Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

8 CARA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN

The Best consultant business in Surabaya

8 CARA MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN

Beberapa orang adalah pemimpin alami, tetapi siapa pun dapat mengembangkan keahlian yang dibutuhkan dengan beberapa latihan. Jika Anda ingin membawa karir Anda sejauh mungkin, maka Anda harus bersedia untuk bekerja dan mengembangkan kepemimpinan Anda. Berikut adalah 9 strategi untuk membantu Anda mengembangkan keterampilan kepemimpinan Anda.

Praktek disiplin
Seorang pemimpin yang baik membutuhkan disiplin. Mengembangkan disiplin dalam kehidupan profesional (dan pribadi) Anda adalah suatu keharusan untuk menjadi pemimpin yang efektif, dan untuk menginspirasi orang lain. Orang akan menilai kapasitas Anda untuk memimpin dengan jumlah disiplin yang Anda tunjukkan di tempat kerja.
Tunjukkan disiplin di tempat kerja dengan selalu memenuhi tenggat waktu, menepati janji, dan mengakhiri rapat tepat waktu. Jika Anda secara alami tidak teratur, maka Anda mungkin memiliki pekerjaan yang cocok untuk Anda, tetapi Anda selalu dapat memulai dari yang kecil: cobalah menerapkan kebiasaan baik di rumah, seperti bangun pagi dan berolahraga setiap hari, dan mulai dari sana.

Ambil lebih banyak proyek
Cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan Anda adalah dengan mengambil lebih banyak tanggung jawab. Anda tidak harus melakukan lebih dari yang dapat Anda tangani, tetapi Anda perlu melakukan lebih dari sekadar apa yang tercakup dalam deskripsi pekerjaan Anda jika Anda ingin berkembang. Keluar dari zona nyaman Anda adalah satu-satunya cara Anda akan mempelajari sesuatu yang baru, dan hal itu akan membuat Anda diperhatikan oleh para eksekutif sebagai seseorang yang berinisiatif.

Belajar mengikuti
Seorang pemimpin sejati tidak memiliki masalah menyerahkan kendali kepada orang lain bila perlu. Anda tidak boleh merasa terancam ketika seseorang tidak setuju dengan Anda, mempertanyakan pemikiran Anda, atau mengemukakan ide mereka sendiri. Tetap berpikiran terbuka dan berikan jasa di tempat yang layak. Itu tidak akan selalu mudah, tetapi jika Anda belajar untuk menghargai dan menghormati orang lain di tim Anda, mereka akan lebih mungkin untuk melangkah maju untuk Anda.

Kembangkan kesadaran situasional
Tanda seorang pemimpin yang baik adalah seseorang yang dapat melihat gambaran yang lebih besar, dan mengantisipasi masalah sebelum terjadi. Ini adalah keterampilan yang berharga untuk dimiliki saat menangani proyek kompleks dengan tenggat waktu yang ketat. Kemampuan untuk meramalkan dan memberikan saran untuk menghindari masalah potensial sangat berharga bagi seorang pemimpin. Kemampuan ini juga membantu Anda mengenali peluang yang diabaikan orang lain, yang tentunya akan memberi Anda pengakuan. Saat memimpin tim jarak jauh, ini bisa sangat sulit untuk dikembangkan tetapi dengan latihan, Anda bisa menjadi lebih terbiasa dengan tim dan proyek Anda.

Menginspirasi yang lain
Menjadi seorang pemimpin berarti Anda adalah bagian dari sebuah tim, dan sebagai seorang pemimpin Anda harus mampu memotivasi dan menginspirasi orang-orang yang bekerja dengan Anda untuk berkolaborasi sebaik mungkin. Ketika seorang anggota tim membutuhkan dorongan atau bimbingan, tawarkan. Terkadang, yang dibutuhkan seseorang hanyalah seseorang untuk mendengarkan dan bersimpati.

Berdayakan rekan tim Anda
Tidak ada yang terbaik dalam segala hal, dan semakin cepat Anda menyadarinya, semakin cepat Anda bisa belajar menjadi pemimpin yang baik. Mendelegasikan tugas kepada orang lain tidak hanya membebaskan Anda untuk hal-hal yang Anda lakukan dengan baik, tetapi juga memberdayakan orang lain di tim Anda.

Menyelesaikan konflik
Jangan menjadi manajer dari neraka! Tidak semua orang akan bergaul sepanjang waktu. Alih-alih mengabaikan konflik antarpribadi, berharap mereka akan pergi, atasi dengan berbicara kepada mereka yang terlibat secara pribadi. Juga, terbuka untuk menugaskan kembali anggota tim jika konflik tidak dapat diselesaikan.

Baca juga artikel tentang : 5 Kesalahan Dalam Fase Memimpin yang Perlu Dihilangkan

Jadilah pendengar yang cerdas
Menjadi seorang pemimpin tidak berarti Anda harus selalu menjadi sorotan. Sifat penting dari seorang pemimpin yang baik adalah seseorang yang mendengarkan saran, ide, dan umpan balik dari orang lain, dan mengembangkannya. Pendengar yang baik tahu bahwa komunikasi tidak hanya tentang kata-kata, tetapi menangkap isyarat non-verbal, seperti kontak mata dan bahasa tubuh.

Keterampilan kepemimpinan yang baik sangat penting untuk memajukan karir Anda, tetapi seperti yang Anda lihat, kepemimpinan lebih dari sekadar bertanggung jawab. Seperti yang dikatakan oleh negarawan Amerika John Quincy Adams, “Jika tindakan Anda menginspirasi orang lain untuk bermimpi lebih banyak, belajar lebih banyak, berbuat lebih banyak dan menjadi lebih, Anda adalah seorang pemimpin.”
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp