Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

7 DASAR PRINSIP SISTEM MANAJEMEN KUALITAS ISO 9001 : 2015

The Best consultant business in Surabaya

7 DASAR PRINSIP SISTEM MANAJEMEN KUALITAS ISO 9001 : 2015

Pernahkah anda merenung tentang mengapa standar ISO 9001 memiliki beberapa persyaratan terpilih? Atau pernahkah anda bertanya-tanya mengapa suatu persyaratan terpilih tersebut dinyatakan sebagaimana adanya? Dengan memahami prinsip-prinsip utama di balik penulisan standar Anda tidak hanya dapat memahami persyaratan dengan lebih baik, tetapi Anda juga dapat bekerja pada implementasi persyaratan yang lebih berhasil ke dalam Sistem Manajemen Kualitas anda. Berikut ini tujuh prinsip yang mendasari persyaratan ISO 9001 : 2015.

Fokus Pelanggan
Fokus utama manajemen mutu adalah untuk memenuhi persyaratan pelanggan dan berusaha untuk melebihi harapan pelanggan. Keberhasilan yang berkelanjutan dicapai ketika suatu organisasi menarik dan mempertahankan kepercayaan pelanggan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan pada siapa itu tergantung. Setiap aspek interaksi pelanggan memberikan peluang untuk menciptakan nilai lebih bagi pelanggan. Memahami kebutuhan pelanggan saat ini dan di masa depan dan pihak-pihak lain yang berkepentingan berkontribusi pada keberhasilan organisasi yang berkelanjutan.

Kepemimpinan
Para pemimpin di semua tingkatan membangun kesatuan tujuan dan arah serta menciptakan kondisi di mana orang terlibat dalam mencapai sasaran mutu organisasi. Penciptaan kesatuan tujuan, arah, dan keterlibatan memungkinkan organisasi untuk menyelaraskan strategi, kebijakan, proses, dan sumber daya untuk mencapai tujuannya.

Keterlibatan Orang
Sangat penting bagi organisasi bahwa semua orang kompeten, diberdayakan dan terlibat dalam memberikan nilai. Orang yang kompeten, diberdayakan, dan terlibat di seluruh organisasi meningkatkan kemampuannya untuk menciptakan nilai. Untuk mengelola organisasi secara efektif dan efisien, penting untuk melibatkan semua orang di semua tingkatan dan untuk menghormati mereka sebagai individu. Pengakuan, pemberdayaan, dan peningkatan keterampilan dan pengetahuan memfasilitasi keterlibatan orang dalam mencapai tujuan organisasi.

Pendekatan Proses
Hasil yang konsisten akan lebih bisa dicapai, ketika suatu kegiatan bisa dipahami dan dikelola sebagai proses yang saling terkait dan berfungsi sebagai sistem yang koheren. Sistem manajemen mutu terdiri dari proses yang saling terkait. Memahami bagaimana produk dihasilkan oleh sistem ini, termasuk semua proses, sumber daya, kontrol dan interaksinya, memungkinkan organisasi untuk mengoptimalkan kinerjanya.

Perbaikan
Organisasi yang sukses memiliki fokus berkelanjutan pada peningkatan. Peningkatan sangat penting bagi organisasi untuk mempertahankan tingkat kinerja saat ini, untuk bereaksi terhadap perubahan dalam kondisi internal dan eksternal dan untuk menciptakan peluang baru.

Pengambilan Keputusan Berbasis Bukti
Keputusan berdasarkan analisis dan evaluasi data dan informasi lebih cenderung menghasilkan hasil yang diinginkan. Pengambilan keputusan bisa menjadi proses yang kompleks, dan selalu melibatkan ketidakpastian. Ini sering melibatkan berbagai jenis dan sumber input, serta interpretasinya, yang bisa subjektif. Penting untuk memahami hubungan sebab dan akibat dan potensi konsekuensi yang tidak diinginkan. Fakta, bukti dan analisis data mengarah pada obyektivitas dan kepercayaan diri yang lebih besar dalam pengambilan keputusan.

Manajemen Hubungan
Untuk kesuksesan berkelanjutan, organisasi mengelola hubungan mereka dengan pihak yang berkepentingan, seperti pemasok. Pihak yang berkepentingan mempengaruhi kinerja suatu organisasi. Keberhasilan yang berkelanjutan lebih mungkin dicapai ketika suatu organisasi mengelola hubungan dengan pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengoptimalkan dampaknya terhadap kinerjanya. Manajemen hubungan dengan pemasok dan jaringan mitra sering kali sangat penting.

Demikian artikel tujuh prinsip kerja ISO 9001:2015. Terimakasih dan semoga bermanfaat. Jika anda memerlukan informasi lebih detil tentang artikel diatas, atau membutuhkan pendampingan untuk meraih sertifikat ISO 9001 : 2015. Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau langsung hubungi nomor whatsapp kami 0812-5298-2900 dan 0813-3309-9915. Kami Konsultan Manajemen Autopilot Surabaya siap membantu anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp