Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

4 TIPS UNTUK MEMULAI PEMASARAN OTOMATIS

The Best consultant business in Surabaya

4 TIPS UNTUK MEMULAI PEMASARAN OTOMATIS

Teknologi otomatisasi telah ada cukup lama sehingga sebagian besar pemasar memahami nilainya untuk mendorong tujuan bisnis. Rata-rata, 49% perusahaan sudah memanfaatkan otomatisasi pemasaran, sementara lebih dari setengah perusahaan B2B mengadopsi teknologi tersebut.
Bisnis menyadari kekuatan otomatisasi pemasaran, tetapi memulai bisa menjadi hal yang menakutkan. Sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai ketika ada begitu banyak fitur dan strategi untuk dipilih.
Berikut beberapa saran yang dapat membantu Anda mendapatkan manfaat dari otomatisasi pemasaran saat Anda baru memulai.

1. Tentukan Sasaran Otomatisasi Pemasaran Anda
Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari otomatisasi pemasaran, penting untuk terlebih dahulu memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin Anda capai dengannya. Anda berinvestasi dalam perangkat lunak otomatisasi pemasaran untuk membantu Anda menghemat waktu, menyederhanakan proses penjualan dan pemasaran, serta membantu Anda memelihara prospek dengan lebih baik. Sekarang saatnya untuk lebih spesifik dengan mendefinisikan secara tepat bagaimana Anda berencana menggunakan otomatisasi pemasaran untuk mencapai tujuan ini.
Alat otomatisasi pemasaran hadir dengan banyak fitur. Hindari kewalahan dengan berfokus pada yang paling sesuai dengan sasaran kampanye Anda.
Jika memungkinkan, pastikan sasaran otomatisasi pemasaran Anda SMART (spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan terikat waktu). Dengan begitu, akan lebih mudah untuk menggambarkan laba atas investasi (ROI) dari upaya Anda selama ini.

2. Konsolidasikan Alat Anda
Menggunakan teknologi otomatisasi pemasaran yang komprehensif adalah cara yang bagus untuk mengelola semua alat online Anda di tempat yang sama. Anda memiliki otomatisasi media sosial, CRM, pemasaran email, alat analitik, dan lainnya untuk dilacak—jangan membuatnya lebih sulit dari yang seharusnya. Mengontrol semuanya dari satu platform pusat tidak hanya menghemat waktu, tetapi juga meningkatkan proses sehingga Anda dapat memasarkan dengan lebih baik kepada audiens Anda.
Teknologi otomasi pemasaran yang paling komprehensif akan menawarkan dua opsi untuk mengkonsolidasikan alat Anda:
• Integrasikan mereka
• Beralih ke fitur internal
Saat berbelanja perangkat lunak otomatisasi pemasaran, Anda akan melihat bahwa sebagian besar menawarkan integrasi dengan berbagai alat pihak ketiga. SharpSpring, misalnya, terintegrasi dengan Unbounce, Salesforce, Woocommerce, dan berbagai alat lain yang digunakan orang untuk mengelola bisnis online mereka. Anda dapat menelusuri semua kemungkinan di pasar aplikasi:

Mengintegrasikan alat-alat ini dengan perangkat lunak otomatisasi pemasaran Anda adalah cara yang bagus untuk tetap menggunakan teknologi yang Anda sukai sambil memanfaatkan fitur otomatisasi pemasaran.
Teknologi otomatisasi pemasaran bahkan memiliki fitur internal yang dapat menggantikan banyak alat lain yang Anda gunakan, seperti pemasaran email dan CRM. Fitur internal ini memberi Anda peluang paling besar untuk merampingkan pemasaran dan penjualan di seluruh platform. Memulai dari awal dengan alat baru memang membutuhkan waktu dan usaha, tetapi jika itu dapat memaksimalkan ROI Anda, itu mungkin sepadan.

Baca juga : 4 Strategi Bersaing di Era Digitalisasi

3. Jalankan sesi pelatihan karyawan
Nilai perangkat lunak otomatisasi pemasaran Anda hanya meluas sejauh kesediaan tim internal Anda untuk menggunakannya. Karyawan yang tidak tahu tentang fitur-fitur utama atau tidak tahu cara menggunakannya tidak mungkin mendidik diri mereka sendiri tentang perangkat lunak baru itu sendiri.
Jika Anda ingin tim Anda mulai memanfaatkan fitur-fitur utama sejak dini, sebaiknya mulai dengan beberapa sesi pelatihan. Di dalamnya, Anda dapat menunjukkan kepada karyawan cara menggunakan fitur utama yang relevan dengan posisi mereka di perusahaan. Sama pentingnya untuk menggambarkan bahwa otomatisasi pemasaran menguntungkan mereka dengan merampingkan proses dan membuat pekerjaan mereka lebih mudah.
Setelah menerapkan dan menggunakan perangkat lunak otomatisasi pemasaran Anda selama beberapa minggu, tindak lanjuti dengan karyawan untuk melihat bagaimana mereka menggunakan teknologi tersebut. Tawarkan saran dan dukungan untuk membantu mereka memaksimalkan manfaat bagi diri mereka sendiri dan bisnis Anda.

4. Mulailah dengan Beberapa Kemenangan Cepat
Anda tidak diharuskan untuk mengembangkan strategi otomatisasi pemasaran yang canggih sejak hari pertama. Perlu waktu untuk mempelajari semua fitur dan mengembangkan kampanye pemasaran yang disesuaikan untuk memanfaatkannya sepenuhnya.
Pada awalnya, yang terbaik adalah fokus untuk mendapatkan dasar-dasar otomatis sehingga Anda bisa membuat bola bergulir menuju beberapa kemenangan besar. Berikut adalah beberapa contoh hal mudah yang dapat Anda lakukan segera untuk meningkatkan pemasaran Anda:
• Siapkan urutan email selamat datang untuk pelanggan baru
• Siapkan email pemicu untuk gerobak yang ditinggalkan
• Buat dan uji A/B beberapa halaman arahan baru yang ditargetkan
• Mulai lacak perilaku halaman arahan
• Secara otomatis memicu komunikasi antara pemasaran dan penjualan
• Siapkan pos otomatis di seluruh akun sosial Anda
• Siapkan interaksi sosial otomatis untuk melibatkan audiens Anda
Saat Anda menggunakan teknologi otomatisasi pemasaran yang kuat, semua hal ini menjadi tugas mudah yang akan segera menunjukkan hasil. Ketika Anda menggunakan pembuat halaman arahan titik-dan-klik SharpSpring, misalnya, Anda dapat membuat halaman bertarget yang dikonversi dalam waktu kurang dari satu jam.
Mengidentifikasi masalah besar dengan perbaikan otomatisasi pemasaran cepat akan membantu Anda mewujudkan ROI sejak dini dan membebaskan Anda untuk fokus mengembangkan strategi sukses yang lebih kompleks dalam jangka panjang.

Otomatisasi Pemasaran dalam Jangka Panjang
Otomatisasi pemasaran tidak boleh menjadi jenis hal yang “atur dan lupakan”. Untuk mendorong ROI, Anda perlu mendapatkan wawasan dari laporan analitik Anda dan membuat penyesuaian cerdas untuk kampanye dan strategi penjualan Anda. Otomatisasi pemasaran mendukung Anda dalam upaya ini dengan mengotomatiskan tugas yang berulang dan membosankan serta melacak perilaku prospek Anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami langsung dinomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp