Cito Mall, Jl. A. Yani 288, Lantai UG Blok US 23, No. 3 & 5, Surabaya
081-252982900
groedu@gmail.com

4 TANTANGAN MANAJEMEN FMCG UNTUK CAKUPAN PASAR YANG EFEKTIF

The Best consultant business in Surabaya

4 TANTANGAN MANAJEMEN FMCG UNTUK CAKUPAN PASAR YANG EFEKTIF

Profesional penjualan lapangan dari perusahaan FMCG bertindak sebagai corong perusahaan serta pengecer yang memainkan peran penting dalam meningkatkan efektivitas cakupan pasar.
Mereka memberikan informasi yang relevan kepada manajemen FMCG tentang hal-hal POS yang mempengaruhi pengaruh konsumen dan secara bersamaan memberikan informasi penting kepada pengecer tentang produk.
Jika informasi yang berkaitan dengan POS penting: ketersediaan, visibilitas, dan aksesibilitas produk, dapat diperoleh dengan sukses, ini dapat sangat membantu dalam memahami skenario pasar dan dengan demikian meningkatkan efektivitas cakupan pasar.
Sebuah laporan mengungkapkan bahwa “60% penjualan Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dapat dipengaruhi di tingkat toko”—seperti yang dipublikasikan oleh nielsen.com. Data tersebut dengan jelas menunjukkan bagaimana manajer FMCG dapat menyalurkan sumber daya penjualan lapangan mereka dalam mempengaruhi keputusan konsumen.
Sekarang pasar berkembang pesat dalam persaingan dan teknologi baru, hal ini menjadi penting bagi perusahaan FMCG untuk memberdayakan profesional penjualan lapangan mereka untuk membantu mereka menyampaikan informasi dengan lebih tepat. Kegagalan dalam melakukannya dapat menimbulkan tantangan dalam meningkatkan efektivitas cakupan pasar, seperti:

Kurang Efisien dalam Membaca Skenario Penjualan
Saat konsumen semakin diberdayakan oleh teknologi, pasar FMCG menyaksikan perubahan perilaku konsumen yang terus-menerus. Memiliki keterampilan menjual persuasif saja tidak cukup. Pemimpin dalam manajemen FMCG perlu membaca skenario penjualan yang ada secara efektif dan membutuhkan kemampuan untuk memprediksi pola yang akan datang sehingga keputusan penting dapat diambil dengan tepat waktu.
Profesional penjualan lapangan dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan efisiensi manajemen FMCG dalam membaca skenario penjualan jika alat dan teknologi yang tepat memberdayakan mereka.
Untuk meningkatkan kemampuan mereka membaca skenario penjualan secara efektif, manajemen FMCG perlu berinvestasi dalam perangkat lunak yang dapat membantu mereka dalam beberapa cara seperti:
• Identifikasi peluang yang hilang
• Identifikasi jalan baru untuk ditargetkan
• Tentukan ROI dari strategi penjualan lapangan mereka
• Memberikan visibilitas real-time ke dalam sistem alur kerja
• Tingkatkan perkiraan penjualan
• Membantu menganalisa kinerja masing-masing profesional bidang penjualan relatif terhadap target

Baca juga artikel tentang : Bagaimana Cara Melakukan Analisis Pasar dengan Benar?

Tantangan manajemen FMCG dapat dikurangi dengan memastikan bahwa tim penjualan lapangan dan tim rantai pasokan bekerja sama untuk melacak persediaan untuk pengecer dan distribusi bersama dengan menghasilkan intelijen bisnis yang kuat yang memperkuat pengambilan keputusan.

Menyediakan Layanan Relatif
Servis relatif adalah nilai yang diberikan dalam kontras dengan kompetisi. Menurut sebuah studi di 155 merek, di mana tingkat pelayanan lebih rendah, merek telah melakukan 81% dari rata-rata mereka, sedangkan di mana pelayanan relatif lebih tinggi dari pesaing, kinerja telah meningkat 1,2 kali rata-rata nasional.
Merupakan tanggung jawab profesional penjualan lapangan untuk memberikan informasi penting tentang strategi pesaing yang berlaku di pasar. Jika perusahaan dapat memberlakukan informasi pada waktu yang tepat, mereka dapat secara efektif meningkatkan cakupan pasar dan meningkatkan kinerja penjualan.

Mencapai Toko yang Tepat pada Waktu yang Tepat
Untuk kinerja pasar yang kuat, penting bagi perusahaan FMCG untuk menjangkau toko yang tepat pada waktu yang tepat dengan tingkat layanan yang memadai.
Berapa banyak dan apa yang Anda tempatkan di toko yang tepat adalah keputusan penting dan memberikan hasil yang tepat dalam hal peningkatan penjualan.
Tim manajemen FMCG dituntut untuk bekerja memperkuat pengambilan keputusan mereka untuk secara tepat memilih toko yang tepat dan menyediakan stok yang tepat.
Sekali lagi, teknologi dapat membantu dalam mengidentifikasi kebutuhan pasar, yang dapat dipenuhi oleh perusahaan FMCG tepat waktu.

Tidak Ada Visibilitas ke dalam Manajemen Perintah Kerja
Kurangnya visibilitas ke dalam manajemen perintah kerja membatasi kualitas wawasan yang tersedia dengan tim manajemen FMCG.
Selain itu, ketika volume perintah kerja meningkat dengan beberapa lokasi dan inventaris peralatan, menjadi tantangan bagi manajer fasilitas untuk mengatur tugas bagi profesional penjualan lapangan dengan pendekatan berbasis data.
Memanfaatkan perangkat lunak manajemen perintah kerja dapat memberikan visibilitas yang diperlukan ke dalam manajemen perintah kerja yang dapat meningkatkan efektivitas cakupan pasar dalam banyak cara, seperti:
• Tingkatkan jumlah pekerjaan yang ditangani setiap hari
• Tingkatkan resolusi panggilan pertama
• Lebih sedikit kesalahan
• Tingkatkan kepuasan pelanggan

Bagaimana Teknologi Dapat Membantu?
Agility adalah sentimen yang meresap dalam penjualan. Teknologi dapat memberikan kelincahan ini kepada perusahaan FMCG di mana mereka dapat:
• Meningkatkan efisiensi operasional
• Identifikasi peluang baru
• Kelola persyaratan rantai pasokan multifaset

FMCG sangat bergantung pada riset pasar untuk mengidentifikasi perilaku konsumen dan profesional penjualan lapangan memainkan peran penting dalam riset pasar. Dengan menggunakan perangkat lunak manajemen layanan lapangan yang canggih, membantu perusahaan memanfaatkan kekuatan cloud, mobilitas perusahaan, IoT, intelijen bisnis, dan analisis data untuk meningkatkan kinerja operasi penjualan Anda. Perangkat lunak manajemen penjualan lapangan intuitif kami telah dicoba, diuji, dan dipercaya oleh banyak bisnis di seluruh dunia.
Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Kami membuka layanan konsultasi mengenai bisnis, silakan hubungi kami DISINI. Kami siap membantu Anda.

Selamat datang di Groedu klinik konsultasi
Send via WhatsApp