Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN TATA KELOLA PERUSAHAAN ANDA

The Best consultant business in Surabaya

BAGAIMANA MEMAKSIMALKAN TATA KELOLA PERUSAHAAN ANDA

Jika mendengar tata kelola perusahaan, itu pasti keren. Siapa yang tidak mau memiliki perusahaan dengan tatakelola yang cukup baik. Namun bagaimana sebuah perusahaan memiliki tata kelola yang baik? Tentunya ada langkah-langkah yang mesti dilalui. Seperti yang ada di bawah ini:
1. Bangun rentang kendali dan kontrol perusahaan – perusahaan jika tidak ada pengendalinya maka anggota organisasi tidak tersistematis dengan baik. Oleh sebab itu buatlah struktur organisasi perusahaan yang ideal dimana setiap departemen memiliki leader-leader yang baik. Sebab masih banyak perusahaan yang menjadi karyawan mayoritas adalah para admin. Disitu peran bisnis owner masih sangat terpusat. Hindari ini agar tata kelola perusahaan tersistematis.

2. Buat setiap karyawan memiliki job des masing-masing – ini penting agar perusahaan kita tidak menjadi lokasi ajang pertemuan diskusi yang tidak perlu, masing-masing punya job des dan bekerja sesuai dengan job des masing-masing sesuai tanggung jawabnya.
3. Buat SOP perusahaan – ini juga harus ada supaya SOP mengatur kinerja mereka atas dokumen yang ditanda tangani dan semua proses bisnis yang terpantau dan terkontrol. Ini tidak bisa dihindari agar perusahaan bisa berjalan dengan baik.
4. Gunakan teknologi seperti software : accounting, pay roll & HRD, dan software penunjang lainnya. Software adalah teknologi yang akan membantu setiap proses bisnis agar semua tercatat dengan baik dan benar, serta terpantau.
5. Siapkan peraturan perusahaan, ini juga perlu karena semakin besar perusahaan, maka perlu aturan main yang jelas. Perusahaan anda semakin besar tidak bisa akan mengatur jumlah karyawan yang semakin besar.
6. Lakukan audit finance dan accounting serta operasional dalam perusahaan yang sehat, bagian ini sangat penting agar semua bisa dikendalikan dengan baik. Serta temuan kecurangan bisa diatasi dengan segera.
7. Pakailah Dasboard dalam mengelola perusahaan, ini juga bagian yang tak kalah pentingnya agar kinerja perusahaan semakin baik dan bisa dipantau dengan baik pula. Dasboard bisa menarik KPI setiap fungsi jabatan untuk kebutuhan pemberian reward dan lainnya.
Semoga langkah-langkah yang telah dipaparkan di atas memiliki manfaat bagi pembaca yang budiman. Jika membutuhkan pendampingan tatakelola perusahaan yang baik, dari perusahaan konvensional menjadi perusahaan modern, silahkan hubungi kami di https://wa.me/6281252982900. Kami siap mendampingi anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp