APA MANFAAT STUDY KELAYAKAN BISNIS DAN SIAPA YANG MEMBUTUHKANNYA?

Saat seseorang atau sekelompok orang yang hendak membangun sebuah bisnis, maka seringkali terdapat beberapa hal yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan mereka. Dan pertimbangan utama dalam membangun sebuah bisnis pastinya sudah menyangkut pada profit.

Pertanyaan yang akan muncul dalam proses pertimbangan tersebut biasanya adalah terletak pada apakah bisnis yang tengah mereka rintis dan akan dikembangkan tersebut bisa menguntungkan atau tidak? Apabila menguntungkan, lalu apakah keuntungan tersebut juga akan bisa berpotensi untuk terus bertambah ataukah malah justru akan semakin menurun?

Untuk bisa mengetahui jawaban atas berbagai pertanyaan-pertanyaan tersebut, maka dibutuhkan adanya sebuah penelitian yang akan ditinjau dari berbagai macam aspek. Penelitian tersebut nantinya juga akan bisa dijadikan sebagai dasar utama dari berbagai pertimbangan-pertimbangan penting dari para pelaku usaha untuk mengira-ngira apakah sebuah bisnik sudah benar-benar layak untuk dikerjakan, ditunda, atau bahkan dibatalkan. Penelitian yang akan dilakukan untuk mengetahui tentang kelayakan dari sebuah bisnis disebut dengan feasibility study (studi kelayakan) bisnis.

Manfaat studi kelayakan bisnis (feasiblity study)

Studi kelayakan bisnis merupakan penelitian yang sangat penting untuk dilakukan sebelum seseorang atau sekelompok orang akan memulai sebuah usaha. Beberapa manfaat dari studi kelayakan bisnis adalah sebagai berikut:

1. Menghindarkan dari Kemungkinan Terjadinya Resiko Kerugian pada Bisnis.

Studi kelayakan bisnis sangat bermanfaat untuk membantu para pelaku bisnis dalam menghindari kemungkinan terjadinya resiko kerugian. Apabila pelaku bisnis melewatkan studi kelayakan bisnis dalam perencanaan bisnisnya, maka ia akan menjadi semakin kesulitan untuk mengetahui apakah bisnis tersebut dapat mendatangkan keuntungan atau malah justru semakin merugikan untuknya. Dengan adanya studi kelayakan bisnis, maka para pelaku bisnis akan dapat terhindarkan dari resiko terjadinya kerugian dengan langkah-langkah menunda atau membatalkan rencana bisnis yang mendapatkan penilaian tidak layak dalam studi kelayakan bisnis tersebut.

2. Memudahkan Dalam Hal Perencanaan dan Strategi Bisnis.

Studi kelayakan bisnis juga sangat bermanfaat untuk membantu para pelaku bisnis dalam menyusun rencana kegiatan bagi perusahaan. Studi kelayakan bisnis yang telah dilakukan sebelum bisnis dibangun akan semakin memudahkan bagi para pelaku bisnis dalam menentukan program perusahaan seperti apakah yang dapat mendatangkan benefit lebih banyak bagi perusahaannya.

3. Lebih Memudahkan Dalam Pelaksanaan Bisnis.

Studi kelayakan bisnis akan sangat berguna untuk membantu para pelaku bisnis dalam merealisasikan program-program dari perusahaan. Lebih memudahkan para pelaku bisnis dalam mengevaluasi kebijakan-kebijakan apa saja yang sekiranya akan memberikan keuntungan dan kebijakan apa saja yang justru akan menyebabkan terjadinya kerugian pada bisnis.

4. Lebih Memudahkan Dalam Hal Pengawasan Bisnis.

Studi kelayakan bisnis yang memiliki banyak sekali aspek untuk diteliti. Laporan dari berbagai aspek yang akan diteliti dalam studi kelayakan bisnis inilah yang nantinya akan semakin memudahkan bagi para pelaku bisnis untuk melakukan pengawasan pada perusahaannya. Studi kelayakan bisnis juga semakin memudahkan bagi para pelaku bisnis untuk pengawasan serta memberikan data apabila sewaktu-waktu dilaksanakan audit, baik secara internal maupun secara eksternal.

5. Memudahkan Proses Pengendalian Pada Bisnis.

Studi kelayakan bisnis sangat berguna pula untuk memudahkan proses pengendalian pada internal perusahaan. Apabila sewaktu-waktu terjadi gangguan, maka pelaku bisnis dapat dengan cepat menentukan aspek-aspek mana saja yang nantinya akan menjadi pusat dari kekacauan tersebut. Selanjutnya, pelaku bisnis juga dapat dengan cepat pula untuk mengendalikan masalah yang terjadi dengan mencari solusi berdasarkan studi kelayakan bisnis yang telah dilakukan sebelumnya.

Studi kelayakan bisnis tidak hanya sangat berguna untuk para pelaku bisnis. Terdapat pihak-pihak lain yang sangat membutuhkan hasil dari studi kelayakan bisnis untuk membantu mereka dalam mencapai kepentingan masing-masing. Pihak-pihak tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

1. Pihak Investor.

Investor adalah pihak yang akan menanamkan modalnya kepada sebuah perusahaan. Laporan dari studi kelayakan bisnis sangat berguna bagi para investor dalam menentukan seberapa besar modal yang nantinya akan mereka tanamkan pada sebuah perusahaan. Hasil dari studi kelayakan bisnis yang baik akan membuat para investor lebih berani dalam menanamkan modal yang lebih besar. Namun sebaliknya, apabila hasil dari studi kelayakan bisnis yang terlalu buruk akan menjadikan para investor menghindari untuk menanamkan modalnya pada sebuah perusahaan.

2. Pihak Kreditur.

Bagi perusahaan yang membutuhkan modal sangat besar, pelaku bisnis biasanya akan mengajukan pinjaman pada pihak Bank. Bank sebagai kreditur utama akan menggunakan laporan dari studi kelayakan bisnis sebagai dasar utama dalam hal pengambilan keputusan apakah akan memberikan pinjaman atau tidak memberikan pinjaman kepada sebuah perusahaan. Hasil dari studi kelayakan bisnis yang bagus akan semakin meningkatkan kepercayaan para kreditur terhadap pengusaha.

3. Pihak Manajemen Internal Perusahaan.

Pihak manajemen perusahaan membutuhkan laporan dari studi kelayakan bisnis sebagai sebuah indikator utama atas manajemen yang telah diterapkan selama ini. Studi kelayakan bisnis juga sangat berguna bagi pihak manajemen dalam mengetahui sampai seberapa besaran dana yang nantinya akan dibutuhkan serta dapat pula digunakan sebagai pedoman utama dalam melaksanakan atau mengolah proyek di masa mendatang.

4. Pihak Pemerintah.

Sebuah bisnis membutuhkan izin dari pihak pemerintah untuk kepentingan legalitas. Studi kelayakan bisnis juga dapat digunakan oleh pihak pemerintah sebagai dasar utama dalam hal pengambilan keputusan untuk memberikan izin usaha atau tidak.

5. Pihak Masyarakat.

Suatu bisnis tidak hanya membutuhkan adanya izin dari pemerintah, namun juga dari masyarakat yang berada di sekitar lokasi usaha. Studi kelayakan bisnis juga dapat digunakan oleh masyarakat untuk meninjau apakah sebuah badan usaha yang hendak dibangun pada kawasan tersebut memang ramah lingkungan atau tidak dan dapat bermanfaat bagi kehidupan sosial ekonomi masyarakat atau sebaliknya.

Nah, itulah beberapa manfaat penting dari dilakukannya feasibility study (studi kelayakan) pada bisnis serta pihak-pihak mana saja yang sangat membutuhkan hasil dari dilakukannya studi kelayakan bisnis, semoga bisa bermanfaat dan salam sukses. Apabila pembaca membutuhkan pembuatan study kelayakan bisnis, silahakan hubungi 081-8521172 atau 081-252-982900. Kami siap membantu!

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp