Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 SOLUSI MASALAH RANTAI PASOKAN YANG MENGANCAM BISNIS PENGIRIMAN ANDA

The Best consultant business in Surabaya

5 SOLUSI MASALAH RANTAI PASOKAN YANG MENGANCAM BISNIS PENGIRIMAN ANDA

Jangan biarkan satu kesalahan pun menggagalkan seluruh operasi Anda. Rancang bisnis pengiriman yang lebih ramping dan lebih cerdas dengan menghindari lima risiko rantai pasokan yang umum ini.
Karena ketika bisnis Anda beroperasi di tingkat global, hanya satu kesalahan kecil dalam rantai pasokan dapat mengungkap segalanya. Di dunia yang ideal, rantai pasokan Anda melewati beberapa fase:
• Sumber bahan baku
• Pengembangan produk
• Pengemasan produk jadi
• Penyimpanan dan pergudangan
• Distribusi
• Eceran
Tetapi satu kegagalan pada titik mana pun dalam rantai pasokan global dapat menyebabkan banyak masalah di kemudian hari. Bukan hal yang aneh jika satu kesalahan kecil menyebabkan kerugian ribuan dolar. Dengan begitu banyak peluang untuk gagal, bisnis Anda membutuhkan optimasi rantai pasokan untuk mencegah sakit kepala dan tetap menguntungkan. Berikut adalah solusi untuk lima masalah rantai pasokan yang umum.

1. Terlalu banyak tugas manual
Lebih dari 60% perusahaan tidak menggunakan perangkat lunak apa pun untuk mengelola rantai pasokan mereka. Apakah tim Anda masih melakukan sebagian besar tugas rantai pasokan Anda secara manual? Ketika efisiensi dan akurasi adalah tujuan bisnis, tinggalkan dokumen dan entri data manual.
Saat Anda tetap menggunakan sistem manual, Anda menjebak data yang sangat dibutuhkan dalam folder file dan email di mana Anda tidak dapat mengaksesnya. Jika mesin dapat melakukan tugas lebih baik dan lebih cepat daripada manusia, biarkan mesin yang melakukan pekerjaan! Anggota tim manusia Anda sangat berharga; gunakan bakat mereka untuk pekerjaan yang lebih strategis guna mempercepat jaringan rantai pasokan Anda.
Solusi untuk masalah ini adalah gunakan teknologi informasi dan pembelajaran mesin untuk otomatisasi pesanan, manajemen inventaris, pembaruan pengiriman, dan banyak lagi. Otomatisasi akan memungkinkan Anda untuk menerima lebih banyak pesanan dalam skala besar dan menyelamatkan tim Anda dari tekanan melakukan tugas secara manual.

2. Titik kegagalan tunggal
Masalahnya, rantai pasokan Anda bekerja secara keseluruhan. Jika salah satu komponennya gagal, bisnis Anda akan goyah. Sayangnya, sebagian besar manajer rantai pasokan tidak mengidentifikasi satu pun titik kegagalan sampai semuanya terlambat. Satu kesalahan saja dapat menyebabkan segunung masalah lain dalam bisnis Anda, jadi itulah mengapa Anda perlu mengaudit kelemahan rantai pasokan Anda.
Apa rantai pasokan Anda yang hilang? Apakah ada kekusutan dalam arus barang Anda? Ambil pendekatan proaktif di sini untuk mengatasi kelalaian apa pun sebelum menghabiskan waktu dan uang Anda.
Ini berarti:
• Mengidentifikasi kesalahan vendor dan karyawan
• Diversifikasi di mana Anda mendapatkan bahan dan produk Anda
• Melacak indikator kinerja utama (KPI) dan metrik rantai pasokan
• Mengaudit rantai pasokan Anda secara teratur
• Memantau tingkat inventaris
• Memperbaiki praktik manajemen gudang Anda
Anda harus mengidentifikasi masalah sebelum Anda dapat memperbaikinya. Cegah masalah rantai pasokan dengan bersikap proaktif sebelum insiden menyebabkan kerusakan permanen. Plus, rantai pasokan yang kuat memberi Anda keunggulan kompetitif yang besar terhadap pengecer lain.

Baca juga artikel tentang : Tips untuk Mengoptimalkan Operasi Inventory Management 

3. Sistem informasi dan data tertutup
Bisakah Anda melihat rantai pasokan Anda semua di satu tempat? Atau, apakah Anda harus masuk ke platform terpisah, mengakses spreadsheet yang berbeda, dan berkonsultasi dengan tim Anda sebelum mendapatkan gambaran yang jelas?
Kesalahan terbesar yang dilakukan oleh para profesional rantai pasokan adalah menyembunyikan data rantai pasokan mereka. Jika Anda tidak memiliki data yang benar (atau data apa pun sama sekali), Anda tidak dapat memperbaiki masalah mencolok dalam rantai pasokan sampai semuanya terlambat. Integrasikan data Anda di satu tempat sehingga Anda dapat mengambil makna dari data tersebut untuk perencanaan sumber daya yang lebih baik. Itu berarti memperlakukan rantai pasokan sebagai sistem yang bukan serangkaian tugas satu kali.
Perangkat lunak adalah perbaikan yang mudah untuk masalah data. Perangkat lunak Perencanaan Sumberdaya Perusahaan akan memberi Anda wawasan real-time ke dalam rantai pasokan Anda, menawarkan data mentah yang akan membantu tim Anda menangani bisnis lebih cepat. Lakukan pengadaan, perkiraan, dan manajemen operasi yang lebih baik dengan data yang tepat di pihak Anda.

4. Kurangnya visibilitas
Di mana produk dan pengiriman Anda sekarang? Jika Anda tidak melacak inventaris Anda, Anda tidak tahu di mana barang Anda berada, berapa banyak yang Anda miliki, atau di mana barang tersebut dalam perjalanan. Kurangnya visibilitas ini dapat menyebabkan pembusukan produk, kehabisan stok, dan kelebihan produksi, yang semuanya dapat berdampak negatif pada laba Anda.
Perencanaan rantai pasokan yang tepat memerlukan solusi pelacakan yang memberi Anda visibilitas menyeluruh ke dalam siklus hidup produk. Adanya software yang pas dapat membantu pengecer lebih banyak perihal visibilitas dengan pembaruan pelacakan cerdas, memastikan Anda selalu tahu di mana barang Anda berada dan kapan akan tiba. Semakin banyak visibilitas yang Anda miliki, semakin mudah untuk merencanakan masa depan.

5. Kerusakan dan penundaan
Kerusakan dan penundaan memang tidak tidak dapat dihindari, seperti yang timbul dari badai dan pandemi. Mari kita fokus pada faktor-faktor yang dapat dikontrol di sini.
Menggunakan pengemasan dan pembuatan yang tepat dalam buffer penjadwalan meningkatkan peluang Anda untuk mengirimkan tepat waktu dan utuh. Satu pengiriman terlambat atau produk rusak dapat merusak pengalaman pelanggan Anda. Selain itu, barang rusak adalah hal yang mahal — dan dapat dicegah — menguras sumber daya Anda. Dengan meningkatnya biaya bahan bakar, permintaan pelanggan yang lebih tinggi, dan kebutuhan pengiriman yang meroket, Anda tidak dapat melakukan produksi ulang, kemudian mengirim ulang produk Anda atau berisiko terlambat dalam pengiriman.

Manajemen logistik yang lebih baik untuk bisnis yang lebih baik
Anda berada di bawah banyak tekanan untuk mendapatkan produk Anda di tangan konsumen lebih cepat dan lebih murah. Manajemen rantai pasokan yang efektif tidak hanya akan membuat rantai pasokan Anda lebih andal, tetapi juga membuat bisnis Anda lebih tangguh. Pertahankan operasi Anda di masa depan terhadap lima risiko rantai pasokan umum berikut tadi. Seiring waktu, Anda akan belajar bagaimana bangkit kembali dengan cepat dari gangguan dan menjalankan kapal yang ketat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, kami membuka layanan konsultasi mengenai supply chain untuk bisnis logistik Anda. Silahkan hubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp