Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA MEMPERKUAT JARINGAN KARIER SAAT ANDA BARU SAJA MEMULAI

The Best consultant business in Surabaya

CARA MEMPERKUAT JARINGAN KARIER SAAT ANDA BARU SAJA MEMULAI

Saat Anda baru memulai, membuat koneksi baru dan memperkuat jaringan profesional Anda sangat penting untuk mencapai tujuan yang Anda inginkan. Tetapi bimbingan yang Anda butuhkan, seperti bagaimana berkembang dalam peran baru atau mengejar promosi, bisa sulit ditemukan di lingkaran dalam Anda.
Karyawan baru cenderung membuat koneksi profesional berdasarkan kedekatan (kolega yang paling mereka lihat) atau kesamaan (kolega yang paling mereka sukai). Tapi itu salah. Ketika Anda berjejaring dengan rekan kerja seperti Anda atau di dekat Anda, Anda menciptakan ruang gema yang hanya mengedarkan ide yang sama tentang peluang yang sama. Kesamaan itu tidak menguntungkan Anda maupun rekan Anda, terutama dalam hal inovasi dan pertumbuhan.
Meskipun mungkin menakutkan untuk meninggalkan keamanan lingkaran Anda, Anda harus melakukannya. Jaringan yang kuat dan beragam membantu Anda tetap mengikuti tren terbaru dalam industri Anda, bertemu kolaborator baru, dan mendapatkan akses ke peluang atau sumber daya yang dapat membantu Anda menjadi lebih efektif dalam pekerjaan Anda. Cara terbaik (namun sering terlewatkan) untuk membangun jaringan semacam ini adalah dengan berfokus pada koneksi lateral Anda: rekan kerja yang bekerja di berbagai area di perusahaan Anda. Banyak karyawan awal karir tidak menyadari betapa kuatnya hubungan ini.
Koneksi lateral memberi Anda pandangan yang lebih luas dan lebih beragam tentang organisasi Anda, yang pada akhirnya membentuk kualitas pekerjaan Anda dan memberi Anda akses ke peluang terobosan. Misalnya, Anda adalah rekan penjualan yang memiliki interaksi terbatas dengan koordinator di tim pengembangan produk. Mengambil inisiatif untuk menjalin hubungan dengan orang tersebut dapat membuat Anda terpapar pada inovasi yang sedang mereka kerjakan, memungkinkan Anda untuk mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang setiap produk dan melengkapi Anda dengan kisah pribadi di balik perkembangannya. Wawasan dan cerita tersebut akan memungkinkan Anda menjadi jauh lebih efektif dalam melakukan penjualan. Sementara itu, koordinator produk akan belajar dari Anda bagaimana cara berpikir pelanggan ketika memutuskan apakah akan membeli produk atau tidak.
Ini hanyalah salah satu contoh betapa saling menguntungkan hubungan lintas departemen ini. Memperkuat jaringan antardepartemen Anda juga dapat memberi Anda akses ke peluang yang mungkin muncul di bagian lain perusahaan Anda sebelum menjadi publik. Jadi, bagaimana tepatnya Anda bisa memulai?

Cari orang yang dapat Anda pelajari.
Selama rapat di seluruh perusahaan atau lintas departemen, perhatikan dan catat orang dan proyek yang menurut Anda paling menarik. Yang terbaik adalah bersikap strategis tentang hal ini – jangan hanya menjangkau orang-orang yang tampaknya akan menjadi teman yang baik; menjangkau mereka yang pekerjaannya tidak sesuai dengan keinginan Anda. Jika Anda seorang editor, pikirkan tentang berhubungan dengan desainer grafis yang karyanya melengkapi tulisan Anda. Jika Anda di bidang keuangan, pertimbangkan untuk menghubungi rekan Anda dalam pencarian sumber dan diskusikan dengan mereka bagaimana perusahaan mengelola fluktuasi mata uang atau biaya transportasi.

Manfaatkan pertemuan (virtual).
Cara yang berguna untuk membangun koneksi lateral adalah dengan menghadiri atau merencanakan acara dengan orang-orang yang bukan anggota tim Anda. Jika Anda bekerja dari rumah, percakapan online adalah pilihan yang baik. Percakapan yang terjadi selama pertemuan ini seringkali tidak resmi dan mengalir bebas. Jika kantor Anda telah dibuka kembali, Anda dapat mengirim pesan ke beberapa rekan di departemen lain yang ingin Anda hubungi dan bertanya apakah mereka ingin makan siang sebentar (jarak sosial). Ingat, tujuan Anda harus membangun hubungan yang kuat, bukan hanya bertukar catatan tentang pekerjaan. Itu dimulai dengan mengenal orang.
Apa pun acaranya, jika sudah selesai, pastikan untuk menindaklanjuti dengan orang yang paling ingin Anda ikuti. Orang-orang biasanya senang membicarakan pengalaman mereka, jadi jika pertanyaan Anda bersifat hormat dan spesifik, mereka jarang menolak Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk memulai. Anda akan saling menginspirasi, dan, lebih baik lagi, saling membantu memecahkan masalah melalui berbagi pengalaman dan keahlian yang beragam.

Buat atau bergabung dengan grup obrolan online.
Jika Anda bekerja dari jarak jauh, manfaatkan aplikasi seperti Slack. Cari tahu apakah ada grup obrolan yang bisa Anda ikuti. Jika tidak, Anda dapat memimpin dalam menyiapkan saluran untuk topik tertentu (dan tidak harus tentang pekerjaan!). Pikirkan perjalanan, teknologi, memasak, berkebun, film, atau grup kata-hari-hari. Mulailah dengan menanyakan kolega Anda topik apa yang paling mereka minati untuk didiskusikan – Anda dapat melakukannya melalui email sederhana atau menggunakan alat survei gratis seperti Survey Monkey atau Google Survey. Kemudian, satukan grup di platform yang digunakan perusahaan Anda atau melalui Google Hangouts atau Facebook.
Sebagai permulaan, Anda dan orang lain dalam grup akan memiliki satu kesamaan: alasan Anda bergabung dengan grup. Bangkitkan partisipasi aktif dalam grup dengan meminta satu atau dua kolega untuk memulai obrolan. Orang lain akan mengikuti secara organik.

Katakan “ya” lebih sering.
Strategi bagus lainnya untuk membangun koneksi lateral adalah merangkul penugasan yang melibatkan kolaborasi dengan rekan baru dalam organisasi. Jika perusahaan Anda memiliki berbagai komite (seperti komite keberlanjutan, komite perencanaan sosial, atau di dunia sekarang ini, komite perayaan virtual), sukarelawan: ini sering kali merupakan peluang lintas departemen dan merupakan cara yang berharga untuk mengenal orang-orang yang Anda inginkan. biasanya tidak bekerja dengan. Anda dapat mempelajari tentang peluang ini di intranet perusahaan Anda, melalui buletin elektronik, dan dengan bertanya kepada supervisor atau perwakilan SDM Anda.
Banyak perusahaan juga memiliki peluang relawan tanggung jawab sosial. Perwakilan penjualan internal yang saya mentor mengetahui tentang tim softball perusahaannya dengan berbicara dengan rekan-rekannya di departemen lain. Melalui ini, dia memiliki persahabatan dengan teman sebaya yang tidak akan dia temui. Juga, lihat situs web pembelajaran dan pengembangan perusahaan Anda. Ini akan berisi informasi tentang kursus singkat, yang merupakan cara hebat untuk membangun keterampilan Anda dan bertemu orang baru.

Tunjukkan rasa ingin tahu untuk mengubah koneksi menjadi hubungan.
Setelah Anda membuat koneksi awal, Anda dapat membangun ke arah hubungan yang kuat yang memanfaatkan keterampilan dan pengalaman pelengkap Anda. Mulailah dengan menunjukkan minat Anda untuk memahami pekerjaan orang lain dengan mengajukan pertanyaan spesifik, dan bahkan meminta saran yang mudah mereka berikan. Misalnya, jika seorang kolega di bagian sumber daya manusia memberikan presentasi yang menarik bagi Anda, beri tahu mereka dan lihat apakah mereka dapat meluangkan 20 hingga 30 menit untuk membantu Anda mempersiapkan presentasi yang sedang Anda kembangkan. Dengan meminta bantuan, Anda akan menerima bantuan yang berharga dan memperkuat hubungan Anda di sepanjang jalan. Seperti yang ditulis Ben Franklin dalam otobiografinya, “Dia yang pernah melakukan kebaikan kepadamu akan lebih siap untuk melakukan hal lain kepadamu, daripada dia yang telah kamu lakukan sendiri.” Mulailah dari sana, tetapi berikan timbal balik,
Strategi-strategi ini sangat mudah, tetapi terlalu sering diabaikan dan diremehkan. Membuat koneksi lateral penting tidak hanya untuk memperkuat jaringan Anda, tetapi juga mengarahkan Anda ke peluang baru. Mereka dapat membantu Anda menjadi lebih efektif dalam pekerjaan Anda dan memicu ide-ide hebat dengan menjembatani berbagai dunia pengetahuan yang akan Anda miliki melalui jaringan Anda, belum lagi, mereka adalah beberapa yang paling mudah dicapai.
Jadi mengapa tidak memanfaatkan dan mulai sekarang?
Semoga arttikel di atas bermanfaat, apabila pembaca membutuhkan konsultasi terkait SDM, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp