Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

AGAR IDENTIFIKASI DAN DOMINASI CERUK PASAR TERFOKUS ANDA MENGUNTUNGKAN

The Best consultant business in Surabaya

AGAR IDENTIFIKASI DAN DOMINASI CERUK PASAR TERFOKUS ANDA MENGUNTUNGKAN

Pernahkah Anda berpikir untuk mengubah passion Anda menjadi sebuah bisnis? Banyak bisnis menawarkan berbagai macam produk atau layanan tetapi berjuang untuk menjadi pemimpin pasar untuk setiap penawaran mereka. Alih-alih menargetkan populasi yang luas, ide Anda dapat berfokus pada sebagian kecil calon pelanggan. Mempersempit ruang lingkup Anda memberikan kesempatan untuk menjadi yang terbaik dalam apa yang Anda lakukan.
Baik Anda memulai bisnis baru atau mengembangkan bisnis yang sudah ada, pemasaran pada pasar yang terfokus adalah cara yang efektif untuk menetapkan pemosisian merek Anda. Dengan berfokus pada audiens kecil, bisnis Anda akan dapat memperluas sumber dayanya lebih jauh dan mendatangkan pelanggan yang sangat selaras dengan penawaran Anda. Mereka adalah orang-orang yang paling membutuhkan produk Anda dan karena itu kemungkinan besar akan berkonversi dan tetap menjadi pelanggan setia.
Para ahli mengatakan ada beberapa elemen utama yang harus dipertimbangkan ketika mencoba mengidentifikasi dan mendominasi ceruk pasar yang terfokus. Berikut beberapa elemen diantaranya.

1. Pelanggan yang mudah dikenali
Pelanggan potensial yang mudah dilihat adalah ciri khas ceruk bisnis yang hebat. Anda akan lebih mudah untuk mengidentifikasi siapa yang akan berbisnis dengan Anda berdasarkan serangkaian karakteristik yang dapat diandalkan. Jika Anda tidak dapat menempatkan pelanggan ideal Anda ke dalam segmen yang dapat diidentifikasi, rencana bisnis untuk ceruk Anda belum boleh dilakukan.

2. Pelanggan yang mudah diakses
Agar ceruk bisnis Anda menguntungkan, pelanggan potensial Anda juga harus dapat Anda akses dengan mudah, dan mengaksesnya harus lebih terjangkau. Jika tidak, ide bagus Anda akan membawa kerugian saja, tanpa keuntungan.
Kurangnya aksesibilitas juga merupakan rencana bisnis yang tidak boleh dilakukan.

3. Pasar yang kurang terlayani atau diabaikan
Banyak pasar menjadi terlalu jenuh dengan usaha kecil atau perusahaan rintisan yang ingin terlibat dalam aksi tersebut. Tetapi agar ceruk bisnis benar-benar menonjol, Anda harus mengabaikan ceruk yang sudah jenuh dan fokus untuk memperhatikan pasar yang kurang terlayani.

Baca juga artikel tentang : Panduan Melakukan Riset Pasar dengan Benar dan Tepat Sasaran

4. Potensi pasar yang besar
Agar bisnis Anda menguntungkan, pasar dan ceruk Anda harus cukup besar sehingga Anda dapat menghasilkan keuntungan.
Selain mengidentifikasi dan mengakses pelanggan potensial, mereka harus cukup banyak. Pasar potensial untuk bisnis apa pun harus memiliki ukuran dan massa untuk menjamin investasi memasuki pasar itu.

Dengan mengkhususkan produk dan layanan Anda di pasar yang sempit atau terfokus, Anda akan lebih mampu untuk memanfaatkan sumber daya Anda, menghasilkan produk lebih cepat, dan mengembangkan basis pelanggan setia yang dapat memperjuangkan merek Anda ke pasar massal. Menjual ke ceruk pasar bisa menjadi strategi jangka pendek atau jangka panjang — kuncinya adalah menemukan audiens Anda dan menyesuaikan semua yang Anda lakukan hanya untuk mereka.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, anda bisa langsung mengkonsultasikan bisnis yang anda jalankan kepada kami agar kami bisa memberikan masukan untuk bisnis yang anda jalankan. Anda bisa langsung menghubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900, kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp