Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

5 CARA MENJADIKAN UMKM SUKSES DI ERA DIGITALISASI

The Best consultant business in Surabaya

5 CARA MENJADIKAN UMKM SUKSES DI ERA DIGITALISASI

Di era digitalisasi ini, semua hal menjadi lebih mudah. Canggihnya teknologi semakin memberikan peluang bagi para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya dengan memanfaatkan teknologi tersebut. Terlebih bagi pelaku UMKM yang ingin bisnisnya meningkat, inilah kesempatan para umkm,
Karena itu dalam artikel kali ini, kami akan paparkan cara bagaimana umkm bisa sukses di era digital seperti saat ini.

1. Memakai Media Sosial
Jumlah pengguna media sosial di Indonesia sangatlah banyak dengan rentang usia anak-anak hingga lansia, mulai dari Facebook, Instagram, tiktok, hingga Twitter. Media sosial memberikan tempat untuk melakukan promosi usaha yang mudah dan juga gratis. Tidak susah untuk menggunakan media sosial sebagai tempat promosi. hanya saja perlu menjadi kreatif dan membuat konten-konten yang menarik perhatian konsumen.

2. Pemasaran yang Mobile Friendly
Tingginya pencarian di era digital ini membuat Anda perlu menyesuaikan marketing dengan tampilan yang mudah dilihat secara mobile. Hal ini akan memudahkan mereka untuk melihat bisnis online Anda sehingga dapat menarik banyak pengunjung. Selain itu, juga perlu mengatur informasi di dalam website agar selalu terupdate serta memiliki tampilan yang menarik dan fresh.

3. Menerapkan Digital Marketing
Marketing atau pemasaran kini juga bisa berbasis digital. melakukan pemasaran menggunakan media digital atau elektronik. Selain media sosial, Cara lainnya untuk melakukan pemasaran menggunakan teknologi adalah melalui e-commerce yang menyediakan jasa digital agency untuk membantu pelaku UMKM mengembangkan bisnisnya.

Baca juga artikel tentang : Seminar Online Meningkatkan Daya Saing Distributor di Era Digital 

4. Berinovasi
Di era digital sekarang ini juga perlu melakukan inovasi pada bisnis. Sangatlah penting untuk berinovasi agar bisa bersaing dengan kompetitor.memang tidak mudah, tetapi melalui berbagai riset, kreativitas, dan ketekunan, pasti bisa membuat bisnis menjadi lebih baik dibandingkan kompetitor.

5. Meningkatkan Kualitas Produk
Hal lainnya yang tidak kalah penting dalam menjadikan umkm sukses adalah meningkatkan kualitas produk. Setiap pelanggan tentu ingin membeli produk yang berkualitas, jadi pastikan Anda harus memperhatikan kekurangan produk Anda agar dapat melakukan perbaikan kualitas. Selain itu, cobalah untuk membuat sesi tanya jawab diakun sosmed anda pada pelanggan dan mencari tahu keinginannya terhadap produk seperti apa.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan untuk mengsukseskan UMKM di era digital saat ini.
Semoga bermanfaat. Dan jika Anda ingin berkonsultasi gratis perihal manajemen dan pemasaran bisnis, silahkan hubungi kami melalui email groedu@gmail.com, atau bisa langsung melalui nomor whatsapp 0812-5298-2900.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp