Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

4 TIPS UNTUK MENGENDALIKAN WAKTU DAN KEHADIRAN KARYAWAN

The Best consultant business in Surabaya

4 TIPS UNTUK MENGENDALIKAN WAKTU DAN KEHADIRAN KARYAWAN

Ketidakhadiran adalah masalah yang kadang-kadang tidak terlihat, terutama di organisasi yang lebih besar dengan ratusan atau ribuan karyawan, dan terutama ketika sistem waktu dan kehadiran yang efektif tidak ada.
Faktanya adalah bahwa kehilangan jam kerja dapat menyebabkan kerugian finansial yang signifikan dan dapat secara serius mempengaruhi produktivitas dan profitabilitas.
Tentu saja, banyak kasus absen karena sakit tidak dapat dihindari dan terkait dengan keluhan medis. Namun, ada baiknya mempertimbangkan faktor lain yang berkontribusi untuk ditangani oleh manajemen. Dengan menerapkan prosedur tertentu dan meningkatkan budaya tempat kerja, pemberi kerja dapat membantu menghindari ketidakhadiran yang tidak perlu, meningkatkan produktivitas, dan menghemat uang. Berikut adalah empat cara untuk mengurangi tingkat ketidakhadiran.

1. Tawarkan insentif kehadiran
Menghargai karyawan dengan memotivasi mereka adalah cara yang tepat. Dan jangan menggunakan cara yang kontraproduktif, bukan hanya karena hal itu tidak menggembirakan, tetapi juga karena hal itu menyebabkan ketakutan untuk tidak masuk sementara benar-benar tidak sehat, yang pada gilirannya menyebabkan penyebaran penyakit di seluruh perusahaan dan ketidakhadiran lebih lanjut.

2. Menerapkan perangkat lunak SDM yang efektif
Investasi dalam perangkat lunak manajemen ketidakhadiran yang komprehensif dapat memungkinkan bisnis untuk secara akurat melacak tingkat ketidakhadiran dan mengidentifikasi tren dengan mudah sehingga, jika memungkinkan, tindakan yang tepat dapat diterapkan. Hal ini juga memberikan tanggung jawab kepada karyawan Anda untuk memeriksa tunjangan cuti mereka, jam kerja terakhir, dan hak fleksibilitas. Otonomi dan kontrol atas cuti mereka sendiri kemungkinan besar akan menginspirasi tingkat kehadiran yang lebih baik, sementara membebaskan departemen SDM untuk berkonsentrasi pada strategi orang yang lebih luas.

3. Tingkatkan lingkungan kerja
Tidak mengherankan bahwa tenaga kerja yang terlibat dan yang merasa dihargai lebih cenderung termotivasi untuk bekerja setiap hari dan berkontribusi pada organisasi.

4. Pastikan Anda memiliki visibilitas penuh dari semua data karyawan
Visibilitas yang buruk dari data karyawan dapat menyebabkan masalah yang signifikan, dan akar penyebabnya adalah sistem dan proses yang buruk.
Pernahkah Anda menghadapi tantangan pencurian waktu? Pencurian waktu adalah masalah bagi banyak bisnis, dan dilaporkan bahwa 43% karyawan melakukannya. Tetapi sulit untuk mengetahuinya tanpa data waktu dan kehadiran karyawan.

HR dan pemimpin bisnis di sebagian besar organisasi telah menghadapi tantangan ini pada satu waktu atau yang lain.

Baca juga artikel tentang : Kiat Kesehatan Mental yang Tepat untuk Karyawan Anda Selama Masa Krisis

Mengintegrasikan semua sistem data karyawan Anda dan data yang disimpan di dalamnya memberi Anda pandangan tunggal terbaik dari setiap karyawan Anda, menit demi menit, jam demi jam, hari demi hari, semua dicapai melalui perangkat lunak sederhana yang memberikan kekuatan melaporkan informasi yang Anda butuhkan, saat Anda membutuhkannya – memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti yang akan membantu Anda mengatasi masalah ketidakhadiran dan banyak lagi.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami DISINI. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp