Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA MENGOPTIMALKAN CRM ANDA UNTUK KINERJA MAKSIMUM

The Best consultant business in Surabaya

CARA MENGOPTIMALKAN CRM ANDA UNTUK KINERJA MAKSIMUM

Apa yang prospek dan pelanggan Anda dengar / lihat dari Anda? Apa yang dibutuhkan tim Anda agar lebih sukses? Berhentilah dan pikirkan sejenak. Begitu banyak tantangan dalam lingkungan bisnis saat ini yang menjangkau organisasi, dan mulai dengan harapan untuk mendapat lebih banyak dengan usaha yang lebih sedikit. Apakah itu memiliki informasi dan jawaban yang siap ketika prospek / pelanggan / klien membuat permintaan. Terlepas dari siapa yang mereka tanyakan, meminta anggota tim kami untuk membantu membuat proposal, menyediakan manajemen akun dan layanan hubungan, atau menyediakan layanan pelanggan yang patut dicontoh, daftarnya tidak pernah berakhir. Ini adalah beberapa alasan mengapa CRM sangat penting untuk ditempatkan untuk bekerja bersama dan merespons secara efisien, dengan cara yang menunjukkan kompetensi dan membangun kepercayaan dalam setiap interaksi.
Solusi Customer Relationship Management (CRM) adalah bentuk perangkat lunak manajemen bisnis yang kuat untuk menambahkan nilai ke hampir setiap bisnis. Solusi CRM memungkinkan Anda melacak informasi dan interaksi pelanggan dalam satu database pusat yang dapat diakses oleh semua karyawan Anda. Ini berarti bahwa setiap orang mulai dari Layanan Pelanggan, hingga Penjualan, Pemasaran, dan Akuntansi semuanya dapat merujuk ke satu tampilan tunggal untuk mendapatkan wawasan pelanggan yang akurat dan dapat diandalkan. Pertanyaannya adalah – apakah Anda menggunakan CRM secara efektif?
Karyawan membuang banyak waktu mereka untuk mencari data pelanggan. Jika diatur dan digunakan dengan benar, CRM memberi bisnis akses ke data berharga, memungkinkan mereka meningkatkan retensi pelanggan dan juga menghemat sejumlah besar uang pada jam kerja. Masalahnya adalah banyak bisnis yang belum memanfaatkan potensi CRM mereka sepenuhnya. Langkah-langkah berikut menguraikan beberapa bisnis paling sukses mengoptimalkan CRM mereka untuk kinerja dan manfaat maksimum.

1. Integrasikan data akun di CRM dengan data di semua sistem perusahaan.
Integrasi adalah kuncinya. Ini adalah langkah kunci pertama untuk mencegah informasi yang terfragmentasi tersebar di seluruh sistem Anda dan memastikan bahwa semua data Anda dapat digabungkan ke dalam satu tampilan tunggal. Hari-hari untuk dapat bergantung pada satu sistem sudah lama berlalu, dan sementara Anda bisa lolos dengan pendekatan sistem tunggal sementara bisnis Anda kecil, seiring pertumbuhan Anda, persyaratan sistem Anda dan memastikan bahwa semuanya terintegrasi sedini mungkin akan mendorong pertumbuhan bisnis Anda.

2. Aktifkan & dorong kolaborasi karyawan untuk memastikan konsistensi pesan pelanggan.
Tidak ada yang lebih membuat pelanggan frustrasi daripada menerima informasi yang bertentangan atau tidak konsisten dari bisnis Anda. Penjualan memberi tahu pelanggan Anda bahwa mereka akan menerima penawaran dalam 3 hari kerja, tetapi kemudian customer service Anda memberi tahu pelanggan Anda bahwa waktu tunggu sebenarnya adalah 6 hari kerja – menurut Anda bagaimana perasaan pelanggan Anda? Frustrasi pasti. Mendorong karyawan, terutama lintas departemen yang berbeda, untuk berkomunikasi sehingga informasi yang diberikan pelanggan konsisten. Manfaat CRM adalah dapat melacak semua komunikasi dengan pelanggan dan antar karyawan sehingga selalu ada catatan yang jelas tentang situasi di sekitar pelanggan dan apa yang dikomunikasikan kepada mereka. Ironisnya, pelacakan komunikasi adalah salah satu fungsi yang sering digunakan dan dijalankan dengan buruk dalam solusi CRM.

3. Bedakan pelanggan yang paling menguntungkan.
Setiap tim memiliki kapasitas yang terbatas sehingga penting bagi Anda untuk membedakan pelanggan Anda yang paling menguntungkan sehingga ketika permintaan mereka datang, mereka akan diprioritaskan. Ini tidak berarti bahwa pelanggan yang kurang menguntungkan menerima tingkat layanan pelanggan yang lebih rendah, ini hanya berarti menentukan proses sehingga permintaan pelanggan selalu ditangani oleh individu yang sesuai.

4. Memprediksi preferensi, kebutuhan, dan perilaku pelanggan berdasarkan pandangan historis lintas saluran tentang perilaku.
Kecemerlangan perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan adalah ia menggabungkan semua informasi pelanggan Anda ke satu tempat. Banyak bisnis membuat kesalahan dengan membiarkan data tambang emas ini tidak aktif tanpa benar-benar melakukan apa pun dengannya, mengabaikan fakta bahwa Anda memiliki sumber informasi orang dalam terbaik yang dapat Anda bayangkan tepat di ujung jari Anda. Analisis data perilaku pelanggan untuk menentukan faktor yang mendorong aktivitas ke berbagai saluran Anda, kontak mana di perusahaan yang paling interaktif, seberapa sering pelanggan menjangkau dukungan pelanggan, frekuensi pelanggan membeli produk dan layanan, dan banyak lagi.

5. Buat pedoman untuk mendukung karyawan bagian penjualan dan layanan dengan pedoman tentang penanganan interaksi khusus.
Ini terkait kembali dengan nomor dua, konsistensi adalah kuncinya. Kepuasan pelanggan Anda secara keseluruhan akan jauh lebih tinggi jika pelanggan Anda tahu apa yang diharapkan, dan proses Anda berjalan lebih lancar dan dengan lebih sedikit rintangan jika ada pedoman bisnis yang diberlakukan. Kebanyakan CRM, terutama yang terintegrasi dengan solusi Enterprise Resource Planning (ERP), akan memungkinkan Anda menambahkan buku pedoman dan proses langsung ke dalam solusi.

6. Menetapkan KPI untuk mengukur efektivitas aktivitas keterlibatan pelanggan.
Key Performance Indicator (KPI) adalah nilai yang mengukur seberapa efektif Anda mencapai tujuan bisnis Anda. Menentukan KPI Anda adalah langkah penting untuk mengubah data pelanggan menjadi wawasan yang berharga. Karena CRM Anda adalah hub pusat untuk semua komunikasi dan data pelanggan Anda, menyiapkan KPI akan memungkinkan Anda mengukur efektivitas aktivitas keterlibatan pelanggan dan menetapkan area untuk perbaikan. Beberapa contoh KPI yang dapat Anda atur di CRM adalah: jumlah peluang yang hilang, rasio klik-tayang email, tingkat respons email, atau jumlah keluhan per bulan. Setiap bisnis berbeda, jadi KPI yang Anda tetapkan harus mengatasi tantangan dan tujuan bisnis unik Anda.
Kecuali jika Anda dapat mencentang semua 6 poin yang tercantum di atas, itu berarti ada cara bisnis Anda dapat meningkatkan cara menggunakan CRM. Dalam hal manajemen pelanggan, setiap bit diperhitungkan, dan peningkatan kecil dapat mengarah pada peningkatan retensi pelanggan secara drastis, tetapi juga menemukan lebih banyak peluang.
Ingin meningkatkan laju penjualan anda? Silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp