Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA MENYUSUN SOP MARKETING DAN REKRUT SDM MARKETING

The Best consultant business in Surabaya

CARA MENYUSUN SOP MARKETING DAN REKRUT SDM MARKETING

Pada saat ini kesulitan utama adalah mendapatkan seorang bagian pemasaran yang handal. Kesulitan utama yaitu pencarian level salesman/wiraniaga/pemasar. Ini dialami oleh industry apa saja sehingga beberapa industry beralih dari cara konvensional ke yang lebih ke arah on line dan fifty-fity. Artinya yang mengarah ke On line, perusahaan membuat media penghubung dengan customer menggunakan website ataupun social media agar mendapatkan customer. Ini yang konsepnya ke penjualan on line, oleh sebab itu perusahaan menjadi nama PT. Mesin Kasir Onlie, salah satunya. Perusahaan ini hanya menggunakan customer service dan sales officer yang tidak keliling atau lakukan kunjungan ke customer. Dengan mengandalkan website, customer diundang untuk datang ke office dan di ofiice mereka dilayani sesuai dengan kebutuhannya.

Ada lagi yang fifty-fifty, selain punya sales keliling, juga memelihara website agar perusahaan bisa menyambung ke customer melalui website. Cara 50% : 50% ini banyak yang menggunakan. Namun sayangnya untuk mendapatkan salesman yang keliling juga minta ampun pada saat ini. Sejak ada gojek on line, berbondong-bondong salesman yang gerah dan selama ini gagal sebagai salesman karena jarang capai target enggan melamar jadi salesman lagi, mereka lari ke Gojek dan Uber untuk alternative kariernya. Seharusnya perusahaan tidak mesti surut mencari tenaga kerja yang keliling di bidang pemasaran. Dengan melakukan berbagai pelatihan, pengarahan dan pendidikan yang benar mengenai pemasaran. Kami yakin akan mendapatkan kandidat yang tepat untuk posisi salesman keliling.

Bagaimana langkah-langkahnya agar semua mulus baik on line maupun off line? Salah satunya adalah mulai menyusun SOP untuk marketing. SOP Marketing sangat penting untuk menjaga standard layanan ke pelanggan, standard alur kerja internal di perusahaan, sampai dengan standard pernak-pernik lainnya yang berkaitan dengan pemasaran. Misalnya TOP (term of payment) jangka waktu pembayaran ke customer, diskon, wilayah penjualan yang available bagi salesman, pemberian sample, serta lain-lainnya. Jika SOP dibuat maka salesman yang bekerja di perusahaan tidak bakalan tersesat, sehinga mengakibatkan layanan ke pelanggan tidak maksimal.

Bagaimana cara menyusun SOP Marketing? Langakah-langkahnya adalah :

Identifikasi proses bisnis yang ada di departemen marketing. Mulai Sales order (SO) atau pembuatan dokumen pesanan, diproses ke software accounting, menjadi surat jalan dan invoice sampai barang diterima customer. Kemudian proses customer bayar, sampai uang diterima collector sampai masuk ke kasir perusahaan. Proses mulai Surat jalan diteruskan ke Gudang, dan gudang menyiapkan sampai barang dikirim ke pelanggan membutuhkan waktu berapa lama. Prosedur setelah barang diterima dan kemudian ada return. Bagaiman jika ada return? Mengisi form return dan kembalikan ke gudang setelah itu diproses di accounting. Nah, jika prosedur marketing in bisa dibuat dengan baik, maka salesman atau wiraniaga yang ada di perusahaan merasa bahwa semua prosedurnya dapat menunjang aktivitasnya.

Permasalahan lain adalah bagaimana mencari salesman yang handal? Mulailah mencari salesman melalui berbagai cara. Mulai dari iklan lowongan konvensional di Koran harian, kantor pos, media internet seperti job street atau JOB db, atau melalui media social dan lainnya. Banyak media yang dipakai dalam merekrut karyawan. Setelah dapat, mulailah sosialisasikan SOP marketing yang telah dibuat. Termasuk skema insentif yang sudah dibuat. Dari sini SDM sudah siap menjalani aktivitasnya dengan harapan mengukuti SOP marketing yang telah disusun. Analisalah perbedaannya dengan sebelumnya ketika tanpa SOP salesman gelisah dalam pekerjaannya. Setelah SOP dibuat, ia tenang dan melihat gambaran besar apa saja yang mesti dilakukan selain melakukan penjualan.

Nah, itulah gambaran dalam mengembangkan organisasi pemasaran kita. Apabila dari pembaca ada yang membutuhkan bimbingan atau pembuatan SOP Marketing dan rekrut Salesman atau Tim penjualan untuk perusahaan, serta membutuhkan  software accounting untuk menghitung Insentif salesman. Silahkan menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-8521172 atau 081-252-982900. Tim kami siap membantu! ( Frans M. Royan, SE,MM)

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp