Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

4 TIPS MENGELOLA DSO GUNA MENINGKATKAN ARUS KAS

The Best consultant business in Surabaya

4 TIPS MENGELOLA DSO GUNA MENINGKATKAN ARUS KAS

Dalam lanskap ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tidak dapat diprediksi seperti saat ini, penting bagi semua jenis perusahaan untuk mengelola arus kas mereka. Manajemen arus kas yang efektif memberi perusahaan lebih banyak kendali atas bisnis mereka. Manajemen arus kas tidak hanya memungkinkan mereka untuk melunasi hutang dan menginvestasikan kembali dalam bisnis, tetapi juga menyediakan penyangga selama masa ketidakpastian atau kesulitan ekonomi.
Pemain penting dalam manajemen arus kas yang efektif adalah days sales outstanding (DSO). DSO adalah jumlah rata-rata hari yang dibutuhkan perusahaan untuk mengumpulkan pembayaran pelanggan untuk penjualan. Biasanya ditentukan secara bulanan, triwulanan atau tahunan. Bagian dari siklus konversi kas, DSO juga kadang-kadang disebut sebagai “piutang hari” atau “periode pengumpulan kas.”
Perusahaan yang memantau DSO mereka dengan cermat dan menjaganya agar tetap terkendali cenderung mengelola arus kas mereka dengan lebih baik.

Menghitung dan memahami DSO
Anda dapat menggunakan rumus langsung untuk menentukan DSO Anda. Cukup bagi jumlah total piutang selama periode tertentu dengan nilai total penjualan kredit selama periode yang sama, lalu kalikan hasilnya dengan jumlah hari dalam periode tersebut.

Baca juga artikel tentang : Mengatasi Cash Flow Buruk di Masa Krisis

Jumlah Piutang / Jumlah Penjualan Kredit Bersih x Jumlah Hari = DSO

Hasil Anda dapat memberi tahu Anda banyak hal tentang bisnis Anda. Angka DSO yang tinggi dapat menunjukkan bahwa pelanggan Anda terlambat melakukan pembayaran, yang dapat menjadi perhatian dalam pengelolaan arus kas secara keseluruhan.
Di sisi lain, DSO yang rendah menunjukkan bahwa Anda menerima pembayaran dari pelanggan tepat waktu — bahkan mungkin lebih awal. Ini berarti arus kas Anda positif. Anda memiliki uang untuk membayar tagihan dan pengeluaran Anda, menyediakan penyangga itu jika terjadi kesulitan, dan berinvestasi untuk kesehatan dan pertumbuhan bisnis Anda.

Jika Anda melihat DSO Anda melonjak tajam, itu bisa menjadi tanda peringatan bahwa ada sesuatu yang salah atau akan terjadi kesalahan. Kepuasan pelanggan mungkin menurun dan mereka berhenti membayar tagihan tepat waktu. Perwakilan penjualan Anda mungkin mencoba mencapai sasaran penjualan mereka dengan menawarkan jangka waktu pembayaran yang lebih lama kepada pelanggan yang biasanya membayar dalam jangka waktu yang lebih singkat. Atau Anda mungkin mengizinkan pelanggan dengan riwayat kredit yang kurang memuaskan untuk melakukan pembelian secara kredit.
Peningkatan DSO dapat menyebabkan masalah arus kas bagi perusahaan Anda. Jika Anda tidak dapat menginvestasikan kembali dalam bisnis Anda atau lebih buruk lagi, bahkan membayar tagihan Anda sendiri tepat waktu, operasi Anda dapat sangat terganggu.

Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk meningkatkan arus kas dan memastikan pelanggan Anda membayar Anda secepat mungkin.

1. Perpanjang persyaratan kepada pembeli. Anda dapat menghilangkan sumber DSO tinggi dengan menerapkan teknologi yang menghasilkan faktur dan memberikan kredit kepada pembeli atas nama Anda. Ini memberi Anda modal kerja yang lebih andal dan lebih banyak pesanan dari pelanggan, serta loyalitas yang lebih besar.
2. Mempercepat proses akun/piutang. Dengan mengalihdayakan proses A/R seperti penjaminan emisi, orientasi, pengiriman faktur, pencocokan informasi pengiriman uang, rekonsiliasi dan pengumpulan, tim A/R Anda lebih mampu menangani masuknya bisnis baru tanpa mengorbankan efisiensi.
3. Berikan insentif kepada pembeli. Menawarkan insentif berkualitas tinggi, seperti potongan harga, memotivasi pelanggan untuk membayar tepat waktu, atau bahkan lebih awal.
4. Tawarkan beberapa opsi pembayaran. Kenyataannya, pelanggan ingin membayar menggunakan metode pembayaran pilihan mereka. Jika itu tidak tersedia, mereka mungkin lambat membayar — atau lebih buruk lagi, mereka mungkin mengabaikan transaksi bersama-sama. Dengan menawarkan beberapa opsi pembayaran, Anda cenderung memberi mereka kesempatan untuk membayar sesuka mereka, dan menerima pembayaran mereka tepat waktu atau lebih cepat.

Menerapkan salah satu dari empat strategi ini secara substansial dapat menurunkan DSO dan arus kas. Dan karena inefisiensi pembayaran dapat berdampak pada pengalaman pelanggan, pengalaman pembelian yang sesuai dengan harapan mereka yang meningkat juga dapat meningkatkan loyalitas dan pembelian berulang.
Lanskap e-niaga B2B saat ini telah berubah selamanya. Pembeli B2B menginginkan pengalaman pembayaran tanpa gesekan yang sama seperti yang mereka harapkan di dunia B2C. Dan perusahaan B2B ingin mengelola arus kas dengan mudah sambil menawarkan pengalaman belanja online yang sangat memuaskan kepada pelanggan.
Metode pembayaran alternatif online yang menawarkan kecepatan, kenyamanan, dan personalisasi seperti persyaratan bersih membantu Anda menurunkan DSO dan mengelola arus kas dengan lebih efektif.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami di nomor whatsapp 0812-5298-2900. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp