Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

APA ITU LEAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT?

The Best consultant business in Surabaya

APA ITU LEAN SUPPLY CHAIN MANAGEMENT?

Konsep lean sebenarnya telah berkembang selama bertahun-tahun, namun karena Industri 4.0 telah menjadi tren terbaru, hal ini membuat rantai pasokan yang menggunakan metodologi Lean telah menjadi fokus utama dalam bisnis.
Lean Supply Chain Management (LSCM) merupakan strategi rantai pasok yang didasarkan pada biaya dan pengurangan waktu proses rantai pasok keseluruhan untuk meningkatkan efektivitas. Fokus LSCM adalah upaya mengoptimalkan proses dari semua rantai pasok, mencari penyederhanaan, mengurangi limbah dan mengurangi kegiatan yang tidak memberikan nilai tambah (Machado dan Duarte, 2010). Dengan menerapkan konsep LSCM perusahaan diharapkan mampu mengurangi kegiatan yang tidak bernilai tambah dan menekan biaya produksi, sehingga dapat meningkatkan produktivitas dengan tetap menjaga kualitas produk.

Keuntungan dari Lean Supply Chain Management
Keuntungan dari Lean Supply Chain Management tidak dapat diremehkan, kompleksitas rantai pasokan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir dan lebih penting dari sebelumnya untuk memiliki strategi rantai pasokan yang konkret. Lean Supply Chain Management akan memberi bisnis keunggulan kompetitif dibandingkan rantai pasokan normal yang memungkinkan bisnis untuk menanggapi permintaan pasar dan kebutuhan pelanggan dengan kelincahan yang lebih besar.
Beberapa keuntungan dari Lean Supply Chain Strategy antara lain:
• Biaya Inventaris Lebih Rendah– Mengurangi jumlah bahan baku, barang dalam proses dan stok jadi akan mengurangi biaya persediaan secara keseluruhan.
• Penghapusan Limbah– Seperti disebutkan di atas, penghapusan pemborosan di semua fungsi akan memiliki efek positif pada waktu tunggu dan mengurangi kemacetan.
• Peningkatan Produktivitas & Fleksibilitas– Menghilangkan pemborosan berarti Anda akan melihat peningkatan produktivitas, menciptakan fleksibilitas yang lebih besar terhadap permintaan pasar.
• Peningkatan Kualitas– Memanfaatkan prinsip Lean memungkinkan peningkatan kualitas sambil mengurangi kesalahan pada pelanggan Anda.
• Semangat Karyawan– Ketika Lean Supply Chain diimplementasikan dengan sukses, itu akan memberdayakan karyawan, meningkatkan moral.

Baca juga tentang : Penerapan Terbaik Supply Chain Management Dalam Bisnis

Kekuatan keseluruhan dari Lean Supply Chain Management tidak dapat dicapai tanpa hubungan dekat yang didasarkan pada rasa saling percaya, kolaborasi, dan rasa hormat. Koneksi ini diperlukan untuk memastikan bahwa pemangku kepentingan rantai pasokan dapat melayani pelanggan dan menciptakan profitabilitas di semua pemangku kepentingan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp