Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA MEMBUAT LANDING PAGE YANG EFEKTIF

The Best consultant business in Surabaya

CARA MEMBUAT LANDING PAGE YANG EFEKTIF

Pernah mendengar landing page sebelumnya? Mungkin bagi sebagian orang, landing page adalah istilah yang cukup asing. Tetapi sadar atau tidak sadar pasti kamu pernah mengunjungi satu halaman website yang berisi konten semua. Website tersebut hanya berisi konten atau penjelasan tentang sesuatu tanpa adanya tombol untuk menuju ke halaman lain.
Sebagai seorang pebisnis, Anda perlu membuat landing page untuk website Anda. Membuat landing page merupakan salah satu strategi online marketing untuk menggaet pelanggan baru dan juga trafik ke situs Anda.
Nah, itulah yang disebut dengan landing page. Biasanya landing page digunakan untuk suatu kebutuhan tertentu seperti kebutuhan SEO, campaign ataupun yang lainnya. Nah, kamu bisa lho membuat landing page sendiri. Pada panduan ini Kami akan menjelaskan cara membuat landing page dengan mudah di website kamu.
Di artikel ini, Kita akan membahas tentang cara membuat landing page dan mendapatkan tips tentang cara mengoptimasinya.

Apa Itu Landing Page?
Sebelum membahas tentang cara mengoperasikan strategi ini, Anda wajib mengetahui apa itu Landing Page.
Landing page adalah halaman web statis yang berfokus pada mendapatkan leads melalui aksi tertentu. Aksi tersebut bisa berupa satu page yang berhubungan dengan situs utama Anda atau terintegrasi sebagai bagian dari website.
Fokus utama dari sebuah landing page dapat bervariasi tergantung pada jenis bisnis yang Anda jalankan. Yang paling umum adalah landing page yang berfungsi sebagai pengarah pengunjung untuk mendaftarkan akun agar mendapatkan uji coba gratis, newsletter mingguan, atau menambahkan produk ke keranjang dan juga wishlist.

Cara Membuat Landing Page Yang Efektif
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu Anda untuk membuat landing page yang efektif.

1. Buat Conversion Goal
Tentukan action yang paling efektif untuk diletakkan pada landing page, dan pastikan agar campaign tersebut sesuai dengan bisnis Anda.
Pikirkan tentang tujuan utama Anda. Apakah Anda ingin membuat pengunjung membeli sesuatu, membuat mereka mendaftarkan monthly subscription, atau men-download aplikasi tertentu?
Untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan, Anda perlu untuk memecahnya ke target yang lebih kecil. Anda dapat mendorong pengunjung agar mendaftarkan akun untuk mencoba uji coba gratis selama 30-hari, mendapatkan ebook, newsletter mingguan, atau voucher diskon.
Sebagai contoh, landing page Spotify akan mengarahkan Anda untuk mendaftarkan akun dan menggunakan versi gratisnya. Namun, Anda akan mendengarkan beberapa iklan di antara lagu. Jika Anda ingin mendengarkan lagu tanpa ada gangguan, Anda harus membeli paket premium.
Ketahui detail tentang audiens Anda dan ingatlah selalu tentang mereka. Untuk itu, analisa lah target user Anda beserta perilakunya. Tentukan average user-nya dan buat lah seolah-olah Anda adalah mereka. Maka, Anda akan mengetahui apa yang mereka butuhkan.
Landing page Anda harus berfokus pada optimasi yang menghasilkan conversion rate yang ingin dicapai.

2. Buat Call to Action (CTA) yang Menarik
Setiap landing page harus memiliki call-to-action yang jelas dan mudah dipahami. Call-to-action yang jelas adalah elemen utama yang menuntun pengunjung untuk melakukan langkah selanjutnya atau required action.
Entah berupa formulir atau tombol, buatlah tampilannya semenarik mungkin dan mudah untuk diklik. Gunakan warna yang ccerah dan kontras dengan warna untama landing page, seperti yang dilakukan oleh Spotify. Spotify menggunakan warna hijau sebagai tombol CTA pada background landing page yang dominan dengan warna oranye dan kuning.

Baca juga artikel tentang : CARA MENGGUNAKAN CALL TO ACTION YANG EFEKTIF

3. Buatlah Desain Yang Bersih Dan Terorganisir
Tampilan dan struktur landing page memiliki efek yang besar pada tingkat efektifitas dan tingkat konversi landing page yang Anda buat. Tujuan landing page haruslah membuat pengunjung mudah melakukan tindakan, jadi ingatlah tujuan tersebut dalam membuat dan mendesain landing page.
Buat semua elemen seperti image, teks, dan call to Action dengan tujuan untuk memudahkan pengunjung melakukan tindakan tertentu. Oleh karena itu, buatlah desain yang tidak terlalu ramai dengan gambar dan bentuk, namun Anda tetap bisa bermain dengan warna. Pastikan desain yang dibuat tidak mendistraksi pengunjung dari tujuan landing page, yaitu untuk membuat pengunjung melanjutkan tindakan dengan mengklik tombol CTA.
Oleh karena itu Anda dapat memilih warna-warna cerah yang eye-catching. Buat tombol CTA dengan warna merah atau hijau karena warna tersebut terbukti mampu meningkatkan konversi dari landing page. Buat juga kontras warna antara tombol CTA dan warna latar belakang dari landing page. Mungkin Anda tidak akan langsung membuat landing page yang efektif namun dengan terus melakukan uji coba , Anda akan dapat membuat landing page paling efektif dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Buat Landing Page Yang Mobile Friendly
Hampir 80% traffic yang datang ke sebuah website dari mesin pencari seperti Google berasal dari mobile phone. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk membuat landing page yang mobile-firendly. Anda tidak ingin kehilangan traffic yang berharga dari perangkat mobile, bukan? Selain itu, sebuah studi-pun membuktikan bahwa website yang mobile-friendly mendapatkan dua kali lebih banyak traffic dari website yang tidak diptomasi untuk perangkat mobile. Dengan fakta tersebut, Anda harus membuat dan memastikan bahwa landing page telah dioptimasi untuk perangkat mobile.

Itulah Cara Membuat Landing Page Yang Efektif. Jika Anda membutuhkan Info tentang profesional pemasaran modern, kami siap membantu. Silahkan hubungi kami DISINI.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp