Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

INI CARA SAYA MENINGKATKAN LINGKUNGAN KERJA KANTOR YANG POSITIF

The Best consultant business in Surabaya

INI CARA SAYA MENINGKATKAN LINGKUNGAN KERJA KANTOR YANG POSITIF

Lingkungan kerja dimana Anda berada akan memengaruhi suasana hati, dorongan, kesehatan mental, dan kinerja Anda. Jika karyawan bekerja di lingkungan kantor yang suram dengan pekerja yang tidak ramah, kemungkinan besar mereka tidak akan memiliki kepercayaan diri atau kepuasan kerja yang cukup untuk angkat bicara. Itulah mengapa menciptakan lingkungan kerja yang positif sangat penting untuk kesuksesan perusahaan Anda.

Menciptakan lingkungan kerja yang positif lebih dalam memotivasi dan melibatkan karyawan Anda, yang mengarah pada kepuasan kerja yang lebih tinggi dan retensi karyawan dalam organisasi Anda, belum lagi stres yang berkurang di antara karyawan Anda. Lingkungan kerja yang sehat memberi Anda dan karyawan Anda kesempatan untuk berbagi ide untuk kesuksesan perusahaan Anda yang dapat membantu organisasi Anda berkembang. Lingkungan kantor yang sehat juga dapat meningkatkan produktivitas karyawan Anda dan mengurangi peluang Anda menghadapi seringnya ketidakhadiran dan, dalam industri tertentu, kompensasi pekerja dan klaim medis.

Apa Saja Yang Tercakup Dalam Lingkungan Kerja Yang Positif?
Lingkungan kerja yang positif sama-sama memprioritaskan kesuksesan bisnis dan kebahagiaan karyawan. Jika Anda berfokus untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif, pastikan budaya perusahaan Anda mencakup keseimbangan kehidupan kerja (seperti dengan mengizinkan pekerjaan jarak jauh), aliran ide yang tidak terhalang di antara karyawan dan manajemen tanpa takut kritik keras, dan kebijakan yang masuk akal. untuk liburan dan cuti berbayar.
Saat menciptakan lingkungan kerja yang positif, Anda juga harus memikirkan ruang kantor Anda sendiri. Ingatlah pertanyaan-pertanyaan berikut ini:
• Apakah karyawan Anda memiliki cukup ruang untuk menyelesaikan pekerjaan mereka tanpa menghabiskan ruang orang lain?
• Apakah Anda memberikan privasi yang layak kepada karyawan sambil memastikan mereka tetap transparan tentang cara mereka menggunakan waktu di tempat kerja?
• Apakah Anda menawarkan ruang di mana karyawan dapat beristirahat atau mendiskusikan masalah pekerjaan dengan rekan kerja mereka?
Meskipun demikian, menciptakan lingkungan yang positif jauh melampaui ruang kantor Anda. Anda juga harus bertanya pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan ini:
• Kesempatan apa yang Anda sediakan untuk mengumpulkan karyawan Anda di luar ruang kantor Anda untuk kegiatan kelompok yang menyenangkan yang dapat meningkatkan semangat tim dan membantu mencapai misi perusahaan Anda?
• Apakah karyawan Anda jelas tentang misi perusahaan Anda?
• Apakah Anda mengizinkan kerja jarak jauh saat karyawan Anda merasa sakit atau perlu mengurus kebutuhan pribadi di rumah?
• Berapa hari libur, hari pribadi, hari sakit dan hari libur berbayar yang Anda izinkan?

Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu Anda dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif, tetapi yang terpenting, akal sehat, kebijaksanaan, dan empati – dengan kata lain, memandang karyawan Anda sebagai manusia dan bukan hanya sebagai alat bisnis – adalah kuncinya. Berikut adalah empat cara Anda dapat meningkatkan lingkungan kerja Anda dan, pada gilirannya, keterlibatan karyawan.

1. Pekerjakan anggota tim yang hebat (dan jangan takut membiarkan yang buruk pergi).
Bisnis yang sukses tahu bahwa lingkungan kerja yang positif dimulai dengan mempekerjakan orang yang tepat. Pastikan karyawan Anda profesional dan pemain tim. Ide yang sama diterjemahkan ke mereka yang sudah ada di kantor. Ketika karyawan bekerja dengan orang-orang beracun, mereka lebih cenderung menjadi beracun sendiri, menjatuhkan perusahaan Anda ke lingkungan kerja yang beracun.

2. Tingkatkan pencahayaan.
Pencahayaan memainkan peran penting dalam kinerja dan sikap pekerja. Ketahuilah bahwa paparan cahaya alami meningkatkan suasana hati, energi, dan kesehatan mental, yang sangat memengaruhi fokus dan produktivitas.
Jika tidak memungkinkan untuk memasukkan pencahayaan alami melalui jendela, ada pilihan lain. Bola lampu yang diperkaya warna biru dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan kebahagiaan dan kinerja kerja, menurut artikel tersebut. Gunakan jenis pencahayaan ini di ruang curah pendapat. Di ruang pertemuan atau istirahat, gunakan nada hangat untuk meningkatkan ketenangan dan relaksasi. Di ruang konferensi, gunakan nada tengah yang menyambut pekerja sambil membuat mereka tetap waspada.

3. Buat kantor nyaman.
Kantor yang bersih dan menarik dapat memiliki efek luar biasa pada hubungan antara rekan kerja dan manajer. Bahkan jika matahari tidak dapat menyinari tempat kerja Anda, upayakan untuk memberikan suasana santai dengan furnitur yang nyaman, peralatan kerja, dan beberapa fasilitas ekstra.
Misalnya, berikan fleksibilitas kepada karyawan Anda untuk bekerja di tempat yang nyaman bagi mereka. Anda dapat mengisi kantor dengan kursi yang nyaman dan juga memberi mereka pilihan untuk duduk atau berdiri di meja mereka.
Ketika karyawan memilih ruang yang membuat mereka nyaman, beri mereka kebebasan untuk menyesuaikan area mereka, karena setiap orang bekerja secara berbeda. Akan lebih baik untuk menyingkirkan “semua yang dikeluarkan sama” dan memberi setiap orang anggaran untuk menyesuaikan pengaturan mereka sendiri.

4. Meningkatkan komunikasi.
Perhatikan cara Anda berinteraksi dengan karyawan. Anggota tim dan manajemen atas harus fokus pada metode komunikasi mereka dan efek yang mereka miliki dalam menciptakan lingkungan kerja yang positif.
Karyawan termotivasi dan merasa dihargai ketika mereka diberi penguatan positif dan menunjukkan bagaimana pekerjaan mereka berkontribusi pada kesuksesan bisnis. Ini berarti menawarkan umpan balik khusus kepada karyawan tentang bagaimana pekerjaan mereka berkontribusi pada tujuan organisasi yang lebih luas.
Tetapi karyawan seharusnya tidak menjadi satu-satunya yang dievaluasi. Manajer juga harus terbuka terhadap umpan balik.
Ketika Anda melibatkan staf Anda dalam pengambilan keputusan dalam upaya menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik, mereka merasa dihargai. Jangan takut untuk meminta pendapat karyawan tentang manfaat baru yang ditawarkan, atau pendapat mereka tentang proyek klien baru.
Komunikasi akan memicu antusiasme, meningkatkan inovasi, membangun kepercayaan, dan mendorong hasil yang menguntungkan. Bahkan ucapan ‘terima kasih’ yang sederhana setelah seorang karyawan melangkah lebih jauh dalam suatu proyek, atau melakukan serangkaian larut malam, akan sangat membantu.
Semoga artikel diatas bermanfaat bagi pembaca, apabila pembaca membutuhkan informasi mengenai artikel di atas lebih lanjut atau membutuhkan mengenai pendampingan tentang ke HRD-an, pembuatan SOP HRD, atau merekrut karyawan diberbagai level. Silahkan kontak di https://wa.me/6281252982900. Tim kami siap membantu anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp