Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 TIPS MEMIMPIN TIM BARU

The Best consultant business in Surabaya

5 TIPS MEMIMPIN TIM BARU

Baik Anda memimpin tim baru atau mengambil alih tim yang sudah ada, memimpin tim untuk pertama kalinya bisa menjadi hal yang menakutkan. Tidak ada landasan pengalaman pribadi untuk dikembangkan. Jika Anda adalah pemimpin tim pertama kali, maka Anda mungkin menyukai tantangan atau mempertimbangkan untuk maju—atau sedikit dari keduanya. Selain itu, lebih banyak tim yang bekerja dari jarak jauh dan/atau menggunakan model hibrid antara pekerjaan di kantor dan di rumah. Ada lebih banyak hal yang harus ditangani oleh para pemimpin baru hari ini.

1. Luangkan Waktu Untuk Memimpin
Agar efektif, pemimpin tim perlu menginvestasikan waktu dalam peran tersebut. Terlalu sering, tanggung jawab ini hanya ditambahkan ke daftar tugas seseorang yang sudah panjang, sehingga membuat pemimpin baru gagal.

Sebagai pemimpin tim, Anda harus terlihat oleh tim dan tersedia untuk mendukung mereka. Bagian dari peran kepemimpinan baru Anda adalah untuk mendorong lingkungan kerja dan komunitas yang positif. Jika Anda sebagian besar terikat dengan tugas-tugas kritis Anda sendiri, Anda tidak akan terlihat atau dapat mendukung tim Anda. Jadi, pastikan untuk meninjau dan menegosiasikan kembali beban kerja Anda sebelum mengambil peran kepemimpinan.

2. Kenali Tim Anda
Kepemimpinan adalah tentang bagaimana Anda mempengaruhi tim Anda untuk mencapai tujuannya. Ini adalah sesuatu yang akan Anda perjuangkan jika Anda tidak mengenal anggota tim Anda dan apa yang membuat mereka tergerak. Meskipun mungkin tergoda untuk terjun dan mulai membuat langkah besar sejak hari pertama, ingatlah bahwa Anda tidak berada di sana untuk melenturkan ego Anda.

Luangkan waktu untuk mendengarkan anggota tim Anda; mencari tahu apa masalah dan aspirasi mereka, mengumpulkan ide, dan mengidentifikasi potensi kekuatan dan kelemahan. Hanya dengan begitu Anda dapat merumuskan pendekatan kepemimpinan yang memiliki peluang sukses. Mengenal dengan siapa Anda bekerja adalah langkah pertama untuk menjalin ikatan dengan tim dan membangun rasa hormat dan kepercayaan mereka. Pepatah lama mendengarkan dua kali lebih banyak daripada berbicara masih berlaku di sini.

3. Berkomunikasi dengan Tim
Setelah tim Anda aktif dan berjalan, sangat penting untuk menjaga komunikasi untuk membangun hubungan, menilai kemajuan, dan mengidentifikasi risiko dan masalah. Ini sangat membantu ketika mengelola tim jarak jauh di mana karyawan dapat dibungkam dalam gelembung kerja kecil mereka. Ketika pemimpin tim baru sering berkomunikasi dan efektif, mereka sering menemukan lebih banyak keterlibatan dari tim. Ini karena mereka melihat Anda menginvestasikan waktu di dalamnya dan menunjukkan minat pada aktivitas mereka.

Komunikasi yang berkelanjutan juga dapat memperkuat jenis percakapan yang Anda lakukan dengan tim Anda. Misalnya, Anda memiliki lebih banyak pengaruh untuk memperjelas harapan dan tanggung jawab sehingga semua orang tahu siapa yang melakukan apa, mengapa, dan kapan. Ini tampak jelas tetapi jangan menganggap semua orang memiliki pemahaman terperinci Anda tentang proyek yang ada.

Mendorong dan merangkul ide-ide baru. Semakin banyak tim Anda dapat berkontribusi pada proyek, semakin bahagia mereka. Akui dan ucapkan terima kasih kepada tim Anda ketika mereka melakukannya dengan baik dan biarkan mereka tahu bahwa pekerjaan mereka dihargai. Anda akan menemukan bahwa tim Anda akan lebih responsif, lebih bahagia, lebih produktif, dan diberdayakan untuk mengambil inisiatif pada proyek dan tugas di masa depan.

4. Pimpin Dengan Contoh
Pikirkan tentang perilaku yang Anda inginkan dan harapkan dari anggota tim Anda. Pastikan untuk menunjukkan sifat-sifat itu sendiri. Sebagai pemimpin tim, Anda adalah panutan, jadi apa yang Anda katakan dan lakukan akan memengaruhi kebiasaan dan sikap kerja tim. Yang mengatakan, penting untuk menjadi diri sendiri dan percaya pada diri sendiri. Jika Anda memalsukannya, Anda akan segera terbongkar dan Anda akan kehilangan kredibilitas dan kepercayaan.

Bersikaplah terbuka, jujur, dan bersemangat. Perlakukan semua orang di tim dengan adil, dengan hormat dan tanpa pilih kasih dan Anda akan menemukan perilaku itu kembali. Perluas kesopanan yang sama ke seluruh organisasi juga. Jangan pernah meremehkan atau mengkritik individu atau departemen lain di depan tim. Jelaskan bahwa Anda semua ada di sana untuk bekerja menuju tujuan dan kesuksesan yang sama untuk gambaran besar.

5. Delegasi
Percayakan tim Anda untuk melakukan tugasnya. Menjadi pemimpin tim tidak berarti Anda berada di sana untuk melakukan pekerjaan orang lain untuk mereka atau mengelola mikro di setiap langkah. Jelaskan apa yang diharapkan dari semua orang dan biarkan mereka melanjutkannya. Membantu anggota tim Anda mencapai tingkat kemandirian memungkinkan mereka untuk memperkaya peran mereka dalam organisasi Anda sesuai dengan persyaratan mereka. Saat masalah atau peluang muncul, berdayakan tim untuk menemukan resolusi sendiri dengan dukungan Anda—jangan menambahkan setiap masalah baru ke daftar tugas Anda sendiri.
Berikut adalah beberapa tip delegasi yang berguna untuk dirangkul oleh para pemimpin tim baru.

• Menetapkan hasil yang diinginkan dari suatu proyek.Tetapkan tanggung jawab untuk mencapai hasil daripada daftar tugas yang harus dilakukan. Tanyakan pada diri sendiri: “Apa hasil dari apa yang kita coba capai?”
• Pertimbangkan siapa yang dapat dan harus mengambil tanggung jawab yang didelegasikan. Siapa yang punya pengalaman melakukannya? Siapa yang bisa melakukannya dengan baik dengan kesempatan ini? Siapa yang perlu belajar bagaimana melakukan tugas ini? Siapa yang punya waktu untuk menyelesaikannya tepat waktu?
• Tentukan detail waktunya. Tentukan tonggak penting, tenggat waktu, dan kapan Anda berharap elemen proyek selesai.
• Pantau kemajuan dan tawarkan umpan balik. Karena Anda masih bertanggung jawab atas keberhasilan atau kegagalan proyek dan tim; memberikan umpan balik positif dan pembinaan saat Anda memantau kemajuan proyek.
• Mintalah ide dan masukan dari tim. Peran Anda adalah untuk memahami bagaimana hal-hal dapat ditingkatkan, siapa yang harus terlibat dan bagaimana tim Anda dapat memberi nasihat tentang keberhasilan proyek.
• Renungkan proyek dan dapatkan wawasan tentang apa yang dipelajari dalam prosesnya. Apa yang Anda dan tim pelajari? Identifikasi, bagikan, dan dokumentasikan apa yang dapat ditingkatkan. Tip untuk pemimpin baru ini berguna untuk mencari cara yang lebih baik untuk unggul dalam proyek masa depan.

Akhir Kata

Kepemimpinan tim sering kali menantang tetapi sering kali bermanfaat. Dengan menyatukan orang dan proses yang tepat, Anda menciptakan lingkungan yang mendorong kesuksesan dan pertumbuhan pribadi. Plus, merupakan perasaan yang luar biasa untuk menjadi bagian dari lingkungan tim yang diminyaki dengan baik yang telah Anda pengaruhi secara positif. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp