banyak inovasi, rantai pasokan yang lebih efektif, dan kepuasan pelanggan yang lebih besar.

Menjaga Ketahanan Setelah Pandemi
Ya, kita masih menemukan diri kita dalam pandemi, tetapi bagaimana setelahnya? Sementara ketidakpastian tetap ada di masa mendatang, produsen harus meningkatkan ketahanan operasional mereka dan mencermati manufaktur digital mereka saat ini. Ini termasuk meninjau jaringan rantai pasokan saat ini dan operasi produksi untuk mendorong lebih banyak kelincahan di seluruh bisnis. Ini juga termasuk menambahkan teknologi manufaktur digital untuk wawasan cerdas dan untuk mendorong peningkatan kemampuan untuk melenturkan produksi dan sumber daya sesuai kebutuhan.
Lingkungan pascapandemi pasti akan berlanjut dengan gangguan dan volatilitas. Agar dapat bertahan dan tetap kompetitif, manufaktur digital sangat penting untuk dimasukkan ke dalam peta jalan bisnis.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp