Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

6 TIPS UNTUK MEMULAI PODCAST BAGI PEMULA

The Best consultant business in Surabaya

6 TIPS UNTUK MEMULAI PODCAST BAGI PEMULA

Podcast adalah seri audio yang tersedia secara online. Seperti acara TV atau radio, itu terdiri dari episode dan musim. Pendengar dapat berlangganan podcast tertentu, mengunduh episode saat tersedia, dan mendengarkannya kapan pun dan di mana pun. Menyetel podcast hanya membutuhkan ponsel cerdas, tablet, atau komputer.
Tapi bagaimana tepatnya Anda bisa membuat podcast sendiri? Berikut beberapa saran ahli tentang cara memulai.

1. Identifikasi topik dan audiens Anda.
Langkah pertama adalah memutuskan fokus podcast Anda. Anda perlu menemukan media yang menyenangkan antara topik yang cukup luas sehingga Anda dapat menjelajahi berbagai aspek dan cukup sempit untuk menarik audiens dengan minat khusus itu.
Jangan mencoba menjadi segalanya bagi semua orang, dengan menampilkan konten berkualitas yang ditargetkan ke sekelompok orang tertentu yang menginginkan konten itu, Anda akan menemukan suara Anda dan mulai menumbuhkan audiens Anda.

2. Tentukan gaya Anda.
Podcast paling sukses menyediakan konten yang ditargetkan dalam gaya percakapan yang menarik.
Garis besar topik singkat mungkin terbukti membantu, tetapi podcaster yang sukses tidak menggunakan skrip karena mengarah ke bahasa kaku yang tidak beresonansi dengan pendengar.
Jadilah otentik. Bicarakan tentang apa yang Anda ketahui, dengan menggunakan kata-kata dan nada yang pada dasarnya sama dengan yang biasa Anda gunakan saat berbicara dengan teman dekat. Podcast yang sukses memungkinkan pendengar untuk mengenal podcaster.

3. Dapatkan peralatan yang tepat.
Anda tidak memerlukan studio profesional dengan peralatan mewah untuk merekam podcast. Yang diperlukan hanyalah laptop atau tablet, perangkat lunak perekaman dan pengeditan audio, dan mikrofon berkualitas tinggi untuk merekam audio.

4. Lakukan wawancara dengan cara yang benar.
Selain alat teknologi yang diperlukan untuk merekam wawancara, Anda memerlukan keterampilan percakapan dan intuitif untuk mendapatkan informasi dari tamu Anda. Sebagai pewawancara, Anda perlu membangun hubungan baik dengan tamu yang alami dan lancar sambil tetap menjaga topik pembicaraan.
Pewawancara harus menjaga agar wawancara tetap berjalan, [serta] fokus dan relatable. Mereka harus menyadari ketika jawabannya semakin menyimpang dan mulai menghentikannya.
Selain itu, pewawancara harus siap untuk menantang atau memanggil komentar atau pernyataan tamu bila diperlukan. Ini tidak nyaman bagi podcaster baru, tetapi ini penting jika Anda ingin membangun kredibilitas jangka panjang.

5. Luncurkan dan promosikan podcast Anda.
Untuk menghasilkan buzz pada hari peluncuran, siapkan beberapa episode dan unggah. Sebagai bagian dari rencana pemasaran Anda, umumkan peluncuran terlebih dahulu ke jaringan bisnis Anda melalui email dan media sosial. Anda ingin membangun audiens sebelum Anda meluncurkan. Untuk meningkatkan peluang Anda diperhatikan, dorong pendengar baru untuk berlangganan podcast Anda dan tinggalkan ulasan.
Untuk mendapatkan hasil maksimal dari podcast Anda, pikirkan cara untuk menggunakan kembali konten podcast Anda di blog dan saluran media sosial Anda. Juga, bersikaplah terbuka dan mau belajar tentang kebutuhan pendengar Anda dengan cara mereka menanggapi konten Anda. Ini sangat penting jika pendengar Anda adalah pelanggan saat ini atau calon pelanggan.

6. Jelajahi sumber daya podcast tambahan.
Meskipun podcasting mungkin menakutkan, ada sistem pendukung untuk membantu pendatang baru sukses.
Hal terbaik yang harus diketahui setiap pemula tentang memulai podcast adalah podcaster lain ingin membantu Anda. Podcaster adalah beberapa orang yang paling memberi, yang dengan bebas menawarkan tip dan dorongan.
Sejumlah komunitas podcast online dapat menjawab pertanyaan Anda dan memberikan dukungan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp