Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

DESKRIPSI KERJA MANAJER LOGISTIK PERUSAHAAN

The Best consultant business in Surabaya

DESKRIPSI KERJA MANAJER LOGISTIK PERUSAHAAN

Manajemen logistik dapat didefinisikan sebagai seni dan ilmu untuk memperoleh, memproduksi, dan mendistribusikan bahan dan produk di tempat yang tepat dan dalam jumlah yang tepat. Ini adalah disiplin bisnis yang berkembang pesat yang melibatkan manajemen pemrosesan pesanan, pergudangan, transportasi, bahan penanganan, dan pengemasan yang semuanya harus diintegrasikan di seluruh jaringan fasilitas. Terlepas dari penelitian dan kemajuan yang telah dibuat, logistik masih menjadi salah satu bidang operasional manajemen rantai pasokan yang paling dinamis dan menantang. Untuk memahami apa yang logistik pada tingkat paling dasar, anda harus tahu bahwa manajemen logistik mencakup berbagai tugas terkait yang diperlukan untuk mendapatkan barang yang tepat kepada pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat, dan masih ada lagi yang lainnya. Nah, dalam kesempatan ini kami akan membahas apa saja deskripsi kerja dari manajemer logistik ditiap perusahaan.

Pengawasan Pengiriman
Manajer logistik mungkin bertanggung jawab atas manajemen departemen pengiriman atau operasi. Ini berarti mereka harus bekerja dengan driver, fokus pada optimasi rute, meninjau metrik kinerja dan melebihi harapan layanan pelanggan. Manajer logistik mungkin bertanggung jawab atas armada truk, forklift, dan peralatan pengiriman lainnya. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola dan mencocokkan operasi dengan anggaran yang ditetapkan. Ini sulit karena biaya logistik dan harga pengiriman sering berfluktuasi. Mereka bertanggung jawab atas pelaporan tepat waktu dari keadaan darurat atau masalah logistik yang muncul kepada pelanggan dan pemimpin perusahaan.

IT dan Data
Terkadang, manajer logistik akan menghabiskan lebih banyak waktu menggunakan sistem informasi komputer untuk memasukkan, mengakses, dan meninjau pengiriman, inventaris, dan data kinerja. Mereka dapat menggunakan perangkat lunak pengiriman untuk melacak bahan yang tiba di halaman logistik, meninggalkan area pementasan pengiriman dan mentransfer antar fasilitas. Mereka dapat meninjau tingkat persediaan untuk memesan lebih banyak bahan, atau mereka menghasilkan laporan untuk merekonsiliasi jumlah persediaan yang tidak akurat. Manajer logistik menganalisis berbagai bentuk data untuk memberikan pembaruan dan informasi mendalam kepada pengawas departemen lain, seperti penjualan dan produksi. Mereka melakukan tugas administrasi sehari-hari seperti mendokumentasikan produk yang rusak, memelihara file pelanggan dan memproses dokumen pengiriman.

Aktivitas Rantai Pasokan
Kegiatan rantai pasokan termasuk berkolaborasi dengan tim untuk proyek transportasi masuk dan keluar yang membutuhkan koordinasi aktif dengan berbagai penyedia layanan. Manajer logistik berkonsultasi dengan manajer mengenai kontrak, sistem, jaringan, dan tingkat layanan transportasi keluar dan masuk untuk membuat rekomendasi untuk solusi kreatif. Manajer logistik harus menetapkan, memantau, dan menyesuaikan metrik kinerja utama untuk memastikan bahwa biaya rantai pasokan sesuai dengan proyeksi anggaran. Mereka membangun dan meningkatkan layanan logistik dan hubungan bisnis untuk meningkatkan aliran rantai pasokan secara keseluruhan dan jadwal pengiriman. Mereka harus mengelola hubungan dengan penyedia layanan logistik dan berkoordinasi dengan vendor untuk menciptakan proses pengiriman yang inovatif.

Manajemen Bahan Baku
Beberapa manajer logistik menghabiskan waktu mereka mengawasi pasokan bahan baku yang diperlukan untuk mendukung produksi di fasilitas manufaktur. Fasilitas-fasilitas ini dapat berupa lingkungan produksi yang ramping, tepat waktu, sesuai pesanan atau ramping. Manajer logistik harus menumbuhkan budaya keselamatan dengan menerapkan kebijakan keselamatan dan program pelatihan untuk karyawan. Mereka mengelola penerimaan, pemrosesan, dan disposisi bahan yang tepat waktu. Mereka harus merencanakan, memesan, dan mengelola penyimpanan bahan baku sesuai dengan pedoman pemasok dan peraturan negara bagian dan federal. Mereka dapat mengawasi kegiatan pengisian dan penyimpanan bahan baku di lantai produksi. Ini melibatkan penyiapan alat berat, perkiraan penggunaan harian dan titik pemicu serta menyusun ulang perhitungan kuantitas.

Pengawasan Pusat Distribusi
Manajer logistik mungkin bertanggung jawab atas departemen pengiriman dan penerimaan pusat distribusi. Mereka dapat mengawasi karyawan pemetik, pengepakan, dan operasi forklift. Mereka mungkin ditugaskan di gudang besar dan ratusan personel gudang. Ini berarti mereka mungkin memiliki tugas sumber daya manusia, seperti memimpin, melatih dan menjadwalkan karyawan, dan tugas manajerial umum, seperti menyediakan layanan pelanggan dan administrasi kantor. Tugas gudang termasuk mengumpulkan ide untuk perbaikan, mengoordinasikan pergerakan produk, menerapkan perubahan penempatan gudang dan menyesuaikan proses rotasi produk. Mereka dapat mengelola departemen atau personel kontrol inventaris.

Demikian ulasan terkait deskripsi kerja manajer logistik, apabila pembaca membutuhkan informasi lebih detil tentang artikel diatas, ingin bertanya, atau membutuhkan hal lain terkait logistik dan sebagainya untuk bisnis anda. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900 dan 0913-3309-9915. Kami Konsultan Manajemen Autopilot Surabaya siap membantu anda. Sekian dari kami, semoga artikel diatas bermanfaat dan terimakasih.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp