Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA MEMASARKAN PRODUK JASA KEUANGAN

The Best consultant business in Surabaya

CARA MEMASARKAN PRODUK JASA KEUANGAN

Pemasaran jasa keuangan mengacu pada penggunaan kolektif taktik pemasaran yang digunakan oleh pemasar di sektor jasa keuangan untuk menarik pelanggan baru atau mempertahankan pelanggan yang sudah ada.
Kami telah menyusun daftar 4 tips pemasaran keuangan komprehensif yang dapat Anda terapkan. Strategi-strategi ini diterapkan oleh para pemikir terbaik dan tercerdas dalam pemasaran keuangan secara menyeluruh.
Ini adalah saran yang kami berikan kepada semua pelanggan kami, dan, tentu saja, ada banyak detail yang masuk ke dalam setiap strategi. Namun kami juga sangat yakin dalam membantu setiap pemasar keuangan melakukan pekerjaan mereka dengan baik, itulah sebabnya kami memutuskan untuk membagikan strategi kami. 4 strategi pemasaran jasa keuangan ini adalah tempat yang baik untuk memulai banyak strategi pemasaran untuk bank dan lembaga keuangan.

1. Jangkauan Pelanggan
Jangkauan pelanggan adalah salah satu strategi pemasaran tertua dan paling sederhana untuk diadopsi oleh bank dan lembaga keuangan. Namun, itu juga salah satu yang paling efektif. Penjangkauan pelanggan secara sederhana adalah konsep menjangkau pelanggan untuk memenuhi kebutuhan yang ada seputar pendidikan, kesadaran, dan bantuan. Skala ini untuk organisasi kecil dalam bentuk konsultasi gratis dan webinar dan yang lebih besar dalam bentuk pendidikan keuangan seperti program manajemen utang atau pendidikan keuangan di sekolah.
Mengapa itu berhasil? Jangkauan pelanggan mungkin tampak seperti penggunaan anggaran yang sebagian besar bersifat filantropis, tetapi ini berhasil membangun kesadaran, loyalitas pelanggan, serta minat pada produk dan layanan. Strategi pemasaran keuangan yang dirumuskan dengan cermat mempertimbangkan layanan dan fitur yang Anda coba jual. Misal, jika Anda tahu wilayah geografis Anda memiliki persentase manula yang besar, Anda dapat membuat program pendidikan keuangan gratis yang mengajarkan manula untuk menggunakan perbankan digital dan tentang keamanan online. Program-program ini pada gilirannya akan mempromosikan rekening tabungan dan solusi digital.

2. Media Sosial
Hampir setiap orang kini memiliki akun media sosial dan banyak yang menggunakan media sosial hingga 4-5 jam per hari. Penggunaan Anda yang cerdas dan konsisten dari satu atau lebih platform media sosial adalah strategi pemasaran keuangan yang berharga yang tidak dapat Anda abaikan. Milenial, Generasi Z, dan bahkan Baby Boomers menggunakan platform media sosial untuk terhubung dengan merek, belajar dari rekan, dan mengikuti acara dan berita terkini. Mempertahankan kehadiran yang stabil di satu atau beberapa situs dengan strategi untuk menawarkan nilai kepada pengikut akan membantu Anda membangun kepercayaan merek, menciptakan peluang pemasaran, dan menumbuhkan basis pelanggan Anda.
Banyak organisasi keuangan dan perbankan menggunakan media sosial untuk terhubung dengan konsumen yang bertujuan membangun kepercayaan. Misalnya, dengan menunjukkan bahwa orang-orang nyata bekerja di bank dan di layanan keuangan, menampilkan pelanggan dan kisah sukses, dan memberikan layanan pelanggan. Strategi pemasaran media sosial yang baik membutuhkan penggunaan cerita, konten, dan humor kreatif yang cerdas serta konsistensi dan kemauan untuk menawarkan nilai bagi pelanggan daripada bank. Namun, upaya ini sepadan dengan membangun kepercayaan, kesadaran, dan hubungan dengan konsumen di tempat mereka.

Baca juga artikel tentang : 15 Taktik Pemasaran Online Efektif untuk Bisnis Keecil dengan Anggaran Rendah

3. Otomatisasi dan Big Data
Sebagian besar organisasi keuangan memiliki lebih banyak data daripada yang mereka tahu apa yang harus dilakukan, tetapi itu berubah dengan cepat. Saat ini, platform pengalaman pelanggan dan alat otomatisasi membuat penggunaan dan penerapan data menjadi lebih mudah dari sebelumnya sebagai bagian dari strategi pemasaran Anda untuk layanan keuangan. Misalnya, data besar dapat memberi tahu Anda siapa yang menabung untuk pembelian besar dan kemungkinan besar memerlukan persetujuan awal untuk pinjaman, data besar dapat membantu Anda mengidentifikasi dan menawarkan layanan sebelum atau sesudah dibutuhkan, ini dapat membantu Anda untuk menargetkan pelanggan tertentu untuk layanan pelanggan tambahan atau pendidikan keuangan digital, dan dapat membantu Anda mengurangi layanan pelanggan yang dibutuhkan.
Sebagai contoh, JP Morgan menggunakan bot untuk menanggapi permintaan akses TI internal, mengurangi kebutuhan 40 karyawan tetap, dan mempercepat proses. Bank lain menggunakan otomatisasi untuk menyesuaikan layanan, menawarkan solusi yang lebih spesifik atau personal, dan untuk membuat data dan dasbor khusus untuk pelanggan dengan cara yang akan sangat mahal tanpa otomatisasi.

4. Digital Storytelling
Bercerita masih menjadi salah satu media pemasaran yang paling efektif, baik di media sosial, video, iklan, atau platform lintas saluran yang meluas ke dunia nyata. Di sini, strategi pemasaran Anda harus mencakup menceritakan kisah yang menarik minat dan membangkitkan emosi untuk menarik, menggairahkan, dan menggerakkan pemirsa. Di sini, tujuan Anda adalah membuat konten yang dapat dihubungkan dan dibagikan yang dapat mendidik, menghibur, atau membantu pembaca dalam beberapa hal – dan mudah-mudahan mengelola ketiganya sekaligus.
Apa pun yang dilakukan organisasi keuangan Anda, media digital membuka berbagai ide, taktik, dan strategi pemasaran kreatif yang dapat Anda ambil. Namun, Anda tidak boleh fokus hanya pada satu atau mencoba menggabungkan semuanya. Alih-alih, buat strategi pemasaran keuangan tunggal yang lebih luas sehingga setiap elemen menambah dan membangun sisanya, dan ini tentu saja menambah nilai bagi organisasi Anda.

Setiap bisnis terlepas dari berbagai jenisnya, pasti memerlukan uang sebagai pendanaan untuk berbagai aktivitas atau program bisnis Anda, bahkan untuk Anda yang mungkin tengah mengelola bisnis jasa keuangan seperti Koperasi Simpan Pinjam atau BPR. Justru jika bisnis Anda bergerak dibidang jasa keuangan, kemungkinan arus kas Anda akan lebih terancam jika memiliki nasabah yang kurang bertanggungjawab. Jika saat ini Anda tengah menjalankan bisnis jasa keuangan dan membutuhkan informasi lebih jelas perihal cara pemasaran bisnis layanan keuangan Anda yang benar, silahkan hubungi kami DISINI. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp