Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

FAKTOR RAHASIA PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK PERTUMBUHAN YANG OPTIMAL

The Best consultant business in Surabaya

FAKTOR RAHASIA PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK PERTUMBUHAN YANG OPTIMAL

Strategi pengembangan bisnis perusahaan Anda dapat menjadi kunci keberhasilan atau kegagalan organisasi Anda. Ini adalah bahan rahasia untuk mengubah bisnis Anda menjadi bisnis yang terdiri dari hubungan yang kuat, prospek yang menjanjikan, dan pendapatan yang meningkat. Membuat strategi dan rencana terkait, dan memanfaatkannya dengan cara yang benar, dapat mendorong seorang karyawan, tim, atau seluruh perusahaan ke tingkat pertumbuhan dan profitabilitas yang baru.

APA ITU STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS?
Pengembangan bisnis adalah proses yang digunakan untuk mengidentifikasi, memelihara, dan memperoleh klien baru dan peluang bisnis untuk mendorong pertumbuhan organisasi dan meningkatkan keuntungan. Pada dasarnya, ini adalah penciptaan nilai jangka panjang untuk bisnis dari pelanggan, pasar, dan hubungan. Strategi pengembangan bisnis adalah dokumen yang menguraikan strategi yang akan Anda gunakan untuk mencapai tujuan itu.

PENTINGNYA STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS YANG BAIK
Strategi pengembangan bisnis yang kuat adalah kerangka kerja yang menginstruksikan tim Anda tentang cara menemukan dan menghasilkan prospek bernilai tinggi yang pada akhirnya akan mendukung tujuan jangka panjang perusahaan. Jika Anda tidak memiliki strategi, karyawan Anda mungkin kesulitan untuk mengidentifikasi prospek yang memenuhi syarat tersebut, atau bahkan menghabiskan waktu yang berharga untuk mengembangkan hubungan dengan prospek yang tidak akan pernah bertobat.
Cakupan pengembangan bisnis itu luas, bervariasi dari satu organisasi ke organisasi lainnya. Umumnya, organisasi jasa profesional menghasilkan bisnis baru dengan mengikuti pendekatan corong tiga tingkat. Dua tahap pertama adalah Menarik Prospek dan Membangun Keterlibatan, yang secara tradisional merupakan fungsi pemasaran. Tahap ketiga dan terakhir, Mengubah Peluang menjadi Klien, secara tradisional merupakan fungsi penjualan. Dalam struktur ini, rencana pengembangan bisnis adalah mencari saluran penjualan dan distribusi baru, serta mitra pemasaran baru. Ini adalah contoh pengembangan bisnis strategis.

4 LANGKAH MENCIPTAKAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS UNTUK PERTUMBUHAN OPTIMAL
Ada empat tahap utama yang harus dilalui saat membuat strategi pengembangan bisnis yang kokoh dan andal untuk organisasi Anda.

1. Identifikasi Audiens Anda
Untuk menciptakan strategi pengembangan bisnis yang menghasilkan peluang pertumbuhan dan keuntungan yang optimal, Anda harus terlebih dahulu mengidentifikasi audiens ideal Anda. Fokus pada perusahaan, bidang industri, atau individu tertentu yang pasti akan mendorong bisnis Anda maju. Bertujuan untuk kualitas daripada kuantitas – audiens yang besar tidak selalu diperlukan, tetapi audiens yang berkinerja tinggi selalu diperlukan.
Perlu diingat bahwa pengembangan bisnis yang sukses tidak terjadi dalam semalam. Hubungan yang kuat mungkin membutuhkan waktu berbulan-bulan, atau bahkan bertahun-tahun, untuk berubah menjadi penjualan. Demikian pula, prospek yang tidak cocok tidak akan menampakkan diri setelah pertemuan pertama Anda. Inilah mengapa penting untuk menentukan target audiens yang tepat, sehingga Anda tidak membuang waktu yang berharga untuk membina hubungan dengan prospek yang tidak memenuhi syarat yang tidak akan pernah menutup kesepakatan.

2. Lakukan Riset Pasar
Setelah audiens Anda diidentifikasi, Anda sekarang perlu belajar sebanyak mungkin tentang mereka. Sebelum Anda dapat mulai mendorong mereka untuk bekerja dengan Anda, Anda harus dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut tentang mereka:
• Apa masalah utama mereka?
• Layanan apa yang mereka butuhkan?
• Apa pendekatan mereka untuk pemecahan masalah saat ini?
• Bagaimana produk atau layanan Anda dapat memperbaiki situasi mereka saat ini?
Setelah Anda memiliki jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini, maka Anda dapat mulai menganalisis pesaing Anda. Identifikasi apa yang membedakan Anda dari pesaing Anda, manfaatkan perbedaan itu sebagai keunggulan kompetitif Anda yang kemudian Anda dapat ketika mengomunikasikan nilai Anda kepada prospek.

Baca juga artikel tentang : Faktor-faktor yang Perlu Dipertimbangkan dalam Pengembangan Bisnis

3. Tentukan Saluran yang Tepat
Setelah Anda mengidentifikasi audiens target Anda, mempelajari semua yang perlu diketahui tentang mereka, dan menetapkan rencana tindakan untuk membedakan Anda dari pesaing Anda, Anda dapat mulai menguraikan saluran yang akan Anda gunakan untuk mencapai target Anda. Ini melibatkan penilaian sasaran pendapatan total Anda untuk tahun ini dan menguraikan metode spesifik yang akan Anda gunakan untuk mencapai sasaran tersebut. Saluran ini tercakup dalam strategi dan taktik pengembangan bisnis teratas yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan bisnis baru, yang akan kita bahas nanti.

4. Tentukan Tujuan SMART
Untuk setiap saluran yang Anda miliki, tetapkan sasaran SMART (spesifik, terukur, dapat dicapai, relevan, terkait waktu) yang akan membantu Anda mengukur dan melacak kemajuan Anda. Sasaran pengembangan bisnis Anda secara keseluruhan tidak harus secara langsung terkait dengan menghasilkan laba dan pendapatan, tetapi harus ada komponen yang bertujuan untuk memperkenalkan prospek baru ke saluran penjualan perusahaan Anda.

KESIMPULAN
Pada akhirnya, strategi pengembangan bisnis Anda adalah kunci keberhasilan atau kegagalan perusahaan Anda. Ini harus menjadi tujuan utama untuk mengembangkan strategi, dan rencana tindakan terkait, yang akan mendorong Anda dan perusahaan Anda ke tingkat pertumbuhan dan profitabilitas yang baru.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi nomor whatsapp kami di 0812-5298-2900, untuk dapat langsung terhubung dengan kami. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp