Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 KPI UMUM UNTUK MENGUKUR PRODUKTIVITAS GUDANG

The Best consultant business in Surabaya

5 KPI UMUM UNTUK MENGUKUR PRODUKTIVITAS GUDANG

Perusahaan yang membuat, menjual, atau mendistribusikan produk biasanya memerlukan penerimaan, penyimpanan, dan pemenuhan barang. Tanpa sistem yang dirancang khusus untuk manajemen gudang, ini dapat dengan cepat menjadi proses manual, mahal, dan tidak efisien yang tidak akan mendukung bisnis yang berkembang pesat.
Inilah pentingnya Mengoptimalkan operasi gudang sehari-hari denganmengadopsi system manajemen gudang untuk meningkatkan produktivitas gudang.

Berikut 5 KPI teratas yang perlu Anda perhatikan demi produktivitas Gudang.
1. Akurasi Pengambilan Pesanan. Pengambilan pesanan yang salah mengakibatkan peningkatan biaya tenaga kerja, penghitungan inventaris yang tidak akurat, pengiriman yang tertunda, dan penurunan kepuasan pelanggan jika kesalahan tidak diketahui sebelum pesanan dikirimkan. Pada operasi terbaik di kelasnya, 99,89% pesanan diambil dengan benar.
2. Kapasitas Gudang Rata-Rata yang Digunakan. Kapasitas rata-rata yang digunakan selama periode waktu tertentu, ini adalah KPI pemanfaatan ruang utama. Perusahaan terbaik di kelasnya memanfaatkan rata-rata 92,54% ruang gudang.
3. Kapasitas Puncak Gudang Digunakan. Kapasitas puncak adalah KPI lain untuk melacak seberapa baik gudang menggunakan ruangnya selama waktu tersibuknya. Perusahaan terbaik di kelasnya memanfaatkan ruang gudang 100% selama masa sibuk.
4. Pengiriman tepat waktu. Ini adalah keseimbangan yang sulit untuk dicapai tanpa mengorbankan akurasi pesanan. Konsumen saat ini sebagian besar agnostik merek dan peduli untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan dengan cara tercepat dan termurah. Perusahaan terbaik di kelasnya mengirimkan 99,7% pesanan tepat waktu.
5. Akurasi Hitung Inventaris berdasarkan Lokasi. Memahami total persediaan yang tersedia adalah penting tetapi sama pentingnya adalah bagaimana persediaan itu didistribusikan di beberapa lokasi sehingga pesanan diarahkan ke lokasi yang tepat untuk pemenuhan dan kehabisan stok tidak terjadi. Perusahaan terbaik di kelasnya memiliki 99,9% jumlah inventaris berdasarkan lokasi.

Baca juga : Apakah Gudang Anda Benar-Benar Aman?

Pengoperasian gudang dapat ditingkatkan dengan kemampuan pengambilan dan pengepakan yang cerdas dan proses pelepasan gelombang, menggunakan pemindaian kode batang RF seluler, penghitungan siklus otomatis, dan pengintegrasian dengan sistem pengiriman, yang semuanya meningkatkan visibilitas, akurasi, dan efisiensi.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp