Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

7 PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN BERPIKIR KRITIS

The Best consultant business in Surabaya

7 PERTANYAAN UNTUK MENINGKATKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN DAN BERPIKIR KRITIS

Banyak tugas pengambilan keputusan dan pemecahan masalah yang memerlukan kemampuan berpikir kritis, yang memerlukan kemampuan untuk menganalisis informasi untuk mencapaititik terang dari suatu masalah. Berpikir kritis adalah kemampuan untuk memeriksa informasi secara rasional dan membuat penilaian yang masuk akal berdasarkan analisis.
Keterampilan berpikir tingkat tinggi seperti berpikir kritis memungkinkan seseorang untuk belajar secara aktif, daripada secara pasif menyerap informasi yang disajikan seadanya. Kita sering membuat keputusan berdasarkan persepsi kita dan, karena orang memiliki persepsi yang berbeda, mereka memandang situasi secara berbeda.
Berpikir kritis menjauhkan kita dari mengambil keputusan yang tercepat. Berpikir kritis memungkinkan kita membuat keputusan berdasarkan fakta, bukti, logika, memahami keakuratan berbagai persepsi, dan menimbang berbagai argumen yang disajikan. Berikut cara meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pengambilan keputusan yang bijak.

1. Apa masalah sebenarnya?
Pertama tama kita perlu menganalisa masalah yang sedang terjadi. Meskipun termasuk masalah kecil kita perlu memikirkan penyebab terjadi nya masalah dan akibat yang ditimbulkan oleh masalah yang terjadi.

2. Informasi apa yang Anda butuhkan untuk membuat penilaian yang tepat?
Setelah menganalisa masalah yang sedang terjadi kita perlu mencari informasi-informasi yang berkaitan dengan masalah yang terjadi. Setelah itu pilihlah mana informasi yang dapat membantumu mengatasi masalah dan mensupport pendapatmu jika orang lain menyangkal hasil akhir yang kamu dapatkan dari analisa kamu.

3. Ide dan asumsi apa yang Anda miliki tentang situasi tersebut?
Kalian juga perlu memikirkan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saja menjadi penyebab terjadinya masalah. Kalian juga perlu membaca situasi agar bisa menarik kesimpulan dari permasalahan yang terjadi.

4. Siapa yang memiliki pandangan yang berlawanan dengan Anda?
Terkadang terdapat orang yang memiliki pemikiran yang berbeda dari kalian dan menentang argument yang kalian berikan. Untuk mengantisipasi kejadian itu kalian perlu tahu siapa lawan bicara kalian dan kalian juga perlu mempersiapkan argument untuk men”counter” argument yang mereka berikan.

5. Siapa saja orang-orang utama yang akan terpengaruh oleh keputusan tersebut? Apa yang mereka pikirkan?
Kalian juga perlu memikirkan jumlah dan siapa saja yang terpengaruh oleh argument yang diberikan oleh lawan bicara. Hal ini dapat berpengaruh dengan keputusan yang akan diambil. Semakin banyak orang yang berpihak pada kalian semakin tinggi kemungkinan keputusan yang diambil berasal dari gagasan kalian.

Baca juga artikel tentang : 4 TIPS MENARIK PELANGGAN BISNIS MAKANAN

6. Apa pro dan kontra dari semua solusi yang mungkin ada?
Kalian juga perlu memikirkan counter dan juga dukungan pada solusi yang telah kalian berikan. Untuk menangkis argument yang menyanggah solusi yang kamu berikan kamu perlu mengumpulkan informasi untuk mendukung kesimpulan yang kalian berikan.

7. Bukti apa yang mendorong kesimpulan Anda?
Poin terakhir ini memiliki hubungan dengan poin kedua. Kalian bisa membuat solusi kalian lebih dipercayai dari lawan bicara kalian dengan informasi informasi yang sudah kalian kumpulkan di tempat kejadian perkara.

Jadi itulah cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis kalian. Kalian bisa mengaplikasikan cara-cara ini pada kehidupan sehari hari kalian. Jika kalian suka dengan tema artikel yang telah kami bawakan jangan lupa share artikel kami ya. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp