Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

CARA EFEKTIF MENDESAIN SISTEM MANAJEMEN PERUSAHAAN

The Best consultant business in Surabaya

CARA EFEKTIF MENDESAIN SISTEM MANAJEMEN PERUSAHAAN

Kali ini konsultan manajemen untuk Surabaya, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Balikpapan, Palembang dan Medan sedang mengulas bagaimana mendesain sistem manajemen perusahaan. Yang akan kami paparkan dibawah ini.

Seperti yang diketahui desain sistem manajemen itu tidak ubahnya seperti roda berputar, atau roda gila dimana satu sama lainnya saling terhubung. Sehingga jika ada yang macet maka yang lain ikut macet. Dalam medesain sistem manajemen beberapa hal mesti diperhatikan antara lain proses bisnis yang ada di dalam perusahaan. Proses bisnis ini bisa kita lihat dari flow pekerjaan. Mulai dari order masuk, order diproses dan order diwujudkan dalam bentuk delivery produk. Lalu flow pencatatan penjualan mulai dari barang diambil di gudang, sampai menjadi piutang penjualan (AR). Setelah itu sampai dengan Piutang penjualan di bayar dan dilunaskan di sistem. Flow berikutnya yang terkait dengan pembelian baik barang dagangan, barang non dagangan dan bahan baku. Mulai dari pembuatan PO sampai dengan barang datang dan diterima gudang. Lalu sampai kepada pencatatan di accounting sehingga menjadi hutang dagang (AP).

Berikutnya flow arus kas di perusahaan mulai uang keluar, uang masuk dan uang disetor di rekening. Berikutnya proses penghitungan barang datang, penyimpanan sampai dikeluarkan untuk dijual. Selanjutnya jika produk diproduksi sendiri, berarti mulai barang mau akan diproduksi sampai dengan barang mulai diproduksi. Hingga akhir barang jadi di gudang barang jadi. Proses ini selalu ada di dalam perusahaan dan akan terjadi dengan urut-urutan. Sampai perusahaan mendapatkan laporan keuangan. Nah, proses-proses yang terjadi bisa diatur alurnya sesuai standard yang efektif dan inilah yang dinamakan desain sistem manajemen.

Sistem manajemen yang modern, sudah menggunakan software sebagai sistem informasi manajemen yang standard dan banyak membantu perusahaan mulai produksi atau pengadaan barang, penjualan, pembelian, inventory dan pencatatan arus kas yang ada di perusahaan. Desain sistem manajemen ini pada perusahaan yang berjalan mengalir dengan sendirinya. Namun perlu diketahui agar desain sistem yang sudah berjalan dengan lancar itu bisa diturunkan, maka di perusahaan perlu dibuatkan dokumen. Dimana keunggulan dokumen ini adalah agar SDM yang sudah pensiun, atau diganti orang lain maka sistem manajemen yang sudah ditetapkan ini bisa berjalan dengan baik melalui orang-orang baru.

Apabila perusahaan anda saat ini belum ada dokumen sistem manajemen, maka sebaiknya segera menciptakan dokumen itu. Apabila tidak mampu melakukan sendiri, maka kehadiran seorang konsultan dalam hal ini sangat penting untuk membantunya. Silahkan hubungi kami di 081-252982900 (wa) kami akan siap membantu anda dalam mewujudkan desain sistem manajemen yang paling efektif dan efisien.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp