Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 TANTANGAN MANUFAKTUR DI TAHUN 2021 DAN KEDEPANNYA

The Best consultant business in Surabaya

5 TANTANGAN MANUFAKTUR DI TAHUN 2021 DAN KEDEPANNYA

Selain ketidakstabilan kondisi perekonomian baik nasional maupun internasional, berbagai tantangan internal juga dihadapi oleh produsen. Diikuti oleh pandemi global yang melumpuhkan seluruh negara, Anda mungkin akan berpikir bahwa manufaktur akan berada di ambang bencana.
Namun, sektor manufaktur telah menunjukkan ketahanan dan inovasi yang luar biasa, yang mengarah pada tumbuhnya optimisme dan ekspektasi pertumbuhan 7.2% untuk sisa tahun 2021. Itu jelas merupakan perkiraan yang positif, tetapi bahkan mereka yang menikmati pertumbuhan akan terus menghadapi tantangan manufaktur di tahun-tahun mendatang.
Kami berbicara dengan produsen dari semua ukuran setiap hari dan mendengar langsung tentang masalah yang mereka hadapi. Perjuangan mereka nyata, jadi kami pikir kami akan menyoroti beberapa yang paling mendesak dan memberikan wawasan tentang bagaimana produsen industri dapat mengatasinya secara langsung. Simak artikel ini hingga akhir, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

1. Gangguan Rantai Pasokan
Apa yang dapat membuat produksi truk dua ton terhenti dan menutup beberapa fasilitas manufaktur? Jawabannya pas di telapak tangan Anda. Kekurangan semikonduktor telah menjangkiti industri otomotif global selain industri berbasis teknologi lainnya. Gangguan rantai pasokan adalah salah satu tantangan terbesar yang dihadapi produsen untuk saat ini.
Masalah rantai pasokan telah berdampak pada sektor manufaktur lebih dari industri lainnya, dengan persediaan pada tingkat terendah dalam beberapa dekade.
Masalah manajemen rantai pasokan telah mengekspos kerentanan dalam pola pikir manufaktur yang seharusnya meningkatkan efisiensi. Itu membuat beberapa perusahaan berebut untuk mengejar pasokan setelah permintaan melonjak lebih cepat dari yang diharapkan setelah pandemi COVID-19. Perusahaan yang dapat menggabungkan praktik tangkas mereka dengan kemampuan untuk berputar cepat sesuai kebutuhan memiliki keuntungan.

2. Kekurangan Tenaga Kerja
Manufaktur sudah berjuang untuk mengisi posisi yang tersedia sebelum pandemi, dan sekarang tantangannya semakin dalam. Lebih buruk lagi, baby boomer keluar dari angkatan kerja dalam jumlah rekor dan membawa keterampilan berharga bersama mereka. Sementara otomatisasi dan robotika dapat membantu mengisi kesenjangan keterampilan, pekerja masih akan dibutuhkan untuk menerapkan kemampuan pemecahan masalah, melakukan analisis, dan mengelola lini produksi.
Untuk memastikan mereka membangun tenaga kerja untuk masa depan, beberapa produsen bermitra dengan komunitas lokal dan sekolah teknik untuk mendukung program perdagangan. Mereka juga menawarkan magang yang mengarah pada pekerjaan penuh waktu. Beberapa bahkan membantu dalam mengembangkan program dan melatih kandidat dalam segala hal mulai dari pembuatan cetakan dan pengelasan hingga pemrograman robotika dan penggulungan lembaran.
Pabrikan juga perlu kreatif dalam upaya mereka untuk menarik pekerja dengan menemui mereka di tempat mereka berada — bukan melalui surat kabar, radio, TV, atau papan iklan, tetapi online. Cara yang lebih efektif untuk terhubung, terutama dengan kaum milenial, adalah melalui media sosial. Ingatlah bahwa generasi muda saat ini tidak hanya mencari karier; mereka mencari budaya positif yang berfokus pada kesejahteraan karyawan dan masyarakat.

Baca juga artikel tentang : Tips untuk Mengoptimalkan Operasi Inventory Management

3. Mengikuti dan Memanfaatkan Teknologi Baru
Otomasi, Industrial Internet of Things (IIoT), robotika, komputasi awan, dan banyak lagi teknologi maju dengan kecepatan tinggi, dan sebagian besar perusahaan manufaktur berjuang untuk mengikutinya, apalagi tetap menjadi yang terdepan. Pada saat banyak departemen TI telah melalui proses penelitian, mendapatkan persetujuan, pembelian, dan pemasangan teknologi baru, solusi yang lebih cepat dan lebih gesit mungkin telah muncul.
Saat ini, produsen harus memperhatikan perkembangan penting ini:
• Pasar Internet of Things (IoT) berkembang pesat, dengan 46 miliar perangkat terhubung yang digunakan secara global untuk tugas sehari-hari tahun ini. Pasar IoT diperkirakan akan tumbuh hampir lima kali lipat hingga tahun 2028 dengan CAGR sebesar 25,4%. Didorong oleh konektivitas 5G dan kemajuan teknologi sensor, manufaktur cerdas akan melihat peluang untuk mendorong pertumbuhan dengan mengadopsi perangkat IIoT untuk meningkatkan produktivitas, meningkatkan kualitas produk, mengurangi biaya, dan merampingkan manajemen proyek.
• Karena IIoT dan sistem cerdas lebih banyak digunakan, akan ada lonjakan terkait jumlah yang dihasilkan oleh produsen data. Yang dibutuhkan adalah kemampuan untuk menganalisis semua data ini. Teknologi Enterprise Resource Planning (ERP) yang diperbarui dapat membantu produsen mengelola volume data dan merumuskan wawasan yang mengarah pada pengambilan keputusan yang lebih baik.

4. Keamanan Siber
Seiring kemajuan teknologi, demikian pula upaya dan keterampilan para penjahat dunia maya. Serangan Ransomware pada perusahaan besar dan infrastruktur telah meningkat secara dramatis, dan 2020 memecahkan semua rekor kehilangan data, dengan mengikuti 2021.
Banyak produsen mengandalkan sistem usang yang tidak mampu mengatasi jumlah dan kompleksitas ancaman saat ini. Bisnis perlu menggunakan cara yang lebih canggih untuk mengamankan jaringan mereka, karena pendekatan firewall tradisional mungkin tidak cukup untuk mencegah peretas mengaksesnya dan melakukan kerusakan nyata.
Senjata terbaik untuk memerangi serangan siber adalah memastikan bahwa semua perangkat lunak keamanan komputer diperbarui secara rutin dan mendidik karyawan tentang tanda-tanda peringatan pelanggaran keamanan. Namun, cara paling umum penjahat dunia maya masuk ke jaringan Anda adalah melalui email. Salah satu klien kami memiliki daftar petunjuk penipuan email phishing yang mungkin berguna bagi Anda untuk menghindari pelanggaran. Ini juga mengingat bahwa situs web Anda memerlukan sertifikat SSL.

5. Menarik Prospek Berkualitas
Upaya pemasaran tradisional untuk produsen terbukti jauh kurang efektif dibandingkan di masa lalu; pameran dagang, iklan dagang, dan panggilan dingin tidak berfungsi seperti dulu. Di era pemasaran digital, organisasi perlu melakukan lebih dari sekadar memasang situs web dan berharap prospek terbaik mereka menemukannya.
Pemasar B2B industri perlu melakukan upaya bersama untuk menarik, melibatkan, dan menyenangkan prospek, dan ditemukan secara organik melalui pencarian online dengan menyediakan banyak informasi yang menunjukkan relevansi dan keahlian. Itu berarti mereka perlu memanfaatkan pemasaran masuk dan taktik SEO dengan membuat konten yang memberikan jawaban atas pertanyaan dan masalah pelanggan potensial.

Strategi pemasaran manufaktur yang kuat menghasilkan prospek yang memenuhi syarat penjualan dengan membangun kepercayaan melalui blog yang relevan, studi kasus, eBook, infografis, dan sumber daya bermanfaat lainnya. Setelah kepercayaan dibangun melalui keterlibatan online dan prospek dipelihara melalui saluran penjualan, prospek tersebut lebih cenderung terlibat pada tingkat pribadi. Mungkin dimulai dengan permintaan untuk konsultasi gratis, demo, penilaian, atau penawaran lain dari perusahaan.
Membuat semua konten itu membutuhkan waktu. Sama seperti produk yang Anda kembangkan memerlukan keterampilan yang tepat, keahlian tingkat tinggi diperlukan untuk membuat peringkat konten organisasi Anda lebih tinggi dalam hasil mesin pencari. Mintalah bantuan dari pakar pemasaran masuk yang memahami titik kesulitan Anda dan berfokus pada sektor manufaktur. Ketika Anda melakukannya, Anda akan lebih siap untuk menghadapi tantangan ini secara langsung.
Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan hubungi kami melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp