Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 TREND HUMAN RESOURSE DEPARTMENT DI 2021

The Best consultant business in Surabaya

5 TREND HUMAN RESOURSE DEPARTMENT DI 2021

Departemen sumber daya manusia (SDM) yang hebat adalah aset berharga bagi perusahaan mana pun. Ini adalah individu yang bertanggung jawab untuk menerjunkan pelamar kerja, membawa yang paling berkualitas dan mempertahankan karyawan berbakat begitu mereka dipekerjakan. Taktik yang digunakan departemen SDM untuk merekrut dan mempertahankan karyawan selalu berubah – terutama selama “normal baru” yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Sehingga penting bagi Anda untuk selalu mengikuti trend yang berlaku pada Departemen SDM Anda. Dalam artikel kali ini akan kami sampaikan beberapa trend SDM yang bisa Anda perhatikan.

1. Departemen SDM akan mengandalkan teknologi untuk proses SDM otomatis.
Departemen SDM mengatakan baru-baru ini mengalami percepatan besar dalam mendorong penggunaan perangkat lunak cloud untuk mengotomatiskan dan mengelola alur kerja mereka – dan tren ini diperkirakan akan meningkat pada tahun 2021.
Meskipun banyak perusahaan sudah menggunakan perangkat lunak untuk beberapa layanan perekrutan dan orientasi mereka, pandemi virus korona menciptakan kebutuhan yang lebih besar untuk mendigitalkan proses ini. Tim SDM pada tahun 2021 diharapkan untuk merangkul proses SDM virtual seperti perekrutan jarak jauh dan orientasi otomatis.
Berakhirnya pandemi pada 2021 tidak akan menghentikan dorongan ke arah otomatisasi untuk layanan SDM. Ini sederhana: Jika Anda akan bersaing di dunia pasca-pandemi, Anda perlu berpindah sebanyak mungkin ke cloud, termasuk aktivitas SDM yang tampaknya offline seperti pengujian obat dan pengujian kesehatan kerja sebelum bekerja.
Proses HR bisnis kecil tidak luput dari kebutuhan akan efisiensi, inovasi teknologi, dan komputasi berbasis cloud, tambahnya. Manajemen SDM harus menganalisis kemungkinan perekrutan dan orientasi karyawan baru dari jarak jauh.

Baca juga artikel tentang : Manfaat Manajemen Modern Dalam Mengelola SDM

2. Pengusaha secara virtual akan mempertahankan budaya perusahaan dan keterlibatan karyawan.
Organisasi dengan staf penuh, atau sebagian, jarak jauh perlu menjadi kreatif dalam hal menjaga karyawan jarak jauh tetap terlibat dan secara virtual mempertahankan budaya perusahaan mereka. Tanpa ruang kantor fisik untuk terhubung dengan rekan kerja, karyawan dapat merasa terisolasi atau terlepas, terutama karyawan baru.
Mempertahankan keterlibatan karyawan sangat penting karena pekerjaan jarak jauh tampaknya akan berlanjut hingga tahun 2021 dan seterusnya. Agar orang-orang tetap terlibat, mereka perlu terhubung dengan suatu tujuan. Penting bahwa setiap anggota tim memiliki pemahaman yang jelas tentang arah perusahaan, dan bagaimana peran mereka berkontribusi terhadapnya.
Anda dapat memprioritaskan keterlibatan dan budaya karyawan dengan mengadakan pertemuan virtual dan hangout, melakukan survei karyawan, dan meningkatkan komunikasi internal. Ingatlah bahwa banyak karyawan mulai menderita kelelahan rapat online, jadi penting untuk berkonsultasi dengan tim Anda untuk menemukan keseimbangan yang sempurna.

3. Pengusaha akan fokus pada kesejahteraan karyawan mereka.
Kesehatan dan kebugaran adalah topik hangat saat ini, dan untuk alasan yang bagus. Pengusaha kini semakin menyadari pentingnya kesejahteraan karyawan dan dampaknya terhadap kesuksesan bisnis. Namun, selama masa stres dan tidak pasti seperti pandemi, kesejahteraan karyawan cenderung menurun atau berfluktuasi. Pengusaha dan staf SDM harus fokus pada peningkatan kesejahteraan karyawan sementara mereka beradaptasi dengan “normal baru” pada tahun 2021.
Para pemimpin bisnis kecil harus bertindak untuk mendukung kesejahteraan dan keterlibatan karyawan mereka, kemungkinan dengan cara yang belum pernah mereka lakukan sebelumnya. Mereka harus menemukan cara untuk menciptakan lingkungan kerja yang fleksibel dan sehat serta mendukung kesejahteraan mental di beberapa masa tersulit yang pernah kami lihat.
Kepemimpinan bisnis dapat membantu meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan karyawan dengan menjaga transparansi dan komunikasi yang jelas dengan organisasi mereka.
Pastikan orang tidak terlalu kelelahan dan kelelahan. Lakukan percakapan sehingga Anda tahu bagaimana perasaan tim Anda, serta apa yang mereka lakukan.

4. Tim SDM akan mengubah tunjangan karyawan.
Pandemi ini menyebabkan karyawan menuntut tunjangan karyawan dan pengaturan kerja yang sama sekali baru. Saat pemberi kerja berusaha untuk memberikan perawatan kesehatan dan pilihan tunjangan terbaik untuk staf mereka, mereka harus mengingat kebutuhan baru karyawan mereka. Misalnya, tunjangan seperti makan siang gratis dan tunjangan komuter menjadi tidak relevan, sementara karyawan mulai memprioritaskan tunjangan lain seperti program kesehatan dan kebugaran.

5. Kepatuhan membebani departemen SDM.
Karena undang-undang dan pedoman terus berubah, departemen SDM akan dibebani oleh berbagai persyaratan kepatuhan. Manajer SDM akan menulis ulang buku pegangan karyawan dan mengevaluasi ulang set aturan yang akan membutuhkan perbaikan signifikan, seperti pelatihan pelecehan, tunjangan cuti, dan pengujian narkoba. Dan di beberapa negara bagian, aturan baru yang menentukan perbedaan antara karyawan dan kontraktor akan membutuhkan lebih banyak perhatian dari departemen SDM.
Itulah beberapa trend yang bisa ANda pertimbangkan agar diterapkan dalam departemen sumber SDM Anda. Saat Anda membutuhkan informasi lebih lanjut perihal manajeman SDM, atau mungkin memerlukan pelatihan manajerial skill, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung menghubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap menghubungi Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp