Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

EXPORT SEA FOOD, CALL 081-252982900

The Best consultant business in Surabaya

EXPORT SEA FOOD, CALL 081-252982900

SUDAH SIAPKAH PERUSAHAAN ANDA UNTUK MULAI MERAMBAH BISNIS INTERNASIONAL (MEMASUKI PASAR-PASAR ASING)

Salah satu dari tanda-tanda semakin pesatnya perkembangan dalam dunia bisnis yang paling menonjol saat ini adalah dari semakin tumbuh suburnya berbagai aktivitas internasional yang menjadi semakin pesat. Berbagai kegiatan ekspor-impor, berinvestasi secara langsung dan penentuan sumber-sumber pengadaan produk dan komponen-komponen lainnya dari luar negeri yang mengalami peningkatan yang begitu signifikan. Situasi seperti ini semakin mendorong banyaknya perusahaan yang telah memasuki pasar-pasar internasional untuk bisa mendapatkan sumber-sumber komponen yang lebih efektif dan pasar produk yang semakin bertumbuh pesat.

Bagi kebanyakan perusahaan yang proses bisnisnya sedang mengalami masa pertumbuhan dan ingin berkembang, mereka akan melakukan ekspansi ke luar negeri atau berbinis internasional yang bisa menjadi pilihan yang lebih strategis. Dimana strategi yang lebih kompetitif yang telah dilakukan oleh perusahaan akan sangat tergantung kepada berbagai variabel yang ingin dikendalikan oleh pihak manajemen.

Perusahaan akan dapat menyusun sejumlah strategi-strategi pemasaran yang lebih efektif agar semakin memungkinkan bagi bisnis agar mampu berkembang. Namun demikian, perusahaan yang berada di pasar internasional akan menghadapi dua macam strategi pasar generik, yaitu: strategi penetrasi pasar dan juga strategi pembayaran pasar.

Tujuan utama dari strategi pembayaran pasar adalah untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi sambil mempertahankan tingkat komitmen dari sumber daya yang lebih rendah. Perusahaan yang menggunakan strategi seperti ini biasanya lebih memilih untuk menyasar target pasar yang lebih mudah sambil berusaha untuk lebih meminimalkan berbagai resiko dan investasinya.

Metode yang sering dilakukan untuk memasuki pasar adalah dengan cara ekspor atau dengan pemberian lisensi. Keberhasilan dari strategi jenis ini juga tetap tergantung kepada masing-masing pilihan dari agen, distributor, maupun licensees. Tanggungjawab pemasaran dan distribusi akan jatuh ke tangan mitra yang berada di luar negeri. Perusahaan akan terus berupaya untuk memasang harga yang lebih tinggi untuk bisa mendapatkan marjin yang juga tinggi.

Sedangkan untuk penetrasi pasar sendiri adalah berupa pemilihan yang disengaja dengan pasar yang lebih sedikit untuk kemudian dapat dikembangkan dengan menjadi lebih intensif. Strategi seperti ini akan dapat dilihat dari semakin meningkatnya pertumbuhan yang terus bertahap. Bagi beberapa perusahaan, hal-hal seperti ini merupakan bentuk investasi langsung dengan berbagai macam fasilitas pabrikasi lokal. Koneksi atau berhubungan pasar yang sudah dibina dengan sangat lama yang akan mampu memastikan bahwa produk dan reputasi perusahaan memang sudah sangat dikenal dan sudah diterima dengan sangat baik oleh masyarakat. Hubungan dengan pelanggan, pemasok, distributor, dan juga dari pihak pemerintah harus tetap dijaga dengan baik.

Tidak bisa disangkal lagi jika strategi pemasaran tetap membutuhkan adanya pengelolaan sumber-sumber daya perusahaan agar penyebarannya relatif sama dan semakin baik untuk pencapaian kepada semua pasar. Perusahaan juga masih dapat menerapkan strategi bauran pemasaran yang juga tidak termasuk ke dalam strategi penetrasi atau pembayaran pasar. Namun, justru dengan menjual kepada sebagian besar pasar sambil mengkonsentrasikan sumber-sumber dayanya.

Penerapan dalam strategi penetrasi pasar atau berupa strategi pembayaran pasar memang bukanlah jalan keluar yang lebih universal dalam memecahkan berbagai permasalahan ekspansi yang banyak sekali dihadapi oleh para pebisnis. Setiap strategi juga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga lebih menuntut dalam pengambilan kebijakan dalam mencari kesesuaian antara situasi perusahaan dan strategi yang lebih memungkinkan. Strategi penetrasi pasar biasanya memang lebih berfokus dalam penjualan kepada sekelompok kecil pasar. Sementara dari strategi pembayaran pasar lebih banyak melibatkan penjualan kepada sejumlah besar pasar dengan lebih mengesampingkan pada tujuan dari negara tertentu (pasar ekspor).

Memilih metode untuk bisa memasuki pasar internasional yang memiliki arti yang cukup penting penting. Pemilihan seperti ini merupakan keputusan yang paling vital dalam hal pemasaran internasional, karena keputusan untuk masuk merupakan keputusan makro. Yaitu pada saat perusahaan telah memutuskan untuk go international, maka perusahaan juga akan melakukan berbagai macam pilihan yang terkait dengan program pemasarannya dari sana.

Keputusan yang lebih besar terkait dengan jalur pemasaran internasional seperti ini bukanlah suatu hal yang sederhana bagi perusahaan. Karena dari berbagai jenis varian dari berbagai jenis organisasi pemasaran internasional beserta dengan berbagai metodenya banyak memberikan berbagai alternatif dalam hal menentukan sistem saluran pemasarannya.

Karena itulah, ketika sudah memutuskan untuk memasuki pasar global (pasar asing), maka pihak produsen harus memiliki banyak opsi-opsi strategis lain dimana harus dipetakan pula kelebihan dan kekurangan dari setiap masing-masing strategi dalam upaya untuk menembus pasar asing. Dalam, banyak kejadian, perusahaan yang mapan sudah terbukti jauh lebih unggul apabila dibandingkan dengan perusahaan yang terbilang masih baru (start up) dalam hal mengatasi berbagai permasalahan tentang hambatan-hambatan sumber daya dan juga pasar asing, dan untuk mencapai skala ekonomis operasional bisnis. Memasuki pasar internasional merupakan suatu uji kemampuan yang lebih kompetitif dalam tingkatan yang tertinggi. Perusahaan tidak lagi harus membuktikan kemampuannya dalam hal perebutan lahan bisnis biasa dikancah pasar-pasar asing, melainkan harus membuktikan kompetensinya dalam. menjelajahi wilayah-wilayah yang baru.

Nah, itulah sedikit gambaran tentang bagaimana kondisi dan situasi ketika bisnis Anda menginginkan untuk bisa merambah pasar-pasar asing (pasar internasional). Setidaknya Anda mungkin bisa memiliki sedikit gambaran yang lebih jelas jika bisnis Anda mampu atau tidaknya untuk merambah pangsa pasar asing, semoga bisa bermanfaat dalam menambah wawasan Anda sekalian. Terimakasih dan salam sukses.

Jika bapak ibu memiliki produk sea food dalam skala besar dan ingin di-export, silahkan hubungi kami di 081-252982900, kami siap membantu. Terima kasih.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp