Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

APA DEFINISI SALURAN DISTRIBUSI?

The Best consultant business in Surabaya

APA DEFINISI SALURAN DISTRIBUSI?

Kali ini konsultan manajemen Autopilot Surabaya mengulas artikel mengenai Saluran Distribusi. Saluran distribusi (Juga disebut saluran pemasaran) merupakan jalur atau rute yang ditentukan oleh perusahaan untuk menyalurkan barang atau layanannya kepada pelanggan. Rute dapat didesain sesingkat antara perusahaan dan pelanggan atau dapat mencakup beberapa perantara yang saling berhubungan seperti grosir, distributor, pengecer, dll.

Oleh karena itu, saluran distribusi juga dapat disebut sebagai seperangkat perantara yang saling bergantung yang membantu membuat produk tersedia bagi pelanggan akhir.

Untuk memahami pentingnya saluran distribusi, Anda perlu memahami bahwa saluran distribusi tidak hanya menjembatani kesenjangan antara produsen suatu produk dan penggunanya. Saluran distribusi menyediakan waktu, tempat, dan utilitas kepemilikan. Mereka menyediakan produk kapan, di mana, dan dalam jumlah yang diinginkan pelanggan. Namun selain fungsi transaksional ini, saluran pemasaran juga bertanggung jawab untuk menjalankan fungsi-fungsi berikut:

• Logistik dan Distribusi Fisik
Saluran pemasaran bertanggung jawab dalam perakitan, penyimpanan, penyortiran, dan pengangkutan barang dari produsen ke pelanggan.

• Fasilitasi
Saluran distribusi bahkan menyediakan layanan pra-penjualan dan pasca-pembelian seperti pembiayaan, pemeliharaan, penyebaran informasi, dan koordinasi saluran.

• Menciptakan Efisiensi
Aktifitas dilakukan dengan dua cara: pemecahan massal dan menciptakan bermacam-macam. Pedagang grosir dan pengecer membeli barang dalam jumlah besar dari produsen tetapi memecah sebagian besar dengan menjual sedikit pada satu waktu ke banyak saluran lain atau pelanggan. Mereka para juga menawarkan berbagai jenis produk di satu tempat yang sangat bermanfaat bagi pelanggan karena mereka tidak harus mengunjungi pengecer yang berbeda untuk produk yang berbeda.

• Berbagi Risiko
Karena sebagian besar saluran membeli produk sebelumnya, mereka juga berbagi risiko dengan produsen dan melakukan segala yang mungkin untuk menjualnya.

• Pemasaran
Saluran distribusi juga disebut saluran pemasaran karena merupakan salah satu titik inti di mana banyak strategi pemasaran dijalankan. Mereka berada dalam kontak langsung dengan pelanggan akhir dan membantu produsen dalam menyebarkan pesan merek dan manfaat produk serta manfaat lainnya kepada pelanggan.

Saluran Tidak Langsung (Menjual Melalui Perantara)
Ketika produsen melibatkan perantara / perantara untuk menjual produknya ke konsumen akhir, dikatakan menggunakan saluran tidak langsung. Saluran tidak langsung dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis:

• Saluran Satu Tingkat (Produsen ke Pengecer ke Pelanggan)
Pengecer membeli produk dari produsen dan kemudian menjualnya kepada pelanggan. Saluran distribusi satu tingkat berfungsi paling baik bagi produsen yang bergerak di bidang barang belanjaan seperti pakaian, sepatu, furnitur, mainan, dll.

• Saluran Dua Tingkat (Produsen ke Pedagang ke Pengecer ke Pelanggan)
Pedagang grosir membeli sebagian besar dari produsen, memecahnya menjadi paket kecil dan menjualnya ke pengecer yang akhirnya menjualnya kepada pelanggan akhir. Barang yang tahan lama, terstandarisasi dan agak murah dan target pemirsa tidak terbatas pada area terbatas menggunakan saluran distribusi dua tingkat.

• Saluran Tiga Tingkat (Produsen ke Agen ke Pedagang ke Pengecer ke Pelanggan)
Saluran distribusi tiga tingkat melibatkan agen selain pedagang grosir dan pengecer yang membantu dalam menjual barang. Agen ini berguna ketika barang harus bergerak cepat ke pasar segera setelah pesanan ditempatkan. Mereka diberi tugas untuk menangani distribusi produk dari daerah atau kabupaten tertentu dengan imbalan komisi persentase tertentu.

Agen tersebut dapat dikategorikan menjadi super stockist dan agen pembawa dan penerusan. Kedua, agen ini menyimpan stok atas nama perusahaan. Stockist super membeli stok dari produsen dan menjualnya ke grosir dan pengecer di daerah mereka. Sedangkan agen pembawa dan penerusan bekerja berdasarkan komisi dan menyediakan gudang dan keahlian pengiriman untuk pemrosesan pesanan dan pengiriman jarak jauh.

Produsen memilih saluran pemasaran tiga tingkat ketika basis pengguna tersebar di seluruh negeri dan permintaan produk sangat tinggi.

Distribusi Ganda
Ketika pabrikan menggunakan lebih dari satu saluran pemasaran secara bersamaan untuk menjangkau pengguna akhir, pemasaran dikatakan menggunakan strategi distribusi ganda. Mereka dapat membuka ruang pamer mereka sendiri untuk menjual produk secara langsung sementara pada saat yang sama menggunakan pasar internet dan pengecer lainnya untuk menarik lebih banyak pelanggan. Contoh sempurna barang yang dijual melalui distribusi ganda adalah smartphone.

Terima kasih telah berkunjung ke website kami, itulah sedikit penjelasan mengenai definisi saluran distribusi. Apabila pembaca membutuhkan konsultasi manajemen, membutuhkan pembenahan Standar Operational Procedure (SOP) perusahaan dan membutuhkan Accounting Software,  pembaca dapat menghubungi groedu@gmail.com atau kontak 081-252-982900 / 081-8521172. Kami siap membantu Anda.

 

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp