Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA SUKSES MENDIRIKAN USAHA TOKO KELONTONG

The Best consultant business in Surabaya

CARA SUKSES MENDIRIKAN USAHA TOKO KELONTONG

Di tengah kondisi perekonomian yang tidak menentu seperti sekarang ini, banyak orang yang mulai mencari penghasilan tambahan. Selain tentunya untuk menambah penghasilan, langkah ini diambil sebagai preventif jika sewaktu-waktu terkena PHK oleh kantornya.
Nah, salah satu cara untuk menambah penghasilan adalah mendirikan toko kelontong. Peminat toko kelontong akan selalu ada dari masa ke masa. Pasalnya, semua orang dari berbagai usia dan kalangan membutuhkan barang yang dijual di toko yang menyediakan kebutuhan sehari-hari.
Nah, jika Anda tertarik untuk membuka toko kelontong secara kecil-kecilan, tapi menguntungkan, simak terus tulisan ini sampai akhir ya.

1. Pilih Posisi yang Strategis
Lokasi menjadi hal paling penting dalam membangun sebuah usaha toko kelontong. Sedikit atau banyaknya pembeli sangat ditentukan oleh lokasi toko. Toko kelontong umumnya menyediakan kebutuhan pokok untuk rumah tangga.
Oleh karena itu, lokasi yang paling tepat adalah di tengah pemukiman. Anda tidak perlu menyewa ruko karena bisa memanfaatkan rumah sebagai lokasi toko. Dengan begitu, modal yang Anda keluarkan menjadi lebih sedikit.

2. Riset Kebutuhan Pasar
Cara selanjutnya yang harus dilakukan adalah riset kebutuhan pasar. Coba kulik apa saja barang-barang yang dibutuhkan oleh tetangga Anda sehari-harinya. Biasanya barang yang muncul adalah barang-barang yang sifatnya cepat habis dan dibutuhkan secara terus menerus seperti sabun, shampo, pasta gigi, beras dan yang lainnya.
Langkah ini juga perlu dilakukan agar barang-barang yang dijual di toko setidaknya sudah punya pasarnya sehingga kamu tidak perlu berspekulasi lagi.

3. Mencari Distributor Barang yang Tepat
Keuntungan yang didapatkan dari toko kelontong adalah selisih harga barang saat dibeli dan dijual kembali ke pelanggan. Lakukan riset dan survei tentang daftar distributor grosiran ini, carilah yang menawarkan harga paling murah dan barang-barangnya berkualitas.
Pilih juga distributor yang mudah untuk diajak berkomunikasi agar usaha Anda tetap lancar ke depannya. Jika telah menemukan yang tepat, ajukan diri menjadi agen dari distributor tersebut agar bisa mendapatkan keuntungan-keuntungan lainnya.

4. Sesuaikan dengan Modal yang Dimiliki
Tips selanjutnya adalah mencari barang apa saja yang hendak dijual. Lebih baik, jika tidak langsung melengkapi barang yang ingin dijual ketika baru membuka toko kelontong. Ada baiknya mencicil kelengkapan barang-barang jualan seiring berjalannya waktu.
Ini semua dilakukan semata-mata untuk menyesuaikan modal yang ada. Anda juga harus fokus untuk mendapatkan untung terlebih dahulu. Lalu, bisa menginvestasikan uang untung tersebut ke kelengkapan barang.

Baca juga : 7 Tips Meningkatkan Persentase Pembelian Berulang Dari Pelanggan Ritel Anda

5. Mencari Bahan Baku yang Murah
Mencari grosir barang dagangan dengan harga murah menjadi tips memulai usaha toko kelontong yang ke 5. Semakin murah harga barang dagangan, akan semakin besar pula keuntungan yang Anda memperoleh keuntungan.
Harga barang di pasar tradiosional biasanya lebih murah dibandingkan dengan toko grosir ternama. Barang yang dijual di pasar pun tak kalah lengkap. Jika Anda ingin menjual beras, sebaiknya beli langsung dari petani.
Untuk meningkatkan minat pembeli, Anda bisa menjual beberapa barang dengan potongan harga. Diskon bisa Anda terapkan untuk barang yang menghasilkan keuntungan paling besar.

6. Membuat Toko Lebih Menarik
Anda pasti sudah memahami dan dapat membayangkan bagaimana kondisi di toko kelontong. Ada etalase dan barang dagangan yang menggantung di atasnya. Kemudian penjual melayani dari balik etalase.
Jika Anda ingin memiliki bisnis toko kelontong yang sukses, cobalah untuk melakukan inovasi. Sebaiknya barang dagangan ditata sedemikian rupa agar tampak lebih rapi. Pembeli akan menyukai penataan seperti ini. Selain itu, Pembeli akan lebih mudah menemukan barang.

7. Memberikan Pelayanan yang Terbaik
Kualitas pelayanan menjadi ujung tombak dari setiap bisnis perdagangan. Orang akan lebih senang berkunjung ke toko yang harga jualnya lebih tinggi namun pelayanannya ramah.
Jadi, harga murah saja tidak cukup untuk menarik perhatian pelanggan. Jangan lupa tersenyum kepada pelanggan yang mampir ke toko Anda. Usahakan untuk selalu berterima kasih atas kunjungan pelanggan tersebut.

Akhir Kata
Bisnis toko kelontong saat ini masih relevan dan masih cukup menjanjikan. Sudah tidak ragu lagi, bukan? Praktikkan tips memulai usaha toko kelontong di atas untuk membangun bisnis yang sukses. Selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp