Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

6 TIPS AGAR PROSES PEMENUHAN PRODUK BISNIS ONLINE ANDA MAKIN SUKSES

The Best consultant business in Surabaya

6 TIPS AGAR PROSES PEMENUHAN PRODUK BISNIS ONLINE ANDA MAKIN SUKSES

Pemenuhan pesanan. Ini adalah tujuan dan tantangan bagi perusahaan mana pun, janji penjualan ditambah dengan potensi jebakan pemenuhan pesanan. Jadi, bagaimana Anda dapat meningkatkan proses dari penempatan pesanan hingga pengiriman?

Jika semuanya berjalan dengan baik, pembelian pelanggan tiba tepat waktu, tidak rusak dan termasuk barang yang benar. Jadi, bagaimana perusahaan e-commerce Anda dapat mencapai trifecta ini? Kita mulai akan bahas dalam artikel kali ini.

Langkah 1: Menuntut integrasi tanpa batas
Kini mungkin Anda tidak memproduksi sendiri barang yang Anda jual. Kemungkinan besar, barang online Anda bersumber dari berbagai distributor, disimpan di gudang dan kemudian dikirim ke pelanggan Anda.
Jika hal ini terjadi pada perusahaan Anda, maka sangat penting untuk mengintegrasikan koneksi tanpa batas dengan pemasok Anda melalui sistem manajemen pesanan yang berkomunikasi dengan lancar antara sistem Anda dan pemasok Anda.

Baca juga artikel tentang : Langkah Tepat Menghadapi Perang Harga Bisnis Online 

Langkah 2: Aktifkan visibilitas pesanan ujung ke ujung
Anda terhubung secara real-time ke pemasok Anda, melalui sistem manajemen pesanan Anda. Sekarang, Anda harus yakin bahwa Anda dapat melihat semuanya di seluruh rantai pasokan Anda.
Dalam bahasa sederhana, ini berarti bahwa Anda dan pemasok Anda harus dapat mengakses katalog, inventaris, dan proses pemenuhan pesanan yang sama — untuk melihat dengan tepat barang apa saja yang tersedia, jumlah dan lokasinya. Selain itu, pelanggan e-commerce Anda harus dapat melihat apakah item tersedia dan, jika kuantitas rendah atau kuantitas penting, berapa banyak item yang tersedia.
Kejelasan ini dikenal sebagai visibilitas ujung ke ujung dan merupakan aspek penting dari kepuasan pelanggan dan pemenuhan pesanan yang akurat.

Langkah 3: Pilih pengirim yang tepat
Oke, jadi sekarang setelah produk Anda sempurna dan operasi back-end Anda berjalan lancar, saatnya untuk melihat kecepatan utama pemenuhan pesanan e-commerce: pengiriman. Intinya, jika pengirim Anda berkinerja buruk, pelanggan Anda akan melampiaskan frustrasi mereka pada Anda — pada reputasi perusahaan Anda. Bukan milik pengirim.
Aktifkan audit reguler pengirim Anda saat ini: Apakah mereka menawarkan pelacakan pesanan yang akurat dan real-time? Apakah pengirim Anda melihat peningkatan baru-baru ini dalam pengiriman yang terlambat, pengiriman yang tertunda, pengiriman yang hilang, pengiriman yang terlupakan, atau pengiriman yang rusak? Jika demikian, maka inilah saatnya untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk menemukan pengirim baru dan lebih baik untuk memenuhi harapan pemenuhan Anda.

Langkah 4: Aktifkan manajemen pesanan berbasis pengecualian
Sementara kita membahas topik pengiriman pesanan, visibilitas ujung ke ujung juga memungkinkan Anda mengaktifkan manajemen pesanan berbasis pengecualian. Apa artinya? Pada dasarnya, alih-alih hanya memberi tahu pelanggan bahwa pesanan tertunda (dan karenanya membuka diri Anda pada pengalaman pelanggan yang buruk), Anda dapat secara otomatis meningkatkan metode pengiriman untuk memenuhi janji pengiriman asli Anda.
Ya, manajemen pesanan berbasis pengecualian dapat membebani Anda sedikit lebih banyak dalam pengiriman, tetapi itu akan menyelamatkan Anda dari sakit kepala (dan dampak finansial) dari pelanggan yang marah dan kehilangan bisnis. Proses otomatis ini juga dapat menanamkan loyalitas merek dan meningkatkan kemungkinan pembelian berulang.

Langkah 5: Jadilah pintar tentang lokasi gudang Anda
Pembeli e-commerce saat ini menginginkan pesanan mereka sampai dengan cepat. Ada dua cara agar perusahaan Anda dapat memenuhi keinginan ini:
• Pilih gudang dan pengirim yang dapat memenuhi persyaratan pengambilan cepat dan pengiriman cepat; atau
• Simpan produk di banyak gudang, yang terletak di seluruh area pengiriman Anda dan karena itu dekat dengan lokasi pelanggan Anda, untuk memastikan pengiriman darat yang cepat namun murah.
Terakhir, pastikan untuk menggunakan algoritme pengiriman cerdas, yang akan membantu mengidentifikasi metode pengiriman yang optimal sehingga Anda tidak membelanjakan lebih banyak tetapi juga tidak kurang mengirim.

Langkah 6: Berkomunikasi dengan pelanggan Anda
Sepanjang seluruh proses ini, Anda harus menjalin komunikasi yang erat dengan pelanggan Anda. Dan kami juga tidak berbicara tentang email sederhana “Terima kasih atas pesanan Anda”. Tidak, yang kami maksud adalah komunikasi terkini, sesuai permintaan, waktu nyata mengenai status pesanan, dari pesanan diterima dan dalam proses, hingga pesanan dikirim dan pengiriman dikirim.

Anda ingin lebih jelas dan lengkap perihal manajemen bisnis e-commerce? Silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp